Fenomena Setelah Gajian, Mana yang Sering Kamu Alami?  –  Sebagai seorang karyawan biasa, tentu saja hari gajian adalah saat yang ditunggu-tunggu. Setelah bekerja di perusahaan sebulan penuh, hari gajian merupakan doping yang ampuh membuat karyawan bekerja dengan lebih semangat.

Banyak fenomena setelah gajian yang beredar di masyarakat, karena memang gajian erat sekali kaitannya dengan kehidupan kita. Memang, setelah gajian pasti banyak karyawan yang merasa langsung kaya mendadak mungkin termasuk kamu. Makanya, pasti kamu sering menemukan teman atau kerabat yang menjadi lupa diri dan mendadak jajan banyak.

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Gaji “10 Koma”

Sebenarnya, tidak apa bagi kamu untuk sesekali menyenangkan diri sendiri setelah gajian. Namun, harus diingat kalau sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Sebaiknya, setelah habis gajian cobalah untuk langsung menyisihkan dana ke pos masing-masing kebutuhan. Mulai dari pos kebutuhan sehari-hari, gaya hidup, dana darurat hingga investasi.

Nah, berbicara tentang fenomena setelah gajian yang sering dilakukan masyarakat Indonesia, coba yuk simak pembahasan berikut. Mungkin saja kamu memiliki teman yang cocok dengan hal-hal ini, atau bahkan ternyata kamu yang melakukannya.


Fenomana Setelah Gajian, Mana yang Sering Kamu Alami?

1Mall Penuh

fenomena setelah gajian - mall penuh
img source: istyle.id

Fenomana setelah gajian yang pertama adalah penuhnya mall, apalagi mall yang ada di pusat kota. Biasanya saat baru gajian, banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk pergi ke mall. Entah untuk berbelanja, atau sekadar hangout bersama kerabat, keluarga serta teman-teman.

Baca Juga: Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit Biar Gak Kredit Macet 

Makanya, tak jarang kamu pasti menemukan tiba-tiba mall menjadi membludak dan penuh dengan orang-orang. Apalagi, banyak toko-toko di mall yang mengadakan promo atau diskon tertentu, tentu saja hal ini sangat menarik perhatian masyarakat.

Nah, apakah kamu termasuk orang yang berkontribusi dalam membuat mall penuh setelah habis gajian?


2Restoran Waiting List

Selanjutnya, fenomena setelah gajian ini juga tak asing kamu rasakan di sekitar. Alasannya karena saat baru saja gajian, tentu saja kamu ingin memanjakan diri kamu, salah satunya cita rasa.

Kalau sudah begini, biasanya akan banyak sekali restoran-restoran yang waiting list, karena saking banyaknya orang yang ingin makan di luar. Apalagi, jika restorannya memang sudah terkenal, di hari biasa saja sudah waiting list, bagaimana saat setelah gajian?

Baca Juga: Tipe-Tipe Peminjam Uang yang Harus kamu Hindari

Nah, sebenarnya wajar saja kalau kamu ingin traktir diri kamu sendiri dengan makan makanan enak di restoran. Agar bisa lebih berhemat, kamu bisa mencari-cari promo atau mengajak teman-teman untuk makan bersama. Biasanya, beberapa restoran menyediakan promo yang membuat semakin banyak orang, semakin murah.


3Jalanan Macet 

img source: asia.nikkei.com

Sesaat setelah menerima penghasilan, kamu pasti menemukan fenomena setelah gajian ini, yaitu jalanan yang macet. Biasanya, hal ini disebabkan karena banyak orang yang membawa kendaraan pribadi entah itu mobil atau motor.

Membawa kendaraan pribadi memang lebih praktis dan efektif, lawan kamu hanyalah kemacetan. kamu tak perlu berebutan tempat atau mengejar jadwal keberangkatan transportasi umum.

Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Bikin kamu Boros Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil

Tapi, dibalik kepraktisan dalam membawa kendaraan pribadi, biaya yang dikeluarkan juga tak murah, lho. Misalnya ketika kamu membawa mobil, tak hanya harus membayar parkir, kamu juga harus membeli bensin dan membayar tol.

Maka dari itu, tak heran kalau setelah gajian banyak orang membawa kendaraan pribadi, karena mereka akhirnya punya dana lebih untuk beli bensin, bayar tol atau parkir.


