Cara Kerja KoinWorks: Pendanaan Online KoinP2P

cara-kerja-koinworks-koinp2p-koinrobo

Cara Kerja KoinWorks: Pendanaan Online KoinP2P – Mungkin kamu masih bingung, bagaimana sebenarnya cara kerja KoinWorks terlebih dalam hal pendanaan di KoinP2P.

Banyak sekali pertanyaan yang kami terima mengenai cara kerja KoinWorks dalam hal pendanaan di KoinP2P. Untuk itulah, semoga kebingungan kamu bisa terjawab dengan adanya artikel ini, ya.


Cara Kerja KoinWorks: Pendanaan Online KoinP2P

Mengenal Konsep Pendanaan Online KoinP2P

kelebihan dan kekurangan P2P

KoinP2P dari KoinWorks mengusung konsep Peer to Peer Lending dalam sistem pendanaannya. Kalau kamu sudah pernah mendengar konsep crowdfunding, peer to peer lending (P2P Lending) atau yang juga dikenal dengan istilah Fintech Lending ini mengusung konsep yang sama namun identik berbeda.

Begini penjelasannya. Jika dalam konsep Crowdfunding kamu mengurung dana secara sukarela untuk membantu memenuhi kebutuhan/tujuan mereka yang membutuhkan.

Di Fintech Lending dana yang masuk berupa pinjaman. Pada Crowdfunding, kamu berperan sebagai donatur namun di Fintech Lending kamu berperan sebagai Pendana.

Nah, Fintech Lending ini serupa halnya dengan sebuah online marketplace. Jika di online marketplace terjadi interaksi antara Penjual dengan Pembeli, di Fintech Lending yang terhubung adalah Pendana dan Peminjam.

Sebagai pendana, kamu dapat memberikan dana berupa pinjaman kepada peminjam yang tersedia dan kamu bisa mendapatkan bunga secara bulanan hingga tahunan.

Baca selengkapnya mengenai apa itu peer to peer lending (P2P Lending):


Bagaimana Sistem KoinP2P dari KoinWorks Bekerja?

https://www.youtube.com/watch?v=XStg5yw-KMo&feature=youtu.be

Cara kerja KoinP2P dari KoinWorks yang sudah dijelaskan di atas, terhitung sangat sederhana dan mudah untuk langsung dijalankan.

Melalui KoinP2P kamu dapat terhubung dengan beragam Peminjam berdasarkan kebutuhan pinjaman masing-masing. Setelah itu kamu bisa berinvestasi kamu ke masing-masing peminjam yang tersedia.

Nantinya dana yang kamu salurkan akan langsung ditambahkan ke dalam total dana yang dibutuhkan Peminjam.

Misalnya, seorang Peminjam membutuhkan dana pinjaman Rp250.000.000 dan kamu berinvestasi sekitar Rp25.000.000 kepadanya.

Itu artinya kamu memenuhi 10% dari total kebutuhan pinjamannya, dan masih tersisa 90% lagi dana yang dibutuhkan atau tersisa Rp225.000.000.

Sama seperti kamu, Pendana lain yang tergabung juga akan berinvestasi kepada peminjam tersebut, dan secara perlahan terpenuhilah total dana yang dibutuhkannya.

Dana yang terkumpul nantinya akan dicairkan dan diberikan kepada sang Peminjam.

Setelah itu, tergantung grade-nya, kamu akan mendapatkan bunga pengembalian sebagai hasil keuntungan dari pendanaan kamu setiap bulannya.

Bunga pengembalian itu berdasarkan tingkat suku bunga si Peminjam, semakin tinggi tingkat risiko maka semakin tinggi bunga yang akan kamu dapatkan.

Setiap kali Peminjam mengembalikan dana pinjamannya, atau mencicil pinjamannya, kamu akan mendapatkan persenan bunganya setiap bulan. Mudah, kan?

Untuk melindungi dana kamu, KoinWorks menetapkan seleksi yang teramat ketat agar Peminjam bisa masuk ke dalam marketplace dan siap untuk didanai.

Jika KoinWorks mendapati bahwa Peminjam berpotensi untuk gagal bayar, yang kemudian membahayakan dana yang disalurkan Pendana, KoinWorks tidak akan memasukkannya ke dalam marketplace.

KoinWorks juga menggunakan data akurat yang didapat dari para mitra kerjasama yang ada seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Binus University, English First dan Hacktiva dalam menganalisa data Peminjam.

Untuk biayanya, tidak ada biaya komisi pembelian, penjualan dan potongan imbal hasil sama sekali untuk setiap transaksi KoinP2P. Uang yang kamu dapatkan dari KoinP2P sebesar 100% seperti yang tertera pada aplikasi.

 

Untuk memulainya, kamu hanya perlu mendaftarkan diri kamu melalui Super Financial App KoinWorks. Setelah itu lakukan deposit dana dan pilih pinjaman yang sesuai keinginan kamu; berdasarkan suku bunga, credit scoring, tujuan pinjaman, hingga detil lengkap para peminjam.


