[Event Recap] Cara Meningkatkan Profit Lewat Pemanfaatan Data- Kehadiran teknologi yang semakin pesat, juga bisa mempengaruhi dunia bisnis.

Salah satu tren pengaruh teknologi terhadap dunia bisnis tersebut adalah pemanfaatan data yang cenderung lebih dinamis, baik mengumpulkan atau jenis data itu sendiri.

Sangat penting untuk mengumpulkan lebih banyak data untuk perkembangan bisnis lebih lanjut, seperti pengembangan manajemen dan inovasi.

Namun, untuk mampu memanfaatkan data terebut, pastinya  perlu strategi yang tepat untuk memahami secara strategis.

Peluang ini juga dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan guna menyediakan teknologi data-driven untuk pemain bisnis.

Tetapi beberapa pebisnis, khususnya UKM, masih mengalami kesulitan bagaimana cara memanfaatkan data yang tepat.

Hal ini pun diperkuat oleh data riset dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang mencatat dari 60 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah hanya 8% yang sudah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya.

Melihat hal tersebut, tiga startup finansial di Indonesia, yaitu KoinWorks, Jurnal dan Moka menyelenggarakan acara Pahlawan UKM (PUKM) yang mengangkat tema “Cara Meningkatkan Profit Lewat Pemanfaatan Data” pada (17/08/19).

Pada acara tersebut, Rachel Sugeha selaku Head of Portofolio dari Koinworks menjelaskan, ada 4 langkah yang tepat untuk menggunakan data yang sudah Anda miliki dengan tepat, yaitu:

  • Generate Data
  • Store Data
  • Analyze Data
  • Utilize Datapahlawan UKM

Dengan menerapkan keempat langkah tersebut, para pelaku UKM bisa menghasilkan data, seperti dimana lokasi terbaik untuk cabang usaha Anda selanjutnya, menentukan jam operasional, Produk yang harus ditambahkan sebagai bagian dari inovasi serta penerapan cashflow management.

Acara ini juga turut mengundang dua pebisnis UKM yang sudah berhasil memanfaatkan data yang mereka punya menjadi strategi marketing yang tepat, yaitu Kenichi Aoyagi (CEO Foodspot) dan Andry Jonathan (Owner Sliced Pizza).

Kedua owner UKM yang bergerak dibidang kuliner tersebut menjelaskan motivasi mereka pada saat berencana mendirikan usaha mereka.

Mereka pun menjelaskan secara detail bagaimana langkah awal yang tepat untuk memulai suatu bisnis, seperti target konsumen, segmentasi market bisnis dan cara bersaing dengan kompetitor.

pahlawan UKM

Tidak hanya itu, Kenichi dan Andry menjelaskan bahwa ketika menjalankan bisnis, mereka sangat memprioritaskan “data-driven strategy”.

Dengan menerapkan data driven Startegy, mereka menggunakan data yang telah dimiliki yang kemudia dijadikan insights untuk merencanakan strategi selanjutnya.

Acara Pahlawan UKM pun berlangsung dengan atraktif, para peserta Pahlawan UKM yang memang masih bingung terhadap materi yang disampaikan, diberikan kesempatan untuk bertanya. Ketiga pembicara pun menjawab dengan jelas dan detail.

Memasuki penghujung acara, para peserta pun diajak untuk bermain atractive game, yaitu kahoot.

Permainan tersebut mengajak para peserta untuk menjawab pertanyaan seputar tema acara dan peserta yang memenangkan permainan tersebut, mendapatkan cinderamata dari team Pahlawan UKM.

Pahlawan UKM

Harapan diadakannya acara Pahlawan UKM ini yaitu untuk mebantu para pelaku bisnis khususnya UKM agar bisa memanfaatkan kemajuan teknologi guna memajukan usaha dan tentunya menaikkan profit penjualan.

Sampai jumpa di acara berikutnya!

 

 

 

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.