Mengapa Kita Tidak Boleh Hanya Fokus Pada Satu Keterampilan? – Banyak sekali orang yang mendefinisikan seorang ahli sebagai orang yang sangat fokus dalam satu bidang dan mencurahkan banyak waktu mereka untuk memperluas pengetahuan dalam keterampilan khusus yang dimiliki.

Melakukan latihan yang berulang dianggap sebagai cara terbaik untuk menjadi orang yang berbakat dan berpengetahuan di satu bidang.

Tapi benarkah demikian?

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas tentang pentingnya menambah pengetahuan dan keterampilan agar bisa berkembang di masa depan.

Simak penjelasannya di bawah ini.

Benarkah Terlalu Fokus Pada Satu Keterampilan Itu Penting Dilakukan?

kerja online fokus - Belajar dan Bekerja dengan Optimal Menggunakan Metode 90 Menit, Mau Mencobanya? - 7 Teknik Menjadi Pembelajar Cepat, Dapatkan Pengetahuan dengan Mudah!

Saat Anda fokus terlalu lama dalam satu area, sebenarnya Anda telah menghentikan dari membuka diri ke pemikiran, perspektif, dan mata pelajaran yang berbeda. Hal ini bisa terjadi karena saat Anda fokus pada bidang tertentu, maka semua energi dan konsentrasi akan berada pada satu objek saja.

Hal di atas membuat stimulasi yang diperlukan agar bisa membantu Anda berpikir dengan cara baru dan berbeda bisa terhalang.


Bagaimana Proses Pembelajaran yang Efektif?

belajar-buku-pendidikan-kuliah - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda

Pembelajaran yang efektif dan menjadi seorang ahli tidak sepenuhnya berfokus pada satu keterampilan saja. Ada banyak ahli yang menggunakan keterampilan yang mereka kuasai di area yang berbeda.

Contohnya saja Paul Graham yang merupakan seorang ilmuwan komputer Inggris yang memiliki keterampilan utama teknik.

Paul Graham mampu berhasil menjadi seorang wirausahawan dan juga penulis. Ia juga telah membantu banyak perusahaan terkenal seperti DropBox dan Airbnb menulis puluhan artikel tentang berbagai topik.

Baca juga: 4 Bahasa yang Paling Menguntungkan Untuk Dipelajari

Rahasia kesuksesan dari Paul Graham adalah ia mampu menggunakan keahlian tekniknya untuk digunakan memecahkan masalah dan menyarankan solusi untuk bisnis.

Kunci utama dari seorang ahli adalah kemampuan Anda menemukan hubungan antara kerangka keahlian yang dimiliki dengan bidang lain untuk selanjutnya menerapkan konsep tersebut pada hal yang  baru.

Dengan melakukan hal ini, maka Anda bisa menciptakan solusi baru dan membantu Anda untuk mempraktekkan keahlian pada saat yang bersamaan.


Belajar Memanfaatkan Keterampilan Dasar Agar Menjadi Sosok Ahli

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - Bagaimana Cara Mengingat Materi Pelajaran dengan Efektif?

Mari kita melihat Steve Jobs yang tidak hanya membatasi dirinya dengan ilmu komputer, dimana ia terus berusaha menambah nilai keahlian yang dimiliki.

Steve Jobs sadar bahwa komputer tidak boleh hanya sebagai alat, tetapi sangat berpotensi untuk dirancang dengan indah dan modis. Menggabungkan dua konsep seperti contoh di atas melahirkan MacBook yang akhirnya bisa berhasil melampaui pesaing mereka.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa menjadi ahli dan fokus pada satu keterampilan itu sangat penting untuk keberhasilan dasar.

Baca juga: 4 Tips Meeting Sukses ala Steve Jobs, Yuk Lakukan Kepemimpinan Efektif!

Namun, apa yang bisa membuat Anda bertumbuh dan sukses adalah membiarkan diri Anda mempelajari hal-hal baru yang mampu menstimulasi pemikiran dan ide.

Itu artinya menjadi seorang ahli adalah tentang menggabungkan ide-ide yang akan membantu Anda menciptakan solusi inovatif.

Kuncinya adalah teruslah mempelajari sesuatu yang baru dan teruslah belajar hal baru yang tidak Anda ketahui.

Dengan melakukan hal seperti ini, maka Anda akan terus bertumbuh dan berpotensi menciptakan jalur baru yang bisa membawa Anda ke kesuksesan yang baru.

Salah satu langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah teruslah belajar dengan mengikuti sebuah workshop, pendidikan, atau sekedar pelatihan non-formal. Metode pembelajaran seperti ini akan membawa Anda terus berkembang dan tumbuh di masa depan.

Baca juga: Lakukan 5 Langkah Ini Jika Ingin Mendapatkan Promosi dan Perkembangan Karier

Bagaimana dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan? Tenang saja, saat ini telah ada solusi pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan oleh KoinPintar.

KoinPintar menawarkan pinjaman dana pendidikan dengan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Hal yang tidak kalah penting adalah pinjaman yang telah Anda ambil bisa diangsur sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayarkan biaya pendidikan secara langsung di muka.

Tidak hanya itu saja, setiap bunga dan beban yang ada akan diinformasikan secara transparan kepada Anda dan tidak ada yang disembunyikan. Dengan demikian, Anda tidak akan mendapatkan beban bunga yang tiba-tiba bertambah atau suku bunga yang bertambah.

Baca juga: 7 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Anda Membutuhkan Pelatih Atau Guru

Dengan adanya kemudahan di atas, maka Anda tidak perlu lagi khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal untuk meningkatkan keterampilan yang dimiliki saat ini.

KoinPintar memiliki tujuan utama untuk membantu seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan.

Kami berharap penjelasan di atas bisa memberikan banyak manfaat dan menginspirasi Anda semua yang telah membacanya.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.