Yuk, Ubah Gaya Hidup Anda Agar Lebih Ramah Lingkungan! – Anda terbiasa naik kendaraan pribadi kemana pun Anda pergi? Atau Anda memiliki hobi berbelanja banyak hal untuk memenuhi keinginan Anda yang padahal itu tidak terlalu penting?

Memang sulit membatasi suatu kebutuhan atau keinginan. Kalau bisa dipenuhi, ya penuhi saja. Namun, di samping itu, Anda telah melupakan satu hal.

Sesuatu yang Anda lakukan itu sebenarnya telah mempengaruhi kehidupan orang lain di sekitar Anda. Entah #PengaruhBaik atau justru lebih buruk.

Baca juga: 5 Cara Cepat Menabung Bersama Pacar Untuk Modal Nikah

Mungkin beberapa dari Anda pernah memikirkan dari mana asal makanan yang Anda makan, serta dari mana asal bahan bakar yang Anda pakai berkendara setiap hari. Tentu saja, semuanya itu berasal dari sumber daya yang ada di bumi ini.

Lalu, bagaimana jika sumber daya tersebut habis karena dipakai berlebihan? Wah, pasti berdampak besar bagi seluruh makhluk hidup ya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengubah gaya hidup Anda supaya lebih ramah lingkungan. Sehingga dapat memberi banyak #PengaruhBaik bagi orang lain di sekitar Anda, baik secara langsung ataupun tidak.


Yuk, Ubah Gaya Hidup Anda Agar Lebih Ramah Lingkungan!

1Minimalisir Sampah yang Anda Buang

Yuk, Ubah Gaya Hidup Anda Agar Lebih Ramah Lingkungan!
Photo by Jilbert Ebrahimi on Unsplash

Cara pertama ini merupakan cara sederhana yang harus bisa Anda lakukan. Penerapan sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dianggap sebagai solusi terbaik untuk pengelolaan sampah dalam rangka ‘ramah lingkungan’.

Reduce berarti mengurangi sampah yang Anda hasilkan sehari-hari, yaitu dengan mengurangi pembelian produk berbahan plastik dan menggantinya dengan produk berbahan kayu/bambu yang mudah terurai.

Reuse berarti membeli barang yang bisa digunakan berulang kali dalam waktu yang lama. Misalnya dengan membeli pulpen yang bisa diisi ulang, menggunakan tas kain untuk belanja, atau memanfaatkan baju/celana bekas sebagai alat pembersih lantai.

Terakhir adalah Recycle, yang berarti mendaur ulang sampah plastik atau barang bekas lainnya yang tidak bisa terurai, menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan kembali.


2Optimalisasi Penggunaan Air

Yuk, Ubah Gaya Hidup Anda Agar Lebih Ramah Lingkungan!
Photo by bruce mars on Unsplash

Siapapun tidak akan bisa lepas dari air yang biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mencuci, mandi, memasak, hingga menyiram tanaman. Namun, alangkah lebih baiknya, penggunaan air ini lebih diminimalisir sesuai kebutuhan Anda.

Anda bisa memanfaatkan air bekas mencuci buah atau sayur untuk menyiram tanaman, atau memanfaatkan air hujan untuk mencuci kendaraan Anda. Selain itu, mandilah menggunakan shower atau gayung, itu lebih hemat air daripada berendam di bathtub.

Kini, banyak produk cuci pakaian yang mendukung penghematan air, seperti produk mencuci pakaian sekali bilas. Serta masih banyak cara lainnya untuk mengoptimalisasi penggunaan air di rumah Anda.


3Hitung Pemakaian Energi di Rumah Anda

Ikuti Langkah Sukses Ini dalam Menjalankan Ide Bisnis Kreatif Anda!
Photo by Riccardo Annandale on Unsplash

Teknologi semakin canggih, pemanfaatan energi di berbagai situasi pun kian meningkat. Jumlahnya bahkan melebihi batas normal dari kenormalan pemakaian energi.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan Kalkulator Energi Rumah TanggaΒ yang dikembangkan oleh Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE. Dengan kalkulator ini, Anda bisa menghitung besarnya biaya energi yang setiap hari Anda gunakan.

Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikannya, agar penggunaan energi di rumah Anda lebih efisien dan hemat biaya.


4Hitung Jejak Karbon yang Anda Gunakan

Yuk, Ubah Gaya Hidup Anda Agar Lebih Ramah Lingkungan!
Photo by Olia Nayda on Unsplash

Yang dimaksud jejak karbon adalah banyaknya jumlah emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari aktivitas manusia, seperti penggunaan listrik, penggunaan kendaraan bermotor, dan semacamnya.

Anda bisa memakai Kalkulator Jejak Karbon (oleh IESR) yang disesuaikan dengan kondisi dari pola konsumsi masyarakat terhadap energi dan gaya hidupnya.

Perhitungannya adalah dengan mengalikan besaran aktivitas dan faktor emisinya, yang kemudian disesuaikan dengan profil pasokan energi di negeri ini.


5Hijaukan Lingkungan Rumah Anda

Yuk, Ubah Gaya Hidup Anda Agar Lebih Ramah Lingkungan!
Photo by Markus Spiske on Unsplash

Buat lingkungan rumah Anda menjadi hijau. Ini adalah salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan merujuk pada kegiatan ramah lingkungan.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh untuk Investasi Masa Tua Anda

Manfaatkan halaman rumah Anda untuk ditanami tumbuhan hijau. Selain untuk estetika, secara tidak langsung Anda telah membawa #PengaruhBaik dalam kegiatan konservasi air skala rumah tangga dan juga mengurangi risiko terjadinya banjir.


Selain dalam hal aktivitas ramah lingkungan, Anda juga bisa memberi #PengaruhBaik bagi orang lain yang tengah menjalani bisnis/UMKM yaitu dengan cara menjadi pendana di KoinWorks.

KoinWorks merupakan perusahaan fintech yang menerapkan sistem P2P Lending, di mana pendana berkesempatan untuk mendanai berbagai UMKM di Indonesia. Sebagai pendana, Anda juga berhak mendapat imbal hasil mulai dari 18% – 21.32% per tahun.

Hanya dengan Rp100.000 (berlaku kelipatannya), Anda bisa mulai mendanai sekaligus menabung untuk memenuhi kebutuhan Anda di masa mendatang. Tidak perlu khawatir, KoinWorks ini sudah terdaftar secara resmi dan diawasi langsung oleh OJK.

Yuk, jadikan KoinWorks sebagai alternatif investasi Anda yang dapat membawa #PengaruhBaik bagi orang lain di sekitar Anda!



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.