Jangan Tunda Niat untuk Berinvestasi, Ikuti 7 Cara Mengumpulkan Modal Investasi Ini

8 Penyebab Melemahnya Nilai Mata Uang Rupiah Terhadap Dollar USA dan Mata Uang Lain

7 Cara Mengumpulkan Modal Investasi – Tak terhitung berapa kali kita sudah mendengar orang-orang berkata, “Saya ingin berinvestasi, tapi saya tidak punya modal”.

Hal tersebut sebenarnya merupakan hambatan secara psikologis terutama bagi mereka yang baru memutuskan untuk terjun ke dunia investasi.

Padahal, orang sering menunda untuk berinvestasi bukan karena modal investasi yang tidak ada melainkan tidak siap dana tersebut dialokasikan. Hal ini harus segera dihentikan karena investasi untuk masa depan sangatlah penting.

Meskipun modal investasi memang tidak ada karena masih ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi, di artikel ini, Anda bisa mempelajari 7 cara mengumpulkan modal investasi agar kebutuhan finansial Anda bisa tercapai. Apa saja?

7 Cara Mengumpulkan Modal Investasi

1. Sisihkan dan Manfaatkan Sisa Pendapatan

menabung - tips hemat ala perencana keuangan

Cara mengumpulkan modal investasi untuk pemula yang pertama dalam daftar ini adalah dengan memanfaatkan pendapatan yang sebelumnya sudah disisihkan.

Baca Juga: Anak Muda Kok Boros? Ini 10 Cara Menghemat Uang di Usia 20-an

Coba pikirkan, hal apa yang harus Anda penuhi pertama sekali setelah Anda menerima gaji/pendapatan bulanan? Penuhi semua yang harus Anda penuhi setiap bulannya dan selalulah sisihkan minimal 10% dari seluruh pendapatan Anda untuk diinvestasikan.

Atau, Anda juga bisa menyisihkan 10% terlebih dahulu dari total pendapatan dan sisanya barulah digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan. Bila memungkinkan, tambah persentase 10% tersebut menjadi 20%, 30% dan sebagainya untuk diinvestasikan.

Ketika Anda sudah terbiasa menyisihkan pendapatan sebagai modal awal untuk investasi, Anda pun bisa berinvestasi setiap bulan dan pada akhirnya bisa mencapai kebebasan secara finansial.


2. Freelance atau Part Time

freelance - freelancer - kerja lepas - freelancing

Zaman sekarang, tuntutan untuk pekerja profesional di berbagai bidang sangat tinggi, terutama karena meningkatnya jumlah startup atau bisnis baru yang membutuhkan tenaga profesional dengan cara outsource.

Baca Juga: 7 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Bisa Anda Kerjakan dari Rumah

Bila Anda memiliki keahlian di bidang tertentu, misalnya desain grafis, manfaatkan keahlian Anda bagi klien yang membutuhkan. Dari setiap proyek yang Anda kerjakan bersama klien tersebut, biasanya fee yang ditawarkan sangat lumayan.

Dari pendapatan tersebut, Anda bisa menyisihkannya sebagai modal investasi hingga tabungan atau bahkan untuk memenuhi segala kebutuhan yang belum sempat terpenuhi.


3. Mulai Bisnis Sampingan

tips mengembangkan bisnis - pinjaman modal usaha - Mencari Investor Individu Untuk Modal Awal Bisnis

Mulailah bisnis sampingan atau tekuni bisnis yang sudah ada. Memang dalam prosesnya, Anda akan terus membutuhkan modal bisnis.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

Tapi, apabila bisnis tersebut sudah berjalan dan secara konsisten mampu menghasilkan pendapatan dengan nilai yang baik, Anda bisa menyisihkan pendapatan tersebut untuk diinvestasikan.

Sisihkan pula pendapatan tersebut sebagai modal usaha demi terus mengembangkan bisnis Anda.


4. Jual Barang yang Tak Terpakai

membangun brand bisnis

Sama seperti mengumpulkan modal bisnis, apapun yang mungkin dikonversi menjadi uang, kebanyakan orang lebih memilih untuk menjual barang yang sudah tak terpakai agar bisa dikonversi sebagai modal bisnis.

Baca Juga: Memutuskan Untuk Resign? Lakukan Ini Agar Tetap Mendapatkan Penghasilan

Sama dengan mengumpulkan modal investasi, Anda juga bisa menjual barang yang sudah tak terpakai kepada mereka yang berminat. Hasil penjualannya kemudian tentu saja bisa digunakan sebagai modal investasi.


5. Sewakan Ruangan di Rumah Anda yang Memang Kosong

investasi apartemen - sewa apartemen

Daripada berdebu atau hanya dijadikan sebagai gudang, lebih baik ruangan kosong di rumah Anda disewakan entah itu dalam bentuk kamar menginap atau coworking space.

Baca Juga: 8 Cara Menghasilkan Uang Tambahan di 2018

Anda hanya perlu mempromosikannya lewat berbagai marketplace penyewaan kamar di internet. Menyewakan ruangan kosong di rumah Anda, selain bisa menjadi metode untuk mengumpulkan modal investasi, berpotensi pula memberikan Anda passive income secara konsisten.


6. Teruslah Berhemat

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Setiap minggunya, coba hitung berapa besar uang yang harusnya bisa Anda hemat? Apa yang bisa Anda hemat adalah pengeluaran demi pengeluaran yang sebetulnya tidak perlu rutin dilakukan, seperti nongkrong, nonton bioskop, makan di restoran atau kafe-kafe yang mahal, dan sebagainya.

Baca Juga: 8 Tips Hemat Ala Seorang Perencana Keuangan

Coba hitung berapa rata-rata pengeluaran Anda setiap minggunya dan catat untuk keperluan apa pengeluaran tersebut dilakukan.

Setelah itu, Anda bisa mengevaluasi catatan tersebut dan mulailah berhemat untuk keperluan-keperluan yang paling menguras isi kantong Anda.

Kemudian, manfaatkan hasil penghematan yang Anda lakukan sebagai modal investasi. Itulah cara efektif mengumpulkan modal investasi yang bisa Anda terapkan setiap minggunya.


7. Ikut Serta dalam Program KOIN dari KoinWorks

dana proteksi koinworks - keamanan investasi koinworks

Tahukah Anda bahwa KoinWorks rutin mengadakan program yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan modal awal berinvestasi?

Ya, dengan KOIN yang didapat dengan mengikuti program yang ada,  Anda bisa menggunakannya untuk mendanai di KoinWorks dan menikmati bunga yang dihasilkan.

Selengkapnya mengenai KOIN dapat Anda temukan di artikel berikut.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program KOIN yang diadakan KoinWorks, silakan ikuti media sosial: @koinWorks.

Anda juga bisa mendapatkan KOIN investasi dari KoinWorks dengan mengajak teman untuk bergabung di KoinWorks lewat program referral (khusus untuk investor yang sudah bergabung).

Selain menggunakan KOIN Anda juga dapat menanamkan modal sebesar Rp 100.000,- saja dan sudah bisa mulai menabung. Oleh karena itu Koinworks adalah salah satu opsi investasi modal kecil.

Belum terdaftar sebagai Pendana di KoinWorks?


Penutup

Nah, itulah 7 cara mengumpulkan modal investasi yang bisa Anda tekuni agar Anda bisa rutin berinvestasi sehingga Anda pun bisa mencapai financial freedom yang diidam-idamkan oleh semua orang. Semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.