Cuan Otomatis Dengan Fitur Auto Purchase, Cara Kerjanya?

·
4 menit
Mengenal Fitur Auto Purchase di KoinP2P

Perkenalkan Auto Purchase! Apa dan Bagaimana? – Pada 2016, KoinWorks telah meluncurkan fitur Auto Purchase bagi para Pendana yang tergabung, guna memudahkan aktivitas pendanaan mereka.

Fitur Auto Purchase memungkinkan Pendana untuk mengalokasikan dananya ke berbagai pinjaman yang tersedia sesuai dengan kriteria pilihannya secara otomatis.

Fitur tersebut mendapat sambutan yang begitu luar biasa. Tercatat, mayoritas Pendana yang tergabung selain aktif memilih sendiri pinjamannya secara manual, juga tidak ingin ketinggalan menggunakan fitur Auto Purchase yang disediakan oleh KoinWorks.

Alhasil, tidak heran bila pinjaman yang terdapat di KoinWorks begitu cepat terdanai secara penuh. Nah, maraknya antusiasme seperti itu pun kemudian menginspirasi KoinWorks untuk meningkatkan kualitas dan performa dari fitur Auto Purchase yang sudah ada.

Hasilnya, sebagai perusahaan yang berkembang dengan inovasi yang tinggi, dengan ini KoinWorks pun merilis fitur Multi Auto Purchase, yang tentu saja sudah diperbaharui sedemikian rupa sehingga menjadi lebih canggih dan semakin bisa diandalkan oleh para Pendana.

Perkenalkan Fitur Auto Purchase! Apa Saja Fitur Kuncinya?

Fitur Multi Auto Purchase ini hadir dengan berbagai perbaharuan yang terhitung luar biasa dan inovatif. Adapun beberapa fitur kunci yang dimiliki antara lain:

1. Pendanaan Secara Real Time

Pada fitur Auto Purchase kali ini, sistem akan memotong saldo yang tersedia dan mendistribusikannya ke pinjaman secara real time tanpa adanya delay apapun.

Ketentuannya adalah sebagai berikut.

Melalui fitur ini, bagi kamu yang baru saja mengaktifkan auto purchase terhitung sejak bulan Juni 2020, secara otomatis sistem kami akan mendistribusikan dana pinjaman yang tersedia di marketplace sesuai dengan preferensi kriteria pada Auto Purchase yang telah ditentukan.

Dengan catatan, sistem kami akan memastikan bahwa kamu belum pernah melakukan pembelian dengan kode pinjaman yang sama. Hal ini untuk mencegah pembelian berganda (double) pada portofoliomu.

Jadi, jika kamu baru saja mengaktifkan Auto Purchase dan saldo kas kamu berkurang, jangan khawatir karena itu berarti Auto Purchase telah “bekerja” mendistribusikan dana kamu ke pinjaman sesuai dengan kriteria Auto Purchase-mu.

Nah, sedangkan bagi kamu yang sudah mengaktifkan Auto Purchase sebelum bulan Juni 2020, Auto Purchase akan bekerja dengan cara yang berbeda. Di mana pengalokasian dana kamu akan dilakukan oleh sistem kami sebelum pinjaman ditampilkan di marketplace.

Dari sini, sudah paham perbedaan pengguna baru dan pengguna lama dari Auto Purchase, kan?

Adapun besaran jumlah pendanaan di setiap pinjaman, akan disesuaikan dengan maksimum dana per pinjaman yang sudah kamu tentukan sebelumnya

Selengkapnya tentang Auto Purchase, bisa dilihat pada artikel di bawah.

Panduan KoinP2P #2: Mengenal Fitur Auto Purchase di KoinP2P

2. Pendanaan Secara Merata

Setiap Pendana yang mengaktifkan fitur Auto Purchase-nya akan kebagian pendanaan. Penjelasan perbandingannya seperti ini.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengetahui Progres Pinjaman yang kamu Danai di KoinWorks?

Misalnya, bila di Auto Purchase sebelumnya terdapat 3 Pendana yang mengaktifkan fitur Auto Purchase dengan dana yang dialokasikan secara berurutan masing-masing sebesar:

  • Pendana A = Rp 7.000.000
  • Pendana B = Rp 3.000.000
  • Pendana C = Rp 500.000

dan ada satu pinjaman yang terbit ke dalam platform dengan nominal pinjaman Rp10.000.000. Dalam kasus ini, Pendana A dan B akan kebagian pendanaan karena total dana keduanya mampu memenuhi nominal pinjaman Rp10.000.000, sedangkan Pendana C tidak kebagian.

