7 Alasan Mengapa Dana Darurat Penting Dimiliki, Jangan Sampai Diabaikan! – Dana darurat sama seperti namanya bertujuan untuk memenuhi berbagai keadaan darurat yang bisa suatu saat menimpa Anda dan keluarga.

Banyak ahli keuangan yang menyarankan masyarakat untuk mempersiapkan dana darurat sebesar enam kali biaya bulanan atau lebih dari itu.

Baca Juga: 4 Tips Hidup Hemat di Jakarta yang Mungkin Belum Pernah Terbayangkan

Mempersiapkan dana darurat perlu Anda lakukan terlebih dahulu, sebelum mulai menabung dan menginvestasikan pendapatan yang dimiliki. Ini 7 alasan yang mendasarinya mengapa dana darurat penting dimiliki.

7 Alasan Mengapa Dana Darurat Penting Dimiliki

1Anda Tidak Ingin Terjerat Utang

5 Pengeluaran Tambahan saat Bulan Puasa yang Harus Anda Waspadai - 9 Pengeluaran Kecil yang Menguras Anggaran Bulanan - manfaat melacak pengeluaran - 5 Keyakinan yang Salah tentang Uang Kekayaan, Segera Singkirkan! - keuangan sehat

Dana darurat yang sudah dipersiapkan membuat Anda tidak perlu berhutang untuk memenuhi berbagai biaya yang tidak dianggarkan.

Dana darurat bisa dimanfaatkan untuk menutupi biaya perbaikan mobil yang tidak direncanakan atau menutup biaya jika suatu saat terjadi kecelakan yang menimpa Anda.

Pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga inilah yang membuat banyak orang berhutang dan akhirnya membebani keuangan keluarganya. Oleh karenanya, dana darurat penting dimiliki.


2Hanya Memiliki Satu Sumber Penghasilan

Wajib Dihindari! 3 Kesalahan Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan - 3 Kalimat yang Sebaiknya Tidak Diucapkan oleh Pebisnis - strategi mempertahankan bisnis

Memiliki dana darurat menjadi keharusan saat hanya memiliki satu sumber pendapatan saja. Dana darurat yang dimiliki bisa membantu Anda memenuhi berbagai kebutuhan hidup, saat terjadi PHK yang tidak terduga atau Anda menderita penyakit yang membuat tidak bisa bekerja.

Baca Juga: Anak Muda Kok Boros? Ini 10 Cara Menghemat Uang di Usia 20-an

Apabila Anda masih lajang atau menjadi satu-satunya pihak yang menanggung beban keluarga, mulailah disiplin melakukan penghematan untuk mempersiapkan dana darurat.

Saat Anda belum memiliki tanggungan inilah waktu yang tepat untuk membangun dana darurat secepat mungkin


3Anda Seorang Wiraswasta atau Self-Employed

Wajib Dihindari! 3 Kesalahan Pebisnis Ini Bisa Bikin Bisnis Stagnan

Wiraswasta dan self employed merupakan beberapa contoh pekerjaan yang tidak memungkinkan Anda mendapatkan dana pensiun dan berbagai tunjangan lainnya.

Oleh sebab itu dalam kondisi pekerjaan yang demikian sangat penting bagi Anda untuk mulai mempersiapkan dana darurat dan mulai berhemat sejak dini.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Keuangan Anda? Begini Tipsnya

Kami juga sangat menyarankan untuk memiliki beberapa sumber aliran pendapatan yang bisa menopang kehidupan Anda. Hal ini untuk mengatasi masalah, saat pendapatan yang diperoleh naik dan turun.

Jangan lupa berinvestasi!

Sudah coba berinvestasi di KoinWorks? Ini merupakan platform investasi peer-to-peer lending yang tepat untuk investor pemula seperti Anda. Di KoinWorks, Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal mulai dari Rp100.000.

Baca Juga: Jangan Terburu-Buru! Ini 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Meski modal untuk memulai investasi sangat minim, imbal hasil yang bisa didapatkan sangat tinggi yaitu, mampu mencapai bunga efektif 18% dalam setahun.

Ayo mulai dari sekarang berinvestasi!


4Anda Memiliki Rumah Sendiri

Lebih Baik Beli Rumah Baru atau Rumah Bekas jika Uang Terbatas?

Rumah membutuhkan perawatan dan perbaikan yang harus dilakukan secara rutin untuk membuat nilainya tetap stabil dan terus meningkat.

