Home Panduan KoinWorks Ini Cara KoinWorks Memperketat Credit Scoring

Ini Cara KoinWorks Memperketat Credit Scoring

ā€¢

Ini Cara KoinWorks Memperketat Credit Scoring – Sebagai salah satu fintech P2P Lending, KoinWorks dengan produknya KoinP2P memiliki komitmen untuk membantu Pendana mengembangkan dana sekaligus memfasilitasi akses pendanaan bagi Peminjam yang terdiri dari individu atau pelaku bisnis khususnya pelaku UKM Indonesia.

Walaupun KoinWorks memiliki tujuan untuk memudahkan akses pendanaan, namun Peminjam juga harus melalui berbagai prosedur dan penilaian tertentu yang sebelumnya sudah ditetapkan sesuai standar terlebih dahulu.

Adapun, penilaian ini dilakukan oleh tim khusus KoinWorks, untuk mengetahui beragam indikator dari calon peminjam seperti latar belakang mereka, tujuan peminjaman, hingga kualitas skor kredit atau Credit Score dari Calon Peminjam.

Bagi kamu yang belum tahu, credit score atau skor kredit adalah suatu penilaian kredit yang merupakan sistem atau cara yang dipakai oleh suatu lembaga pemberi pinjaman atau bank.

Nantinya, pihak yang akan memberi dana pada calon Peminjam akan melihat rekam jejak dari transaksi finansial yang dilakukan.

Adapun kegiatan ini sangatlah penting, karena hal tersebut mampu menentukan apakah calon peminjam tersebut bisa mendapatkan pendanaan atau tidak dan juga menentukan besaran pendanaan yang disetujui.

Baca Juga: Seberapa Penting Credit Score Bagi Kelancaran Finansial Anda?

Dalam hal ini, untuk membuat pendanaan kedua belah pihak, baik Pendana maupun Peminjam berjalan dengan lancar serta maksimal, KoinWorks sangat memperhatikan kualitas skor kredit bagi setiap calon peminjam dengan memperketat proses credit scoring.

Berikut adalah cara-cara yang dilakukan KoinWorks dalam memperketat credit scoring.


Ini Cara KoinWorks Memperketat Credit Scoring

1
Tujuan Melakukan Peminjaman

credit scoring - Tahukah Kamu? 4 Bisnis Kopi Kekinian ini Dipimpin oleh Wanita Lho! - cost

Di KoinWorks sendiri terdapat beragam tujuan pinjaman yang bisa dipilih oleh para calon peminjam, terdiri dari Pembiayaan bisnis dan pembiayaan pendidikan.

Setiap tujuan tentu akan melalui tahap penilaian pinjaman yang berbeda. Misalnya, untuk pembiayaan pendidikan. Supaya dana tersebut memang benar-benar digunakan untuk alasan pendidikan, maka pendanaan tersebut akan langsung diberikan kepada instansi pendidikan yang sudah bekerja sama dengan kami.

Begitupun dengan pendanaan bisnis, calon peminjam harus menyerahkan semua data terkait bisnisnya dan juga informasi dari pemilik bisnis beserta keluarga untuk dianalisa.

Dalam melakukan hal ini, KoinWorks juga bekerja sama dengan Bank (Bank Connect) dan juga toko online (Store Connect), di mana calon peminjam bisa mengkoneksikan akun bank dan toko onlinenya sehingga data yang diterima, untuk kemudian dianalisa bisa lebih efektif dan maksimal.

2
Jangka Waktu Pinjaman

mitigasi risiko - credit score - cara mengatur waktu - waktu produktif - Sukses Berkat Pendekatan 5 Jam ala Michael Simmons, Apa Itu?

Adapun KoinWorks memberikan calon peminjam jangka waktu yang fleksibel yakni 1 – 24 bulan. Jangka waktu ini juga menentukan, kemampuan calon peminjam dalam membayar kewajibannya.

