7 Cara Menghemat Biaya Bulanan, Terapkan dan Dapatkan Lebih Banyak Dana Untuk Disimpan – Melakukan penghematan biaya bulanan merupakan hal yang perlu Anda lakukan agar memiliki lebih banyak dana untuk disimpan atau diinvestasikan.

Hal yang menjadi permasalahan adalah tidak semua orang mampu disiplin untuk berhemat dan mengurangi pengeluaran bulanan. 

Cara terbaik agar bisa melakukan penghematan dengan mudah adalah menerapkannya secara bertahap dan perlahan-lahan.

Mulailah dari hal-hal yang kecil dan sepele terlebih dahulu, baru kemudian diteruskan untuk menghemat pengeluaran yang lebih besar.

Baca Juga: 5 Aturan Penting Saat Membangun Kekayaan, Terapkan Sejak Dini dan Jangan Ditunda!

Berikut ini beberapa pengeluaran yang bisa Anda hemat yang pada akhirnya bisa mempengaruhi jumlah uang yang bisa disimpan.

Apa saja?

7 Cara Menghemat Biaya Bulanan

1. Tidak Ada Salahnya Menggunakan Transportasi Umum

Transportasi

Jika tempat tinggal Anda berdekatan dengan sarana transportasi umum, maka tidak ada salahnya untuk menggunakannya.

Baca Juga: 5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online

Penggunaan transportasi umum bisa menghemat biaya parkir, bensin, dan berbagai biaya pemeliharaan kendaraan yang perlu dilakukan.

Selain itu, saat ini sudah banyak layanan transportasi yang semakin memudahkan hidup Anda seperti Gojek atau Grab.

Biaya yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu mahal dan biasanya tarif yang dikenakan dihitung berdasarkan jarak yang ditempuh.


2. Berolahraga Tidak Harus Ke Pusat Kebugaran

Golf, Olahraga Para Pengusaha Kelas Atas

Salah satu pengeluaran bulanan yang cukup besar setiap bulannya adalah biaya membership pusat kebugaran. Anda akan sangat membuang-buang uang,  jika hanya datang ke pusat kebugaran seminggu 1 kali.

Baca Juga: Olahraga Triathlon, Gaya Hidup Sehat Masyarakat Urban

Ada banyak sekali pilihan olahraga yang bisa dilakukan dan tentunya lebih hemat seperti push up, pull up, jogging, sit up, atau futsal dengan teman-teman kantor.

Atau Anda juga bisa membeli sepasang dumbell untuk berolahraga angkat beban di rumah sepulang bekerja.

Cara seperti ini jauh lebih hemat dibandingkan harus mengeluarkan biaya keanggotan pusat kebugaran yang jarang digunakan.


3. Temukan Hiburan Murah yang Bisa Dilakukan

menonton film - Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

Kata siapa liburan harus mengeluarkan biaya yang tinggi, jika Anda kreatif ada banyak sekali hiburan hemat yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Ayo, Berhemat di Bulan Puasa dengan Memangkas 4 Pengeluaran Sehari-hari Ini

Coba datang ke perpustakaan untuk membaca berbagai buku yang bermanfaat tanpa perlu membelinya di toko buku.

Atau Anda bisa mendatangi festival musik atau pekan raya yang tidak memerlukan tiket masuk ke dalamnya.

Selain pilihan di atas, Anda juga bisa mengajak keluarga besar berkumpul di rumah sembari makan-makan di rumah. Hal seperti ini tentu lebih berhemat, dibandingkan harus pergi keluar dan makan di restoran.


4. Tidak Perlu Berlangganan Koran Atau Majalah

koran - berita

Di zaman dengan kemajuan teknologi informasi seperti saat ini, berlangganan koran atau majalah sepertinya sudah tidak perlu lagi dilakukan.

Baca Juga: Baru Mulai Investasi? Ini Tips Bagi Pemula

Dengan perangkat smartphone yang dimiliki, Anda sudah bisa mengakses berita secara real time yang disajikan oleh berbagai website berita yang terpercaya.


