[EVENT RECAP] MDT: Pulihkan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran – Setelah menikmati momen lebaran beberapa waktu lalu, tanpa disangka pengeluaran yang terjadi saat itu pun lumayan besar.

Padahal, saat di bulan Puasa seharusnya kita bisa lebih berhemat karena budget makan siang kita bisa digunakan untuk sesuatu yang lain, misalnya ditabung untuk mebeli sesuatu di hari lebaran nanti.

Tapi kenyataannya tidak seperti itu, banyak yang terbuai dengan godaan diskon atau ajakan hangout bersama teman-teman.

Itulah yang dikatakan oleh Indra Hadiwidjaja, seorang Certified Planner yang diundang pada acara #MoneyDiaryTalks (20/06/19) lalu.

Pulihkan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran

Ia juga menambahkan bahwa pengeluaran kita justru bisa meningkat ketika di bulan Ramadan dan ada banyak hal yang menjadi penyebabnya, misanya ajakan buka bersama setiap beberapa hari sekali, biaya mudik, baju baru, pembagian uang THR, pengeluaran dana liburan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Indra memberikan beberapa tips penting, salah satunya adalah membuat perencanaan keuangan sampai pemasukan berikutnya datang kembali.

Debby Devina sebagai Senior Financial Consultant di KoinWorks yang turut mengisi acara MDT hari itu pun menanggapi isu yang sama, dan memberikan 3 langkah mudah dalam mengatur keuangan pasca lebaran, yaitu:

Pulihkan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran

  1. Catat pengeluaran saat Lebaran, jika sesuai, maka masih aman. Namun, jika membengkak, saatnya Anda tinjau kembali mana pengeluaran yang perlu dan tidak perlu untuk menjadi catatan di Lebaran berikutnya.
  2. Cek pendapatan yang tersisa. Namun, jangan sentuh rekening investasi karena dianggap sebagai tabungan masa depan yang tak boleh diutak atik.
  3. Setelah mengetahui uang yang tersisa, buatlah rencana pengeluaran hingga akhir bulan ini.

Tidak berhenti pada pembahasan itu saja, Indra pun menyarankan untuk mencari income tambahan di samping pekerjaan tetap yang sekarang sedang kita jalani, seperti lembur, menjual barang, menjual jasa, atau bisa juga dengan cara berinvestasi.

Bicara tentang investasi, Debby juga menyebutkan bahwa saat ingin memulai investasi setelah lebaran, kita perlu mencari tahu beberapa hal terlebih dahulu, diantaranya adalah motivasi, mengenali profil risiko, menyesuaikan anggaran investasi, disiplin, dan pastinya memilih instrumen investasi yang tepat.

Salah satu instrumen yang disarankan adalah P2P Lending dari KoinWorks, Siapa pun bisa menjadi Lenders hanya dengan RP 100.000 saja dengan imbal hasil hingga 21,32% per tahunnya.

Kemudian pada sesi akhir, peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada para speakers. Sesi ini berlangsung dengan atraktif dan menarik, bagi para peserta yang memang masih bingung terhadap materi yang disampaikan, kedua speakers ini menjawab dengan jelas dan mendetail.

Pulihkan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran

Harapannya, setelah event #MoneyDiaryTalks ini berlangsung, para peserta dapat mendapatkan ilmu yang berharga dan bisa bermanfaat bagi mereka ke depannya.

Oh ya, di acara ini semua peserta yang hadir juga otomatis mendapatkan promo spesial dari KoinWorks, lho! Seru banget ‘kan?

Pulihkan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran

Untuk yang belum bisa hadir pada event kali ini, kalian jangan khawatir ya! Karena ke depannya akan ada banyak lagi event yang tidak kalah seru.

Sampai jumpa di #MoneyDiaryTalks berikutnya!

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.