Aset reksadana merupakan salah satu bentuk dari aset investasi karena jenis aset ini akan memiliki nilai yang semakin meningkat dengan berjalannya waktu. Selain reksadana ada beberapa pilihan lainnya yang termasuk dalam aset investasi seperti obligasi, saham, logam mulia, ataupun lainnya. Memiliki aset investasi termasuk reksadana tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk ditingkatkan serta dijaga karena tujuan kepemilikan aset tersebut adalah untuk mencapai taget keuangan jangka menengah dan jangka panjang. Anda pastinya memahami bahwa saat ini kebutuhan hidup juga semakin tinggi nilainya setiap waktu. Bila hanya mengandalkan pada aset lancar ataupun aset guna, hal ini mungkin tidak bisa menutupi berbagai kebutuhan hidup di masa depan termasuk dana biaya pendidikan anak, dana pensiun di hari tua, ataupun lainnya.

Dengan melihat kondisi yang demikian, Anda sebaiknya bisa berpikir cerdas untuk mempersiapkan segala sesuatunya sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan memiliki aset investasi dari produk-produk investasi besar dan menguntungkan. Tentu saja, dalam hal ini, Anda sebaiknya memahami secara detail produk investasi yang akan Anda jadikan sebagai aset investasi tersebut seperti apa. Bila saat ini sedang populer tentang investasi dengan reksadana, Anda sebaiknya menggali informasi yang detail dan akurat tentang produk investasi tersebut bagaimana. Bahkan, sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana, Anda pun bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli perencana keuangan yang memang sudah berpengalaman, memiliki kompetensi, serta terpercaya untuk membantu Anda dalam menganalisa atas produk investasi yang ada termasuk reksadana.

Bila Anda sudah memiliki aset investasi dalam reksadana, Anda sebaiknya juga bisa menjaga dan mengelola produk investasi tersebut dengan baik. Dalam hal ini, Anda sebaiknya pastikan bahwa aset-aset yang Anda miliki mulai dari aset guna, aset lancar, serta set investasi Anda dalam kondisi yang seimbang dan sehat. Tujuan investasi untuk kebutuhan keuangan jangka menengah dan jangka panjang sebaiknya juga bisa dialokasikan seoptimal mungkin yang mana jumlahnya sesuai dengan prioritas tujuan dari keuangan Anda sehingga Anda tidak memiliki masalah keuangan nantinya. Anda tidak perlu terlalu memaksakan bahwa jumlah aset investasi reksadana Anda harus besar meskipun kondisi keuangan Anda sedang agak sulit karena hal ini justru akan membuat Anda mengalami berbagai masalah. Anda sebaiknya bisa menjaga aset-aset tersebut dalam kondisi seimbang dan sesuai dengan prioritas kebutuhannya. Degan menjaga keseimbangan aset yang Anda miliki, Anda akan lebih mudah dalam memaksimalkan aset tersebut dan membuat kondisi keuangan Anda juga lebih sehat.

Saat ini, banyak orang tertarik untuk berinvestasi dengan berbagai produk yang bisa menjadi pilihan. Produk investasi reksadana merupakan salah satu pilihan produk yang cukup populer dalam beberapa waktu terakhir ini. Namun, tentu saja, memiliki aset investasi saja tidak cukup karena Anda harus bisa menjaganya supaya aset tersebut tidak mengalami penurunan nilai bahkan habis yang mana ini tentu akan membawa kerugian bagi Anda. Hal inilah mengapa memilih manajer investasi yang terpercaya dan tepat sangatlah penting untuk dilakukan ketika Anda ingin berkecimpung dalam investasi reksadana. Dengan adanya manajer investasi yang kompeten dan terpercaya, aset reksadana yang Anda miliki bisa terjaga dengan baik dengan adanya peningkatan nilai pada set tersebut dari masa ke masa. Aset yang demikianlah yang bisa benar-benar menjadi aset investasi yang berkualitas.

Dalam menjaga aset reksadana yang Anda miliki, Anda membutuhkan bantuan orang lain untuk mengelola aset Anda di pasar modal dengan baik dan bertanggung jawab karena bagaimanapun kita tidak bisa menjaga produk investasi tersebut secara langsung sebagaimana aset guna seperti rumah, mobil, ataupun lainnya. Dengan memperkerjakan orang lain yang disebut sebagai manajer investasi itulah maka Anda hendaknya bisa menemukan seseorang yang memang ahli dan kompeten dalam bidang tersebut termasuk juga yang cocok dan membuat Anda merasa nyaman. Berinvestasi dalam bidang reksadana pastinya juga membutuhkan suatu strategi sebagaimana berinvestasi dalam bursa saham. Untuk menjaga agar aset reksadana yang Anda miliki bisa menjadi investasi masa datang, Anda sebaiknya bekerja sama dengan manajer investasi yang benar-benar memahami kebutuhan Anda baik dari segi strategi, transaksi, ataupun pendekatan yang dilakukan. Dengan demikian, Anda bisa menjaga aset rekasadana tersebut dengan lebih baik sehingga bisa memberikan nilai tambah pada investasi jangka menengah dan jangka panjang pada kehidupan finansial Anda nantinya.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.