5. Jangan Berlebihan Saat Membeli Pakaian

belanja - engagement konsumen menjadi purchasing decision - Tips Mendapatkan Pelanggan Setia

Membeli pakaian termasuk dalam kebutuhan primer dan menjadi hal yang penting untuk dipenuhi. Namun, pakaian sudah bukan menjadi kebutuhan primer, jika Anda membelinya hanya karena bosan menggunakan pakaian tersebut atau hanya sekedar mengikut tren yang ada saat ini.

Baca Juga: Kantong Bolong Gara-gara Doyan Belanja? Simak 5 Cara Mengatasinya!

Apalagi jika Anda termasuk orang yang mudah tergoda dengan merek atau brand yang sudah terkenal, maka akan ada lebih banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli pakaian.

Jika Anda rutin membeli pakaian baru setiap bulannya, maka paling tidak biaya yang  harus Anda keluarkan sekitar Rp 250.000 – Rp 500.000 dalam sebulan.

Padahal, jika Anda bisa lebih bijak menggunakannya, uang tersebut bisa diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi yang membuat uang Anda bertumbuh di masa depan.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

KoinWorks merupakan salah satu instrumen investasi berbiaya rendah yang bisa Anda mulai hanya dengan bermodalkan Rp 100.000 saja.

Dengan rutin menyisihkan Rp 100.000 setiap bulannya, uang yang diinvestasikan tersebut berpotensi untuk tumbuh 920% flat dalam setahun atau bunga efektif hingga 35% per tahun.

Dana yang diinvestasikan tersebut sangat bermanfaat untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda di masa depan seperti membayar DP rumah baru, membeli kendaraan, biaya menikah, atau biaya berlibur bersama keluarga dan teman.

Baca Juga: Panduan Investor Pemula Untuk Investasi di Fintech Lending KoinWorks

Menyisihkan uang Rp 100.000 tidak terlalu berat dilakukan, dibandingkan dengan mengeluarkan Rp 250.000 – Rp 500.000 untuk membeli pakaian baru yang akan menumpuk di dalam lemari Anda.


6. Mengurangi Biaya Perawatan Setiap Bulannya

perawatan diri - treatment

Jika selama ini Anda menyisihkan biaya memotong atau menata rambut di salon, maka alihkan pilihan ke tempat yang berbiaya lebih rendah seperti barbershop atau pangkas rambut.

Baca Juga: Jangan Terburu-Buru! Ini 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Atau bagi Anda para wanita yang lebih suka merawat kuku di salon, maka tidak ada salahnya untuk mengerjakannya sendiri di rumah bersama dengan tema-teman.

Anda juga bisa mengganti sampo yang berbiaya mahal dengan pilihan yang lebih murah, namun dengan kualitas yang baik.


7. Mulai Menghentikan Kebiasaan Buruk

berhenti merokok bisa hemat

Merokok dan mengonsumsi minumal alkohol merupakan aktivitas yang sangat berdampak pada gangguan kesehatan di masa depan.

Baca Juga: Anak Muda Kok Boros? Ini 10 Cara Menghemat Uang di Usia 20-an

Tidak hanya mengganggu masalah kesehatan, merokok dan mengonsumsi alkohol juga bisa menguras pengeluaran Anda setiap bulannya.

Mulailah dari sekarang untuk menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat dan ganti dengan aktivitas yang lebih bermanfaat seperti berolahraga atau melakukan hobi yang Anda sukai.

Menghemat biaya bulanan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, jika Anda mampu disiplin dan konsisten menerapkan 7 langkah di atas, maka uang yang bisa disimpan dari penghematan bisa menjadi lebih besar.

Baca Juga: Mudah Dipraktikkan! Ini 5 Cara Memotivasi Diri untuk Mematuhi Anggaran Keuangan yang Dibuat

Sehingga berbagai tujuan keuangan yang Anda miliki di masa depan bisa lebih cepat tercapai dan terpenuhi.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.




Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.