5 Gaya Hidup Hemat Biaya yang Bisa Meningkatkan Harapan Hidup Anda – Menjalani gaya hidup sehat seringkali diabaikan oleh mereka yang masih muda dan merasa tidak perlu melakukannya.

Padahal menjaga kesehatan adalah investasi yang tidak ternilai harganya dan perlu dilakukan sejak masih muda

Menjalani gaya hidup sehat tidak harus selalu mengeluarkan banyak biaya, bahkan bisa dilakukan secara gratis. Berikut ini 5 gaya hidup hemat biaya yang terbukti bisa meningkat harapan hidup seseorang.

5 Gaya Hidup Hemat Biaya yang Bisa Meningkatkan Harapan Hidup Seseorang

1Tidur yang Berkualitas

kesuksesan bisnis katy perry - tidur

Banyak orang kekurangan tidur atau melewati waktu istirahat karena ingin mengejar pekerjaan yang dianggap sangat penting.

Padahal dalam sebuah studi terbukti ada hubungan antara kualitas tidur dengan harapan hidup seseorang.

Studi tersebut dilakukan pada 2007 yang lalu di University College London Medical School dan menemukan bahwa tidur kurang dari 6 jam per malam bisa meningkatkan resiko kematian sebesar 12%.

Studi tersebut diikuti oleh orang dewasa yang berusia 25 – 60 tahun.

Oleh karena itu, mulailah membiasakan diri untuk tidur 7 sampai 8 jam setiap malam untuk membantu Anda mengurangi tingkat stres dan meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.


2Makan Sehat

Lakukan 5 Aktivitas Ini dan Asah Otak Menjadi Lebih Sehat

Menjalani diet sehat adalah salah satu faktor terpenting agar kesehatan tubuh Anda terjaga.

Sebagai contohnya saja, para penduduk yang tinggal di Okinawa, Jepang memiliki harapan hidup mencapai 81 tahun yang merupakan harapan hidup tertinggi di dunia saat ini.

Hal tersebut dapat terjadi karena para penduduk yang tinggi disana memilih untuk diet sehat seperti makan sayuran, kacang-kacangan, diet rendah daging, dan rendah gula.


3Lakukan Olahraga Secara Rutin

Rasakan 8 Manfaat Bersepeda Ini untuk Anda yang Ingin Berhemat

Gaya hidup dan tuntutan pekerjaan membuat banyak orang menghabiskan waktu terlalu lama untuk duduk dan sangat jarang berolahraga. Padahal membiasakan diri berolahraga teratur akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca juga: 4 Money Move yang Bisa Dilakukan Saat Akhir Pekan, Jangan Hanya Bermalasan di Rumah!

Pernyataan di atas didukung oleh studi yang dilakukan pada tahun 2005 oleh Erasmus M.C. University Medical Center di Rotterdam dan menemukan bahwa orang paruh baya yang bekerja keras setiap hari setara dengan berlari selama 30 menit per hari.

Mereka juga memiliki harapan hidup 4 tahun lebih lama dari mereka yang tidak berolahraga.


4Mengurangi Stres

8 Manfaat Tak Terduga Saat Mempelajari Instrumen Musik

Sebuah studi dilakukan pada tahun 2007 yang lalu oleh Ohio State University dengan meneliti anak-anak dan pasangan yang merawat anggota keluarga dengan penyakit Alzheimer.

Baca juga: Ini Dia 9 Pengeluaran yang Menghemat Isi Dompet Anda!

Stres yang didapatkan karena memberikan perawatan penuh ternyata bisa mempersingkat kehidupan mereka antara 4 sampai 8 tahun.

Menghindari stres sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, sebab Anda hanya perlu mengevaluasi apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan hidup.

Misalnya saja dengan memiliki keseimbangan antara waktu kerja dan waktu untuk beristirahat atau melakukan meditasi dan berolahraga dengan rutin.


5Hentikan Kebiasaan Merokok

berhenti merokok bisa hemat

Merokok tidak hanya menghabiskan uang, tetapi juga akan mengurangi usia Anda dan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Mulailah mengalihkan kebiasaan merokok dengan hobi lain yang lebih hemat dan sehat.

Baca juga: 5 Sikap Konservatif yang Bisa Merugikan Keuangan di Masa Depan

Daripada uang hanya dihabiskan untuk membeli rokok, lebih baik Anda manfaatkan untuk berinvestasi.

Investasi yang dilakukan sejak saat ini akan sangat membantu kebutuhan Anda di masa depan, misalnya saja untuk dana pendidikan anak, dana membeli rumah, atau dana untuk berlibur bersama keluarga.

Mulailah dengan menyisihkan uang sebesar Rp100.000 dan membiasakan diri berinvestasi di KoinWorks. Meskipun modal investasi sangat terbatas, tetapi potensi imbal hasil yang bisa diperoleh mencapai 21% per tahun.

Lebih baik dilakukan daripada membeli rokok bukan?

Mulai hari ini Anda harus membiasakan diri menjalankan gaya hidup yang lebih baik, mulailah dengan menghentikan kebiasaan merokok, tidur yang berkualitas, hindari stres yang berlebihan, dan membiaskan diri berolahraga dengan rutin setiap hari.

Semoga bermanfaat!

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.