[Event Recap] Resolusi Keuangan: Jaga Hati, Jaga THR – Banyak yang tidak menyadari ke mana saja uang banyak habis saat bulan Ramadan.

Pengeluaran selama bulan Ramadan cenderung besar, padahal seharusnya pengeluaran semakin sedikit karena Anda tidak mengeluarkan uang untuk makan siang.

Mathias Aryesam sebagai Institutional Investment Advisory di HP Asset Management, memaparkan pengeluaran terbesar selama bulan ramadan terbagi dari dua faktor yaitu faktor intersnal dan internal, ujarnya pada acara #MoneyDiary Talks (21/05/2019) lalu.

even recap jaga hati jaga thr

Untuk faktor eksternal seperti inflasi sembako, inflasi harga tiket, zakat dan lain-lain. Nah, kalo untuk faktor internal yang paing banyak terjadi adalah banyak mengikuti acara buka bersama dengan krabat, tergiur dengan diskon, cashback dan lain-lain.

Untuk mengantisipasi pengeluaran yang lebih besar di Bulan Ramadhan, Mathias maparkan tips mengatur dan mengelola anggaran pribadi saat mendapatkan THR.

Membagi anggaran THR menjadi beberapa bagian kebutuhan seperti sedekah
10%, oleh-oleh mudik sebesar 10%, dana antisipasi 10%, membayar cicilan kartu kredit karena buka bersama sebanyak 20%, Investasi 10%, antisipasi mudik 20%, angpao 20%.

even recap jaga hati jaga thr

Acara ini juga isi oleh Head of Financial Consultant KoinWorks, Willy Sanjaya memberi penjelasa untuk melakuakan Investasi dari THR karena ada beberapa keuntungan dari berinvestasi.

Yaitu, memanfaatkan inflasi karena menyadari semakin hari harga-harga kebutuhan secara umum mengalami kenaikan dan memenuhi kebutuhan di masa depan. Memiliki dana lebih saat ini karena itu alangkah lebih baik jika dana berlebih yang dimiliki saat ini, disisihkan untuk berinvestasi. Dan yang terpenting yaitu peningkatan asset

Ada beberapa cara yang dapat diikuti untuk memulai berinvestasi. Yang pertama adalah membangun motivasi dari diri Anda sendiri untuk mulai berinvestasi, karena membayangkan kehidupan di masa depan yang setiap harinya kebutuhan semakin bertambah.

Kenali profil risiko ini berfungsi untuk menentukan instrumen apa yang nantinya akan Anda
beli, mulai mencati tahu resiko dan juga mengenai baik buruknya. Kemudian, sesuaikan anggaran investasi dan pastikan dana yang dijadikan investasi merupakan dana yang memang tidak akan dipakai dalam waktu dekat.

Pilih instrument investasi yang tepat dengan memilih instrument investasi dengan uang muka yang rendah. Dan terakhir yang terpenting adalah disiplin terhadap diri Anda sendiri.

even recap jaga hati jaga thr

Dalam acara ini terdapat sesi pertanyaan yang berlangsung begitu atraktif. Banyak yang ingin tahu lebih dalam mengenai mengelola THR serta bagaimana memaksimalkan investasi.

Harapannya, semua peserta yang hadir bisa membawa pulang ilmu baru dan mampu menjadikan investasi sebagai alternatif pilihan untuk meningkatkan aset di masa depan.

Nah, untuk itu jangan lewatkan acara #MoneyDiary Talks selanjutnya. Psssttt… Akan selalu ada kejutan untuk para peserta yang hadir, lho!

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.