Saat Investasi Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?ย – Sama seperti berbisnis, investasi juga memiliki risiko yang cukup tinggi. Namun di balik semua risiko itu, sebenarnya investasi adalah salah satu cara terbaik untuk memperkuat kondisi keuangan kita di masa depan.

Tetapi kenyataannya, kenyataan tidak selalu berbuah manis, kegagalan pasti ada dalam praktik investasi, kegagalan seperti ini tentu bisa dialami siapa saja, bahkan hingga orang yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi sekali pun.

Baca Juga: 3 Profil Risiko Investor Berdasarkan Karakter Spider-Man: Far From Home!

Dalam kondisi gagal investasi ini, hal yang perlu diperhatikan adalah Anda sebagai seorang investor dilarang untuk bersikap panik dan stress. Tenangkan diri Anda, karena sebenarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan ketika mengalami gagal investasi agar kondisi Anda tidak semakin terpuruk.

Lalu, apa saja cara dan langkah yang harus dilakukan saat mengalami gagal investasi? Simak infonya di bawah ya!


Saat Investasi Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?

1Ambil Keputusan dengan Tenang

keputusan-tenang-santai-berani-berpikir-Saat Investasi Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?

Saat mengalami gagal investasi, banyak orang yang biasanya mengalami kepanikan. Hal ini wajar, apalagi jika Anda mengalami kerugian yang sangat besar karena investasi tersebut.

Tapi Anda harus tetap ingat bahwa keputusan yang Anda buat harus diambil dalam keadaan tenang dan tidak terburu-buru.

Baca Juga: Sukses Besar, Ini 3 Tips Investasi yang Bisa Diambil dari Film Parasite!

Keputusan yang diambil secara terburu-buru malah berisiko untuk mengalami kegagalan yang sama dan membuat keputusan investasi semakin buruk.


2Cari Masalah Utamanya

mencari-teliti-masalah-melihat-Saat Investasi Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?

Setelah Anda bersikap lebih tenang, yang perlu Anda lakukan adalah mencari akar dari permasalahan gagalnya investasi tersebut.

Berikanlah diri Anda waktu untuk memikirkan penyebab kegagalan investasi Anda tersebut. Lakukan investigasi secara mendalam terhadap sumber masalahnya. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda akan lebih mudah dalam membuat keputusan untuk solusi kegagalan investasi tersebut.


3Jangan Takut Konsultasi dan Belajar Kembali

Jangan takut untuk berkonsultasi tentang kegagalan Anda kepada ahlinya atau kepada orang yang terlibat dalam kegiatan investasi Anda.

Dengan berkonsultasi kepada orang-orang tersebut, harapannya adalah agar Anda mendapat pelajaran yang lebih detail dan bermanfaat untuk menghindari kegagalan investasi di kemudian hari.


4Cari Bentuk Instrumen Investasi Lainnya

Saat Investasi Gagal, Apa yang Harus Dilakukan? - Tertarik Investasi, tapi Gaji Pas-Pasan? Intip 5 Strateginya!

Jika ada satu instrumen investasi Anda yang gagal, jangan trauma dan takut untuk berinvestasi lagi. Jika saham Anda merugi, masih banyak instrumen investasi lainnya.

Baca Juga: Mau Lebih Percaya Diri Saat Berinvestasi Emas? Yuk, Belajar dari 3 Artikel Ini!

Cobalah bentuk investasi seperti emas, reksadana, atau Peer-to-Peer Lending seperti KoinWorksย yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK.

Hanya dengan Rp 100.000 saja Anda sudah bisa mulai mendanai di aplikasi yang sudah dipakai oleh lebih dari 300.000 user di Indonesia. Bagaimana keuntungannya? Jangan takut, karena Anda berkesempatan untuk mendapatkan bunga mulai dari 18% per tahunnya. Menarik ya?


5Tetap Semangat dan Jangan Menyerah

Saat Investasi Gagal,semangat-tidak menyerah-perjuangan-berjuang- Apa yang Harus Dilakukan? - berpikir positif

Terakhir, hal yang perlu Anda lakukan adalah terus semangat dan jangan menyerah untuk mencoba investasi kembali.

Untuk berhasil dalam investasi memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sama seperti berbisnis, berinvestasi juga butuh perjuangan dan proses yang luar biasa. Jangan pernah berputus asa saat mengalami kegagalan, pastikan Anda selalu bangkit dan bangkit kembali untuk mencapai tujuan investasi Anda.

Itu dia tadi beberapa cara yang bisa dilakukan ketika investasi Anda gagal. Intinya, seburuk apapun hasil investasi Anda saat ini, jangan pernah menyerah untuk mencobanya lagi dan lagi, karena kesuksesan butuh perjuangan dan pengorbanan.

Baca Juga: Tas Mewah Jadi Investasi Masa Depan? Memang Bisa?


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.