5 Cara Bagaimana Fintech Mampu Membantu Perkembangan UKM РJika Anda tidak tahu soal fintech, Fintech adalah singkatan dari Financial Technology.  Pada dasarnya, teknologi ini bekerja di area perbankan, peminjaman, dan lain lain.

Bagi UKM, Fintech akan membantu UKM akan mendapatkan kemudahan dan efisiensi di area keuangan. Apa keuntungan dari menggunakan fintech dari sisi UKM?

Fintech memberikan banyak solusi keungan, khususnya bagi bisnis kecil menengah yang ingin berkembang. Berikut ulasannya:

5 Cara Bagaimana Fintech Mampu Membantu Perkembangan UKM

1. Tersedia Fintech Sebagai Platform Penyedia Pinjaman

popularitas fintech - memulai investasi

Fintech membuat persepsi kita berubah jika berhubungan dengan peminjaman uang. Sebelumnya, pinjaman untuk bisnis dikenal hanya bisa melalui bank dan harus melalui proses yang rumit dan melelahkan.

Baca Juga: Optimalisasi Keuangan oleh P2P Fintech Lending

Tidak begitu dengan Fintech. Fintech memberikan akses yang sangat mudah untuk para peminjam dari sektor UKM. Salah satunya adalah melakukan pinjaman melalui online. Dengan begitu, para pemilik UKM hanya perlu mencantumkan dokumen-dokumen yang diperlukan secara online.

Terlebih lagi, pemberian pinjaman dapat dinilai dari berbagai aspek, tidak hanya mengandalkan nilai kredit bisnis dan latar belakang sang pemilik usaha. Dengan begitu, banyak UKM yang sudah disetujui dalam beberapa hari, atau mungkin dalam hitungan jam.

KoinWorks memberikan kemudahan bagi pemilik bisnis online untuk mendapatkan pinjaman usaha hingga Rp 500 juta dengan bunga rendah. Lihat selengkapnya.

2. Semua Proses Dilakukan Secara Online

Peer-to-Peer Lending - P2P

Jika dulu kita ingin menggunakan kartu kredit harus memerlukan akun dari pemilik dan juga mesin kartu kredit yang mahal, sekarang semua dipermudah dengan adanya online purchase.

Baca Juga: Proses Pengajuan Pinjaman dan Tips Agar Pinjaman Bisnis Anda di KoinWorks Disetujui

Bahkan perusahaan sejenis PayPal sudah melakukan pembayaran tagihan, kredit dan bahkan gaji karyawan secara online. Hal ini memudahkan para pemilik bisnis untuk melakukan transfer  dan menerima uang dengan menggunakan teknologi tanpa harus memiliki akun.

Jika kita melihat perkembangan terbarunya, bahkan semua ini bisa dilakukan melalui handphone. Bahkan UKM bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan aplikasi yang tepat dan smart phone.

3. Teknologi Pembayaran Secara Massal

apa itu crowdsourcing pengertian crowdsourcing - pinjaman p2p lending

Belakangan ini, dengan maraknya jaringan advertising yang luas dan bisnis berbasis internet, mereka sangat mengandalkan mitra dan afisiliasinya. Sebagai gantinya, perusahaan-perusahaan ini memerlukan pembayaran massal.

Ini bisa menjadi proses yang rumit karena perusahaan-perusahaan ini umumnya tersebar di luar negeri, sehingga harus menyesuaikan dengan semua peraturan dan birokrasi di negara-negara tersebut.

Baca Juga: Harapan OJK Terhadap Percepatan Inklusi Keuangan Lewat Teknologi

Dengan fintech, hal ini bisa dilakukan dengan mudah, tanpa ada kerumitan. Pembayaran pun dilakukan dengan keamanan yang terjamin, dengan menggunakan peraturan yang sama dengan bank, bahkan juga dilengkapi dengan aturan anti-teroris.

4. Fintech Dapat Mengecek Pembayaran

tips membeli secara pintar

Bagi UKM, menjaga proses keuangan bisa menjadi hal yang rumit dan menyita waktu. Dengan fintech, seluruh proses itu akan dilakukan online. Sehingga, dengan hitungan menit, UKM dapat mengatur segala proses keuangannya secara transparan dan efektif.

Baca Juga: Berapa Banyak Uang yang Seharusnya Ada di Rekening Bank Anda?

Bahkan di beberapa kasus, customer juga diuntungkan dengan adanya proses online. Ini menjadi win-win solution bagi customer dan bisnis tersebut.

5. Teknologi Memungkinkan Pembayaran Tagihan Semakin Mudah

kartu kredit

UKM mungkin saja merasa sulit untuk mengatur pembayaran tagihan setiap bulan atau setiap tahunnya. Pemilik bisnis mungkin menunda pembayaran hingga tanggal jatuh tempo untuk memudahkan cash operation, namun di saat yang bersamaan, pembayaran yang telat akan berakibat buruk untuk reputasi bagi perusahaan dan kegiatan pembayaran selanjutnya.

Baca Juga: Agar Keuangan Tetap Terkendali, Coba 5 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini

Banyak fintech membantu proses-proses tersebut. Mereka membantu dalam pengaturan untuk membayar tagihan tepat waktu. Terlebih lagi, pembayaran tagihan bisa dilakukan online dan tidak usah bersusah payah dengan menggunakan check dan amplop atau mencari stempel.

Sebagai UKM, penyedia layanan fintech bisa menjadi penyelamat dalam hal keuangan, pembayaran dan financial service lainnya. Bahkan semua hanya sejauh smartphone milik Anda. Namun, Anda sebagai pemilik UKM harus pintar memilih fintech yang tepat untuk bisnis Anda. (DN)

Contohnya saja KoinWorks, fintech peer to peer lending yang khusus dihadirkan untuk menghadirkan solusi pembiayaan, terutama pembiayaan bisnis online dengan bunga yang terjangkau, mampu menyediakan pinjaman modal usaha hingga Rp 500 juta tanpa jaminan dengan bunga cicilan per bulan mulai dari 0,75% hingga 1,67%.


Ajukan Pinjaman


Referensi

Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks




Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.