Home Daily Siap Hadapi Iklim Bisnis Di Tengah Pandemi COVID-19

[Event Recap] Siap Hadapi Iklim Bisnis Di Tengah Pandemi COVID-19

[Event Recap] Siap Hadapi Iklim Bisnis Di Tengah Pandemi COVID-19 – Bisa dibilang bahwa saat ini wabah pandemi COVID-19 tengah menjadi permasalahan utama bagi masyarakat di seluruh dunia. Tak terkecuali bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia.

Hal ini dikarenakan Indonesia didominasi oleh kurang lebih 58 juta pelaku bisnis UKM, atau mencapai 98% dari total unit usaha yang tersebar di seluruh negeri.

Pandemi COVID-19 membuat masyarakat mengurangi aktivitas ekonomi, seperti berbelanja kebutuhan tersier atau pun liburan untuk menghindari penularan wabah.

Para ekonom bahkan menilai, bahwa pandemi yang terjadi sudah berdampak pada sektor manufaktur, transportasi dan pariwisata.

Itulah mengapa para pemilik bisnis UKM merasa khawatir akan kondisi bisnis mereka. Karena pada akhirnya, wabah ini bukan saja menganggu perkembangan performa bisnis UKM, lebih dari itu juga bisa berdampak pada penurunan omzet perusahaan dalam jangka panjang.

Melihat hal tersebut, KoinWorks bersama Moodah menyelenggarakan #DIALOKAL ke-6 yang mengangkat tema “Siap Hadapi Iklim Bisnis di tengah Pandemi COVID-19”.

Namun, sehubungan adanya kebijakan Pemerintah untuk menghindari area yang ramai guna mencegah penyebaran COVID-19, #DIALOKAL kali ini diselenggarakan secara online atau webinar melalui aplikasi zoom, yang diadakan pada tanggal 30 Maret 2020.


[Event Recap] Siap Hadapi Iklim Bisnis Di Tengah Pandemi COVID-19

Pada webinar tersebut, Sisca Tamba (Head of Partners Activations KoinWorks) menjelaskan tips bagi para pelaku bisnis untuk tetap bertahan di tengah wabah COVID-19, Yaitu dengan memotong biaya produksi.

Sisca juga menjelaskan bahwa kemungkinan yang bisa dilakukan oleh para pebisnis adalah dengan menerapkan wait and see dari adanya kondisi wabah COVID-19 ini.

Selain itu, Sisca juga menyarankan untuk tetap menjalankan bisnis seperti keadaan pada saat normal. Namun, jika ingin menjalaninya seperti biasa, working capital tetaplah harus diperhatikan, supaya dana pribadi tidak akan terpakai untuk kebutuhan bisnis.

Arini Astari (CEO of Moodah) juga menjelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan pebisnis dalam menghadapi COVID-19. Salah satunya adalah dengan melakukan cuci gudang pada barang produksi.

Selain itu, potong advance yang tidak terlalu penting, yang kemudian bisa dialihkan ke budget yang lebih relevan di situasi saat ini.

Jika memungkinkan, untuk operasional produksi usahakan untuk dilakukan secara online saja. Salah satu caranya yaitu dengan memasarkan produk usaha secara online. Karena hal tersebut juga bisa memangkas anggaran di saat kondisi genting seperti saat ini.

Arini juga menambahkan bahwa di situasi sekarang, ada baiknya jika para belaku bisnis melakukan forecasting stock untuk setahun ke depan. Namun, jangan sampai terlalu berlebihan.

Menghadapi wabah COVID-19 ini, Arini juga menjelaskan langkah yang telah Moodah terapkan selama masa pandemi, yaitu dengan membuat campaign #TerusJualan.

Campaign tersebut membantu para pelaku UMKM yang masih menerapkan sistem offline menjadi online, yang tentunya melalui aplikasi Moodah.


Tidak hanya itu, mengingat bahwa sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan, KoinWorks juga memberikan beberapa penjelasan tentang menjalankan bisnis di bulan Ramadhan.

Sisca menjelaskan bahwa tips menjalankan bisnis di bulan Ramadhan, yaitu dengan menemukan momentum terlebih dahulu.

Setelah menemukan momentum, maka langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah dengan cek branding atau AB testing.

Jika dari kedua hal tersebut memberikan hasil yang bagus dan sudah memiliki modal, maka kamu bisa langsung menjalankan bisnis yang sudah kamu rencanakan untuk di bulan Ramadhan.


Acara webinar #DIALOKAL pun berlangsung dengan atraktif, para peserta yang masih memiliki pertanyaan diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pembicara dan kedua pembicara pun menjawab dengan jelas dan detail.

Harapan diadakannya webinar ini yaitu untuk membantu para pelaku bisnis, khususnya UKM agar tetap bisa meraih keuntungan di tengah wabah pandemi COVID-19.

Semoga kita semua senantiasa selalu sehat dan terlindungi dari adanya pandemi wabah COVID-19 ya.

Sampai jumpa di #DIALOKAL selanjutnya.

Jadwal Event KoinWorks

<
>
MondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturdaySunday
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12GET2KNOW; Kickstart Your P2P Lending | Batch 5GET2KNOW; Kickstart Your P2P Lending | Batch 5Time: 7:00 PM - 8:00 PM
Free Event
ZOOM Online Webinar
13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31            
Kategori
 Bazaar
 Bersama Mitra
 Fintech Days
 Komunitas KoinWorks
 Sosialisasi dan Edukasi
 Umum

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.