Langkah Lengkap untuk Mendanai di KoinWorks

koinp2p-2-eng
1. Bergabung di KoinWorks

Untuk mulai mendanai, silahkan unduh dan bergabung di KoinWorks terlebih dahulu. Isikan data-data dengan lengkap dan benar ke masing-masing kolom yang tersedia. Unduh aplikasi di sini.

2. Lakukan Deposit Dana

Lakukan deposit dana untuk mulai mendanai. Di KoinWorks kamu bisa mulai melakukan pendanaan hanya dengan mendepositkan dana mulai dari Rp100.000. Kamu bisa mengetahui selengkapnya pada artikel ini.

3. Mulai Melakukan Pendanaan

Nah setelahnya, kamu bisa mulai melakukan pendanaan dengan berinvestasi kamu ke beragam Peminjam sesuai kebutuhan. Cara melakukan pendanaan selengkapnya, silahkan lihat pada artikel ini.

https://www.youtube.com/watch?v=tH0yewnj5kY
4. Diversifikasi

Jangan hanya mendanai satu Peminjam saja, melainkan terapkanlah diversifikasi pendanaan. Metode ini sangat direkomendasikan oleh para investor ahli, lho! Selain memperkecil kemungkinan rugi sepenuhnya, diversifikasi juga terbukti lebih menguntungkan.

Baca juga: Alasan Mendanai di KoinWorks

5. Mendanai di Beragam Suku Bunga

Keuntungan vs Risiko: Persentase Bunga dan Perlindungan Dana Proteksi

Di KoinWorks terdapat credit scoring yang memberikan grade ke masing-masing tipe Peminjam; dari grade A hingga E di mana masing-masing grade dipecah lagi ke dalam lima tingkatan, mulai dari A1 sebagai grade yang tertinggi hingga E5 yang terendah.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengetahui Progres Pinjaman yang Anda Danai di KoinWorks?

“Semangat gotong royong terefleksi dalam konsep P2P lending dan crowdfunding KoinWorks di mana KoinWorks sebagai penyedia layanan, pendana, peminjam saling membantu. Pendana tidak perlu khawatir karena semua peminjam di KoinWorks dianalisis menggunakan algoritma dan pengukuran tingkat risiko sebelum akhirnya ‘lulus’ sebagai peminjam.

Setiap grade memiliki suku bunga yang berbeda-beda. Seperti yang sudah disebutkan di atas, resiko yang tinggi akan menghasilkan bunga yang lebih tinggi pula.

Misalnya, bunga yang kamu dapatkan dari pendanaan dengan grade A1 tidak akan lebih tinggi ketimbang grade E5, tapi jauh lebih aman, karena A1 dianggap jauh lebih mampu membayar pinjamannya ketimbang E5.

E5 jauh lebih beresiko untuk gagal bayar ketimbang A1, dan begitu seterusnya. Tapi E5 memberikan bunga yang lebih tinggi kepada tingkatan di atasnya, terutama A1.

Baca Juga: 5 Tips Mendanai di Fintech Lending dari Para Ahli

Berkaitan dengan teknik diversifikasi, kamu bisa mencoba mendiversifikasikan dana kamu ke beragam suku bunga atau grade.

Jadi cobalah untuk mendanai di grade E, D, C untuk mendapatkan bunga yang lebih tinggi namun lebih beresiko, dan amankan dana kamu dengan pilihan pendanaan di grade A dan B.

6. Danai Kembali Bunga Pengembalian yang Sudah Didapat

Jika kamu sudah mendapatkan bunga dari hasil pendanaan kamu, jangan buru-buru untuk melakukan penarikan.

Melainkan, danai kembali bunga pengembalian yang sudah kamu dapat untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal lagi (efek compounding).

Baca Juga: Bagaimana Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial?


Penutup

investasi di koinworks

Jadi, begitulah cara kerja KoinP2P dari KoinWorks. Mudah, kan?

Intinya, produk peer-to-peer lending yang disediakan oleh KoinWorks, Super Financial App mampu mempertemukan Pendana dengan Peminjam  hanya lewat aplikasi online, tanpa tatap muka. Transaksi bisa dilakukan di mana saja dengan cepat dan mudah.

Dalam melakukan transaksi ini Pendana dan Peminjam dapat memenuhi kebutuhan satu dengan yang lain, yang memungkinkan kedua belah pihak mendapatkan keuntungan secara maksimal.

Dalam skema ini, kamu sebagai pendana, dapat membantu mewujudkan impian para Peminjam sesuai dengan tujuan pinjamannya dan juga mendapatkan keuntungan dari pendanaan kamu.


Masih membutuhkan panduan untuk mendanai di KoinP2P dari KoinWorks?


Dapatkan berbagai informasi seputar Panduan KoinP2P dan Panduan KoinWorks lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.