5 Alasan Anda Tidak Boleh Fokus Hanya Pendidikan Tinggi Saja – Agar bisa mendapatkan peluang dan kesempatan kerja yang lebih besar, memang diperlukan pendidikan tinggi yang harus Anda ikuti.

Namun, hal tersebut bukanlah fokus utama yang menentukan kesuksesan dan keberhasilan Anda di masa depan. Ada banyak faktor lain yang perlu Anda pertimbangan dan lakukan agar bisa sukses dalam pekerjaan dan kehidupan di masa depan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang 5 hal lain yang perlu dilakukan dan alasan mengapa Anda jangan hanya fokus pada pendidikan tinggi saja.

Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

5 Alasan Anda Tidak Boleh Fokus Pada Pendidikan Tinggi Saja

1Pendidikan Tinggi Tidak Selalu Relevan dengan Pekerjaan Anda di Masa Depan

5 Cara Menggunakan Gestur Tangan Saat Sedang Presentasi, Ini Cara Memulainya! (5) - 5 Alasan Introvert Bisa Menjadi Pemimpin Bisnis yang Luar Biasa - berteman dengan kompetitor

Ini dia alasan pertama mengapa Anda tidak boleh hanya fokus pada pendidikan tinggi saja. Jika Anda berpikir bahwa gelar pendidikan tinggi merupakan persyaratan utama dalam mencari pekerjaan, maka mulailah memperbaiki pola pikir seperti ini.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa hanya sekitar 27% saja lulusan perguruan tinggi yang bekerja di bidang yang berhubungan dengan jurusan mereka saat berkuliah.

Itu artinya, ada sekitar 73% lulusan perguruan tinggi yang bekerja pada lingkup di luar jurusan perkuliahan mereka.


2Ada Banyak Pekerjaan yang Berpendapatan Tinggi dan Tidak Membutuhkan Gelar Sarjana

meeting kerja kantor pemimpin manajer

Saat Anda mengambil jurusan bisnis, hukum, dan kedokteran mungkin saja Anda berpikir bahwa di masa depan akan bekerja menjadi seorang pengacara, dokter, atau pengusaha.

Hal yang tidak Anda pahami dengan baik adalah semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pengusaha dan tidak perlu gelar sarjana yang tinggi, di mana orang yang langsung melakukan bisnis di lapangan bisa jadi memiliki pengetahuan praktikal yang lebih mumpuni daripada Anda yang berkuliah teori di jurusan bisnis.

Tidak hanya itu saja, Anda juga tidak perlu belajar ilmu politik agar bisa masuk ke pemerintahan dan tidak perlu berkuliah bahasa inggris untuk menguasai kemampuan bahasa inggris dengan baik.

Dunia kerja membutuhkan etika dan sikap melebihi gelar pendidikan tinggi yang Anda sandang di masa depan.


3Pengalaman yang Anda Miliki Jauh Lebih Dipertimbangkan Oleh Orang Lain

guru-dosen-belajar-mengajar - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda - Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui Soal Bahasa Tubuh

Hal penting selanjutnya yang perlu Anda pahami dengan baik adalah pengalaman yang telah Anda lalui jauh lebih dipertimbangkan daripada gelar sarjana yang dimiliki.

Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan untuk mengikuti magang di perusahaan, terlibat dalam organisasi mahasiswa, dan menjadi sukarelawan di bidang yang Anda suka.

Pengalaman yang Anda miliki dan dicantumkan di dalam CV akan memberi tahu para pemberi kerja bahwa Anda termasuk orang yang senang terlibat, bersemangat, dan memiliki motivasi tinggi.


4Soft Skill adalah Hal Utama yang Penting di Dunia Pekerjaan

guru-les-privat-5 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Guru - 5 Jurusan Kuliah Favorit yang Akan Dibutuhkan 2020 Mendatang! - sekolah luar biasa

Kemampuan teknik yang Anda miliki mungkin saja menjadi pertimbangan utama oleh para pemberi kerja atau perusahaan.

Namun, mereka juga pasti akan mempertimbangkan softskill dan sikap yang Anda miliki. Soft skill yang kami maksudkan disini ada banyak sekali bentuknya, seperti kemampuan belajar dengan cepat, responsif terhadap tugas yang diberikan, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi dengan baik, dan lain sebagainya.

Bagaimana untuk melatih softskill agar bisa menjadi lebih baik?

Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti pendidikan non-formal atau kursus yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan softskill. Anda bisa mengambil kursus public speaking, leadership, dan lain sebagainya.

Jika Anda khawatir dengan biaya pendidikan yang tinggi, maka KoinPintar bisa menjadi solusi praktis yang bisa digunakan.

KoinPintar menawarkan pinjaman dana pendidikan yang bisa dicicil sampai dengan 12 bulan lamanya. Selain itu, Anda juga tidak akan dibebankan dengan bunga yang tingi, karena KoinPintar menawarkan suku bunga rendah mulai dari 9% per tahun.

Hal yang memudahkan adalah proses pengajuan dan pengiriman persyaratan pinjaman dana bisa Anda lakukan secara online di mana saja.

Mulai saat ini, bekali diri Anda dengan pendidikan yang terbaik dan bisa membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang lebih baik.


5Memiliki Jaringan yang Tepat

Faktor selanjutnya yang menentukan keberhasilan dan kesuksesan Anda di masa depan adalah jaringan dan hubungan dengan orang yang tepat.

Anda bisa saja memilih jurusan yang berpotensi mendapatkan pekerjaan yang bergaji tinggi, memiliki nilai yang baik, dan lulus dengan nilai yang sempurna. Namun, jika tidak ada jaringan yang solid kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang diinginkan akan hilang.

Jika orang lain tidak mengetahui siapa diri Anda, maka orang tidak akan peduli seberapa pintar dan hebat Anda di perkuliahan. Hal inilah yang membuat mengapa memiliki jaringan yang tepat merupakan salah satu syarat agar Anda bisa sukses di dalam bidang pekerjaan yang diinginkan.

Anda bisa memulai membangun jaringan dan berhubungan baik dengan dosen dan profesor di tempat Anda menempuh pendidikan.

Kami berharap penjelasan di atas bisa menambah wawasan dan menginspirasi Anda semua.

Semoga berhasil dengan pekerjaan yang diinginkan!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.