Dalam hal ini, KoinWorks memberikan kebebasan bagi calon peminjam, sehingga KoinWorks tidak akan memaksa calon peminjam melakukan pembayaran dalam jangka waktu tertentu yang tak sesuai kemampuannya.

Kebebasan ini kami berikan, supaya peminjam dapat mengukur kemampuannya sehingga pembayaran kewajiban ke depannya dapat berjalan dengan maksimal.

3
Metode Pembayaran Pinjaman

tren produk populer - credit score - Kreativitas Adalah Kunci Sukses Berbisnis

Terdapat dua metode untuk Peminjam melakukan pembayarannya, yaitu secara cicilan tiap bulan atau lumpsum yang dibayarkan pada akhir masa pinjaman. Tentu saja, peminjam bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam melakukan pembayaran.

KoinWorks memberlakukan kebebasan ini, supaya calon peminjam juga dapat menganalisa kemampuannya dalam melakukan pembayaran.

4
Memperketat Industri yang Diambil

credit score - merchandise bisnis 10

KoinWorks akan memastikan bahwa industri penerima pendanaan adalah industri yang memiliki prospek jangka panjang baik dengan profit menjanjikan ke depannya.

Sebisa mungkin, KoinWorks akan menghindari industri-industri bersifat musiman atau seasonal, yang memang hanya bisa berkembang di waktu tertentu dan tidak pasti bagaimana masa depannya.

5
Melakukan Stress TestĀ 

credit score Berhentinya Pertumbuhan Bisnis Startup

Mengingat kondisi ekonomi yang fluktuatif dengan, KoinWorks memberlakukan stress test kepada setiap calon peminjam, dengan tujuan untuk menguji bagaimana daya tahan sistem keuangan bisnis dalam menghadapi risiko yang bisa mengancam dari waktu ke waktu.

Dengan melakukan hal ini, KoinWorks akan mengetahui bagaimana tingkat permodalan dari bisnis tersebut, dan kemampuannya dalam menjalankan operasionalnya secara mandiri selama masa-masa sulit.

Tes ini penting dilakukan, untuk menghindari pinjaman tersebut akan risiko gagal bayar.

KoinWorks mengusahakan bahwa hanya bisnis denga stress test berkualitas yang mendapat pendanaan.

6
Melakukan Live Video CallĀ untuk Memastikan Kondisi Usaha

credit score - 4 Teknik yang Perlu Dikuasai Salesperson Saat Menjadwalkan Ulang Panggilan Telepon dengan Pelanggan - tren bisnis

Setiap bisnis pasti memiliki kasus-kasus tertentu di dalamnya, maka dari itu sebelum memberikan pendanaan bisnis, KoinWorks akan merinci kasus per kasus yang ada dalam bisnis tersebut.

Adapun, proses ini tidak terbatas oleh situasi dan kondisi karena dilakukan secara live video call. Jadi apapun yang terjadi, KoinWorks akan tetap melakukan hal ini.


Nah setelah melakukan penilaian terhadap calon peminjam dengan indikator-indikator di atas, barulah KoinWorks akan menentukan tingkatan risiko dari pinjaman tersebut dan memberikan skor kredit A-E, untuk kemudian diteruskan ke marketplace.

Analisa yang komprehensif ini, nantinya juga akan disebarkan kepada Pendana dalam bentuk factsheet pada detail pinjaman, sehingga Pendana bisa melihatnya terlebih dahulu sebelum mendanai.

Sama seperti Peminjam, Pendana juga diberi kebebasan untuk memilih pinjaman yang mau mereka danai, sesuai dengan preferensinya.

Perlu diketahui bahwa seiring berjalannya waktu dan berkembangnya inovasi yang ada, lima cara KoinWorks memperketat credit scoring, bisa saja bertambah menjadi lebih maksimal. Sehingga, Pendana setia KoinWorks bisa lebih nyaman dalam melakukan pendanaan.

Selamat mendanai dan terima kasih sudah mempercayakan KoinWorks dalam mengembangkan asetmu!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.