Dana Proteksi KoinWorks, Sebuah Inisiatif Demi Menjamin Keamanan Investasi – Dalam dunia investasi, tidak ada yang mampu menjamin setiap dana yang disalurkan agar seutuhnya aman.

Setiap instrumen menawarkan tingkat keuntungan, namun juga dibayangi dengan tingkat risiko yang sesuai maupun tidak sesuai dengan keuntungan yang ditawarkan.

Baca Juga: Melalui KoinWorks, Kepada Siapa Saja Sebenarnya Investasi Anda Disalurkan?

Meski disertai dengan risiko, nyatanya banyak orang yang tetap mengandalkan investasi sebagai sarana untuk menambah nilai uang, bahkan menjadikannya sebagai sumber pendapatan. Dan bukannya berkurang, jumlah investor dari waktu ke waktu nyatanya terus bertambah.

Hanya saja, manfaat berinvestasi sering kali tertutup oleh kekhawatiran akan risiko yang ada. Hal itu memang tidak bisa dihindari karena investasi, apapun jenisnya, pasti memiliki risiko.

Baca Juga: Pinjaman Dengan Performa Buruk dan Gagal Bayar, Perlukah Anda Khawatir?

Apabila Anda diberikan tawaran untuk berinvestasi dengan potensi keuntungan yang tinggi dan tidak memiliki risiko, maka Anda tentu harus mencurigainya.

Dalam investasi peer to peer lending KoinWorks, misalnya, risiko yang paling besar adalah terjadinya Gagal Bayar.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Berinvestasi di KoinWorks Bisa Mulai dari Rp 100.000

Gagal Bayar atau Default adalah kondisi di mana peminjam tidak lagi mampu menjalankan kewajibannya membayar cicilan bulanan sesuai ketentuan.

Mengenal Nonperforming Loan (NPL) dan Gagal Bayar

default npl kredit macet non performing loan

Di KoinWorks, setiap investasi yang Anda lakukan umumnya akan mendapatkan pengembalian bulanan karena peminjam akan membayar cicilannya setiap bulan.

Baca Juga: Maksimalkan Keuntungan, Tinjau Kembali Akun KoinWorks Anda dan Lakukan 4 Hal Ini

Karena nominal minimum berinvestasi di KoinWorks rendah, yakni hanya Rp 100.000, maka Anda bisa berinvestasi setiap bulan dari pengembalian yang Anda dapatkan.

Namun, apabila kredit macet atau NPL terjadi, Anda yang seharusnya bisa memanfaatkan efek compounding dengan menginvestasikan kembali setiap pengembalian yang didapatkan setiap bulannya tentu akan terganggu.

NPL terjadi karena beragam faktor. Dalam hal P2P Lending, misalnya, NPL bisa terjadi karena peminjam tidak mampu memaksimalkan dana pinjamannya sesuai dengan tujuan awal, misalnya mengembangkan bisnis.

Baca Juga: Apa Pentingnya Mengotomasikan Investasi? Tips Berinvestasi Secara Otomatis

Atau bisa juga karena terjadi bencana alam yang tidak bisa dihindarkan, sehingga terjadi kerugian besar yang membuatnya tidak mampu lagi membayar cicilan bulanan.

Biasanya setelah 90 hari peminjam berhenti membayar cicilan pinjamannya, KoinWorks akan mendeklarasikan bahwa pinjamannya Gagal Bayar atau Default.

Bila terjadi demikian maka dana investor yang tersalur ke dalamnya bukannya menghasilkan keuntungan namun malah merugi.

Baca Juga: Perkenalkan Fitur Multi Auto Purchase! Apa dan Bagaimana?

Demi mengkompensasi hal tersebut, KoinWorks sebagai startup Fintech Lending yang inovatif menyediakan Dana Proteksi.


Apa Itu Dana Proteksi KoinWorks?

dana proteksi koinworks - keamanan investasi koinworks

Sebagai bagian dari komitmen KoinWorks dalam memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berinvestasi di peer to peer lending yang masih tergolong baru di tanah air, KoinWorks mengalokasikan sebagian keuntungan yang didapatkannya untuk menyediakan dana perlindungan yang disebut dengan Dana Proteksi.

Dana Proteksi digunakan untuk meminimalisir kerugian yang mau tidak mau harus ditanggung oleh investor apabila terjadi Gagal Bayar pada pinjaman yang diinvestasikan.

Meskipun KoinWorks menggunakan penilaian yang sangat ketat terhadap setiap pinjaman yang diajukan dan didukung oleh teknologi machine learning berbasis Artificial Intelligence, aktivitas peminjaman memiliki tingkat risiko yang beraneka ragam, dan risiko gagal bayar tetap mungkin terjadi seturut waktu.

Oleh karena itulah Dana Proteksi diciptakan guna menjamin kenyamanan investor dalam berinvestasi sembari meminimalisir kerugian-kerugian yang berpotensi terjadi.