Baca Juga: Jangan Boros! Ini Dia 7 Ide Berhemat Saat Kencan

Dana darurat bisa Anda manfaatkan untuk berbagai pengeluaran seperti perbaikan genteng yang bocor, perbaikan AC, dan memperbaiki berbagai kerusakan yang lain.

Lakukan penghematan dari sekarang untuk mempersiapkan dana darurat mulai saat ini. Ya, Anda sudah tahu, dana darurat penting dimiliki.


5Anda Tinggal Berjauhan dengan Keluarga

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Anda yang tinggal jauh dari keluarga membutuhkan biaya yang lebih besar untuk biaya perjalanan ke kampung halaman.

Baca Juga: 7 Cara Menghemat Biaya Bulan Madu dengan Fasilitas Terbaik

Biaya perjalanan tersebut bisa Anda persiapkan dengan menggunakan dana darurat. Dengan demikian, saat terjadi masalah di kampung halaman seperti ada keluarga yang meninggal, Anda bisa menggunakan dana darurat untuk membeli tiket pesawat.


6Anda Mempunyai Masalah Kesehatan

medical checkup - checkup medis - periksa kesehatan

Meskipun saat ini Anda memiliki asuransi kesehatan yang bisa diklaim saat terjadi masalah kesehatan yang menimpa, dana darurat tetap penting untuk dipersiapkan.

Baca juga: Hemat! Ikut 7 Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan Ini

Sebab ada beberapa asuransi kesehatan yang biasanya tidak meng-cover semua penyakit yang Anda derita. Tanpa adanya dana darurat pasti akan sangat kesulitan untuk membiayai berbagai biaya kesehatan tersebut.

Dana darurat yang sudah dipersiapkan dengan baik sangat membantu keuangan, saat Anda membutuhkan biaya yang lebih besar untuk kesehatan.


7Anda Memiliki Sasaran Keuangan yang Akan Dituju

pengelolaan arus kas yang baik - keuangan menjelang liburan - Kiat Cerdas Mengelola Bonus dari Perusahaan dengan Bijak

Tujuan keuangan masing-masing orang tentu berbeda. Ada yang bertujuan untuk liburan bersama keluargamembayar DP rumahmembiayai dana pendidikan anakmembeli kendaraan, atau memulai bisnis sendiri.

Anda yang memiliki tujuan keuangan pasti sudah menyisihkan sebagian pendapatan untuk diinvestasikan atau disimpan agar bisa memenuhi impian tersebut.

Baca juga: 5 Tipe Kepribadian Saat Mengelola Keuangan Pribadi, Apa Kepribadian Anda?

Jangan sampai dana yang akan digunakan untuk memenuhi berbagai tujuan tersebut digunakan untuk berbagai keperluan yang tidak terduga

Disinilah manfaat yang akan Anda dapatkan dengan keberadaan dana darurat yang dimiliki. Dengan adanya dana darurat, Anda tidak perlu mengambil uang yang sudah dipersiapkan untuk memenuhi impian Anda.

Dana darurat merupakan cara yang tepat melindungi tabungan atau investasi yang Anda miliki untuk berbagai tujuan di masa depan.

Baca juga: 5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Saat Membeli Smartphone Baru, Jangan Sampai Memboroskan Uang!

Mulailah mempersiapkan dana darurat, sebelum Anda berinvestasi dan menabung untuk masa depan.

Jumlah dana darurat yang ideal adalah enam kali biaya bulanan yang dikeluarkan setiap bulannya dan nilainya akan semakin besar saat Anda sudah memiliki keluarga atau tanggungan.

Jika dana darurat sudah terpenuhi dengan baik, maka Anda bisa mulai menabung dan menginvestasikan sebagian pendapatan untuk mempersiapkan masa depan.

Baca juga: 5 Benda di Dalam Dompet yang Sebenarnya Tidak Perlu Anda Bawa

KoinWorks bisa dijadikan pilihan instrumen investasi berbiaya rendah yang bisa dimulai hanya dengan bermodalkan dana Rp100.000 saja.

Berbagai tujuan keuangan seperti memenuhi uang sekolah anak, biaya berlibur, atau yang lainnya bisa terpenuhi dengan KoinWorks .

Tertarik untuk mencoba? Ayo biasakan sejak dini berinvestasi!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.