4 Pelajaran Berharga Soal Customer Service dari Winnie the Pooh – Kartun Winnie the Pooh nyatanya bukan hanya menjadi favorit anak-anak saja, melainkan para dewasa. Bahkan, pada Agustus 2018 nanti, akan hadir film live-action Winnie the Pooh yang berjudul Christopher Robin.

Baca juga: Trailer Deadpool 2 Dirilis, Ini 3 Hal Menarik Soal Strategi Marketing dari Film Pertamanya

Ketika menonton film kartun ini, Anda bukan hanya disuguhkan petualangan Pooh saat mencari madu di dalam hutan. Lebih dari itu, A. A. Milne, sang kreator, menyisipkan beragam pelajaran berharga yang nyatanya bisa menjadi kunci kesuksesan sebuah bisnis.

Kali ini, Anda bisa mengaitkannya dari sisi customer service, yang mana divisi ini menjadi salah satu jembatan yang akan menghubungkan bisnis Anda dengan para pelanggan.

4 Pelajaran Berharga Soal Customer Service dari Winnie the Pooh

1. “Some people talk to animals. Not many listen though. That’s the problem.”

winnie the pooh
sumber foto: www.disney.wikia.com

Ketika berkomunikasi dengan pelanggan, apa yang Anda lakukan? Mendengar keluhan mereka atau mendengarkan?

Mendengar dan mendengarkan nyatanya adalah dua hal yang berbeda. Ketika mendengarkan, Anda benar-benar memfokuskan diri Anda untuk mendapatkan timbal balik atas bisnis Anda. Anda juga berusaha untuk mencari solusi yang tepat atas masalah yang terjadi.

Baca juga: 4 Tips Memajukan Bisnis ala Film Black Panther

Selain mendengarkan keluh kesah, Anda pun bisa membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan. Jika tercipta hubungan yang baik, para pelangagan pun akan merasa senang, puas, juga akan semakin percaya kepada produk Anda.


2. “If the person you are talking to doesn’t appear to be listening, be patient. It may simply be that he has a small piece of fluff in his ear.”

winnie the pooh
sumber: www.cultjer.com

Memperkenalkan dan menjual produk Anda ke orang lain bisa jadi hal yang sulit. Apalagi, dari sisi customer service, Anda harus menyampaikan informasi dengan detail dan relevan.

Jika ada keluhan, pastikan bagian customer service Anda mampu memberikan solusi yang jelas.

Baca juga: 7 Ilmu Marketing yang Dapat Anda Pelajari Dari Apple

Jangan lupa, bersikaplah dengan ramah tapi tegas, tanpa bermaksud jadi orang yang menjengkelkan. Dengan begitu, para pelanggan akan merasa dihargai.


3. “It is more fun to talk with someone who doesn’t use long, difficult words but rather short, easy words like ‘What about lunch?’”

sumber foto: www. chainimage.com

Pelanggan Anda suka sesuatu yang simpel dan tidak bertele-tele. Mereka hanya menginginkan dua hal, yakni customer service mampu menyelesaikan masalah mereka dan pelanggan bisa merasa lebih baik setelah mendapatkan solusi.

Baca juga: 6 Karakter yang Jadi Ciri Khas Pemimpin Bisnis yang Sukses

Karenanya, ketika berhadapan dengan pelanggan, sasarlah langsung apa inti permasalahan yang mereka rasakan dan tawarkan solusi terbaik.

Para pelanggan Anda ingin didengarkan dan mereka ingin merasa lebih baik ketika masalah mereka bisa selesai karena solusi yang diberikan.


4. “You can’t stay in your corner of the Forest waiting for others to come to you. You have to go to them sometimes.”

winnie the pooh
sumber foto: www.movieweb.com

Merasa bisnis Anda saat ini baik-baik saja? Hati-hati, jangan-jangan ada yang salah dengan bisnis Anda. Sampai-sampai Anda tidak menyadari bahwa bisnis Anda berjalan stagnan.

Untuk hal ini, cobalah untuk “menjemput bola”. Anda bisa mengirimkan Survey Kepuasan Pelanggan guna mendapatkan feedback yang lebih banyak dan dalam. Selain itu, Anda pun bisa melaksanakan Focus Group Discussion guna mengumpulkan feedback.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Program Loyalitas Mampu Meningkatkan Penjualan Anda

Setelah itu, jangan lupa untuk menganalisis para pesaing Anda sehingga bisnis kian maju dan menghasilkan profit yang konsisten.

Memang, dalam pengaplikasiannya, menjalankan bisnis tidak semudah yang dibayangkan. Urusan permodalan bisa menjadi salah satu hambatan tak terelakkan yang harus dihadapi.

Bila suatu hari nanti membutuhkan pinjaman modal usaha guna menarik lebih banyak lagi pelanggan setia, andalkanlah platform P2P Lending seperti KoinWorks yang sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK.

Baca Juga: Wow! Dengan Tidak Melakukan 4 Hal Ini, Anda Bisa Hemat Rp 1 Juta Lebih

Anda bisa memperoleh akses permodalan mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. Bunga yang ditetapkan pun rendah, mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Dengan demikian, Anda pun bisa akan lebih terbantu untuk mewujudkan segala tujuan bisnis Anda di masa depan.


sumber foto: lol.disney.com

Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.