Cara Kerja Dana Proteksi

Investasi Aman dengan Dana Proteksi - KoinWorks 1

Cara kerja Dana Proteksi KoinWorks sebenarnya sangat sederhana. Berikut rinciannya:

1. NPL Mulai Terlihat

Kredit peminjam mulai menunjukkan kemandekan menyoal cicilan bulanan (mulai terjadi NPL), dan setelah 90 hari tidak memberikan kejelasan mengenai pembayaran cicilan bulanannya, KoinWorks akan memberikan keputusan.

2. Deklarasi Gagal Bayar

default npl gagal bayar pinjaman investasi - koinworks

KoinWorks akan mendeklrasikan peminjaman tersebut sebagai Gagal Bayar, dan kemudian melanjutkan proses berikutnya.

3. Data Pinjaman Ditarik Dari Platform

Bila status Gagal Bayar sudah dideklarasikan atas suatu pinjaman, maka data pinjamannya akan dihapuskan dari platform dan tanggung jawab penagihan serta obligasi lainnya diambilalih oleh KoinWorks sepenuhnya. Dengan kata lain, proses selanjutnya akan menjadi tanggung jawab KoinWorks sepenuhnya.

4. Dana Proteksi Didistribusikan

Pihak KoinWorks akan terlebih dahulu melakukan perhitungan atas sisa modal investor yang akan diganti rugi berdasarkan Grade Pinjaman yang didanai. Berikut urutan Grade Pinjaman sekaligus Tingkat Proteksi yang ada di KoinWorks:

Investasi Aman dengan Dana Proteksi - KoinWorks 2

Berdasarkan gambar di atas secara berurutan, apabila investor mendanai di pinjaman dengan Grade A, apabila terjadi Gagal Bayar maka dana investor akan di-cover oleh Dana Proteksi sebesar 100%, begitu seterusnya hingga Grade E yakni 20%.

Maka setelah Dana Proteksi dicairkan, total dana yang akan didapatkan investor adalah:

([Dana InvestasiTotal Cicilan Terbayar] x Tingkat Proteksi) + Total Cicilan Terbayar

dimana,

  • Dana Investasi: Pokok dana investasi (Tidak termasuk KOIN)
  • Total Cicilan Terbayar: Nominal cicilan yang sudah sempat dibayar Peminjam sebelum Gagal Bayar (sudah termasuk potongan 1%)
  • Tingkat Proteksi: Persenan dana berdasarkan Grade Pinjaman yang Anda danai

Batasan Dana Proteksi

Meski Dana Proteksi merupakan gebrakan inisiatif yang inovatif dalam industri Fintech P2P Lending nasional yang hanya dimiliki oleh KoinWorks, bukan berarti nominal yang terdapat di dalam Dana Proteksi itu tanpa batas.

KoinWorks secara rutin menyisihkan keuntungan yang didapat khusus untuk Dana Proteksi, dan jumlahnya pun secara berkala selalu diperbaharui.

Apabila Dana Proteksi habis digunakan untuk mengganti rugi kerugian dana investor dan sewaktu-waktu terjadi lagi Gagal Bayar, maka Dana Proteksi tidak lagi bisa digunakan untuk menggantinya.

Hanya saja, sistem penilaian kelayakan kredit yang dimiliki KoinWorks tentu saja akan semakin baik dari waktu ke waktu, sehingga mitigasi risiko Gagal Bayar bisa terus diminimalisir dari si peminjam itu sendiri, bahkan sebelum pinjamannya terbit ke dalam platform.

Meminimalisir Risiko Investasi Dari Sisi Investor

Diversifikasi Portofolio Investasi - diversifikasi investasi p2p lending - koinworks

Bila Dana Proteksi menjadi kekuatan KoinWorks dalam meminimalisir kerugian dana investor, maka setiap investor juga harus memiliki strategi dalam meminimalisir risiko kerugian investasinya.

Baca Juga: Permudah Diversifikasi Portofolio Investasi Anda dengan 5 Langkah Penting Berikut

KoinWorks selalu menyarankan agar setiap investor mendiversifikasikan dana investasinya ke banyak peminjam. Diversifikasi itu teramat penting sebagai bagian dari mitigasi risiko.

Dengan mendiversifikasikan dana investasi Anda ke beberapa peminjam sekaligus, misalnya 10 peminjam, dan apabila ada satu peminjam yang Gagal Bayar, maka Anda masih tetap meraup keuntungan dari 9 peminjam lainnya.

Baca Juga: 
Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending
Begini Teknik Diversifikasi Investasi di Fintech Lending KoinWorks
Ini 7 Alasan Kenapa Anda Harus Berinvestasi di KoinWorks
Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks
Investor Pemula? Baca Panduan Investor Pemula Untuk Investasi di Fintech Lending KoinWorks Ini
Investasi Fintech Lending: Praktik Terbaik dalam Berinvestasi di Peer to Peer Lending

Dan dengan begitu, Anda tentu tidak perlu terlalu bergantung pada Dana Proteksi, meski Dana Proteksi tetap akan menjadi perlindungan bagi Anda dalam meminimalisir kerugian investasi.



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?