4Kantor Sepi di Siang Hari

Tak hanya di luar, fenomena setelah gajian juga bisa kamu temukan di kantor. Pasti ada beberapa teman kamu yang setiap harinya rajin membawa bekal, tetapi saat hari gajian tiba ia tidak membawa bekal karena ingin makan di luar kantor.

Coba kamu bayangkan jika banyak orang yang bersikap seperti itu, tentu saja saat siang hari kantor akan lebih sepi karena kebanyakan karyawan memilih untuk makan di luar.

Nanti, saat sudah memasukin masa-masa akhir bulan, baru suasana kantor akan ramai lagi karena banyak karyawan yang makan di pantry atau di kantin kantor.


5Pulang Kantor Tengo

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - 10 Hal Yang Harus Dilakukan Milenial untuk Keuangan Mereka Tahun Ini-Kiat Mencapai Kebebasan Finansial untuk Generasi Milenial - fenomena setelah gajian

Masih berkaitan dengan fenomena setelah gajian di poin sebelumnya, kamu juga mungkin akan menemukan banyak rekan-rekan yang pulang tengo alias pulang sesuai dengan jam kantor.

Biasanya, alasan karyawan tersebut pulang tengo karena ingin hangout dengan kerabat atau rekan di luar kantor. Apalagi kalau sudah sehabis gajian dan di hari jumat malam. Ada momen yang sering dilakukan millenial yaitu TGIF, di mana mereka biasanya melepas penat setelah hari-hari sebelumnya bekerja di kantor.

Apakah kamu dan rekan-rekan kantor termasuk dalam fenomena ini?


6Saldo Non-Tunai Penuh

sistem cashless - fenomena setelah gajian

Di zaman cashless seperti sekarang, sudah banyak orang yang tidak lagi mengandalkan uang tunai untuk transaksi sehari-hari. Mau pesan makan, transportasi hingga berbelanja semua bisa dilakukan secara cashless tanpa uang tunai.

Baca Juga: Ternyata, Ini 5 Alasan Sistem Cashless Jadi Tren Anak Muda!

Nah, biasanya bagi mereka yang sudah sering menggunakan fitur cashless, pasti akan mengisi penuh saldo dari aplikasi cashless milik mereka. Jumlahnya juga tak main-main, bahkan ada yang hingga berjuta-juta.


Itulah berbagai fenomena setelah gajian yang sering ditemukan di lingkungan sekitar kita. Manakan dari poin-poin di atas yang sering kamu alami?

Sebenarnya, fenomena setelah gajian ini wajar terjadi, karena kehidupan memang harus seimbang. Kalau kamu sudah bekerja keras setelah sebulan, tidak masalah jika kamu ingin menghadiahkan diri sendiri dengan mengeluarkan uang berlebih untuk kesenangan pribadi.

Tapi kamu harus ingat, kalau hidup tak hanya untuk hari ini melainkan kamu juga harus mempersiapkan masa depan. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu sisihkan dana menabung atau investasi.

Bagi kamu yang ingin berinvestasi, bisa mencoba investasi alternatif Peer-to-Peer Lending (P2P) di KoinP2P dari KoinWorks, Super Financial App.

Modal awalnya juga murah, hanya Rp100.000 rupiah kamu bisa langsung berinvestasi untuk masa depan. Sangat terjangkau dan jumlahnya tak kalah dengan uang jajan kamu, bukan?

Kalau kamu yang belum familiar, Peer-to-Peer Lending (P2P) adalah sebuah marketplace tempat terhubungnya Pendana dan Peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing. Entah itu untuk modal bisnis atau pun dana pendidikan.

Nah, dengan menjadi Pendana, itu artinya kamu turut membantu tujuan keuangan dari seorang individu sekaligus mendapatkan hasil imbal efektif mulai dari 18% per tahun.

Jika kamu tertarik untuk memulai menjadi Pendana, yuk langsung menjadi Pendana di KoinWorks dengan klik di sini.

KoinWorks sendiri sebagai penyedia platform online P2P, telah berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan dan bersertifikasi ISO:27001, yang membuatnya lebih aman dan bukan perusahaan abal-abal.

 


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.