Selain itu, Pendana yang tidak mengaktifkan fitur Auto Purchase-nya dan berniat mendanai secara manual tidak akan berkesempatan mendanai pinjaman karena nominal pinjaman telah terpenuhi.

Nah, di fitur Multi Auto Purchase yang baru ini, setiap Pendana dapat mendanai yang dimiliki, baik yang mengaktifkan fitur Auto Purchase-nya maupun yang tidak.

Fitur Auto Purchase, bila diakumulasikan, hanya akan memenuhi 50% dari total nominal pinjaman yang terdapat di dalam platform. Semuanya dibagi rata bagi setiap Pendana yang mengaktifkan fitur ini.

Karena hanya akan memenuhi 50% dari suatu pinjaman saja, Pendana yang lebih senang mendanai secara manual pun tentu berkesempatan untuk mendanai yang dimiliki demi memenuhi 50% sisa dana pinjaman. Hal ini tentu lebih adil, bukan?

Sudah mengerti di mana perbedaannya?

3. Multi Auto Purchase dengan Multi Parameter

Sesuai dengan namanya, Multi Auto Purchase ini memungkinkan Pendana untuk membuat sistem auto bid-nya sendiri hingga 5 parameter. Contoh, apabila kamu ingin mengalokasikan Rp30.000.000 hanya untuk Pinjaman Bisnis dengan grade B dan dengan tenor 6 bulan.

Di sisi lain, kamu juga ingin mendanai pendidikan Rp25.000.000 khusus untuk Pinjaman Pendidikan grade A dengan tenor 12 bulan. Begitu seterusnya.

Hal menarik lainnya adalah kini kamu bisa menggunakan Auto Purchase hingga 5 parameter. Menarik, bukan?

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Multi Auto Purchase?

Sejauh ini, kami yakin kamu sudah sangat penasaran dan tertarik untuk segera menggunakan fitur Auto Purchase yang baru. Penasaran bagaimana cara menggunakannya? Ikuti tutorial berikut:

Cara Menggunakan Fitur Multi Auto Purchase

Yuk, lihat video di bawah!

 

Penting Diingat!

Melalui fitur ini, kamu yang baru saja mengaktifkan auto purchase saat ini, akan otomatis mendistribusi dana pinjaman tersedia di marketplace yang kriterianya sesuai dengan parameter yang sudah ditentukan.

Dengan catatan, kamu belum pernah membeli pinjaman tersebut sebelumnya. Hal ini dilakukan supaya portofolio kamu nantinya tidak dobel.

Jadi, jika kamu baru saja mengaktifkan Auto Purchase, dan saldo kas kamu berkurang, jangan khawatir karena itu berarti Auto Purchase telah “bekerja” mendistribusikan dana kamu ke pinjaman sesuai kriteria yang belum ada di portofolio kamu.

Nah, sedangkan bagi kamu yang sudah existing atau sebelumnya telah mengaktifkan Auto Purchase, Auto Purchase baru akan langsung mendistribusikan dana begitu pinjaman yang sesuai dengan parameter yang kamu inginkan terbit di marketplace KoinP2P.

Adapun untuk besaran jumlah pendanaan di setiap pinjaman, akan disesuaikan dengan maksimum dana per pinjaman yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Apabila kamu ingin berinvestasi ke pinjaman dengan tenor di bawah 6 bulan, maka kamu harus mencentang pada pinjaman Lumpsum.

Bagaimana menurut kamu? Silakan manfaatkan fitur ini dengan baik dan tentunya akan memudahkan kamu dalam mendanai pinjaman. Selamat mencoba!

Baca Panduan Lengkapnya: Panduan KoinP2P #2: Mengenal Fitur Auto Purchase di KoinP2P

Ingin menghitung keuntungan bunga hasil efek compounding pada pendanaan kamu di KoinWorks? Dengan bunga keuntungan rata-rata 18%, silakan hitung bunga keuntungan kamu dalam jangka panjang menggunakan kalkulator di bawah ini:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih