Investor Pemula Wajib Tahu 5 Hal Umum tentang Investasi Saham Ini! – Selamat! Anda telah memutuskan hal yang benar untuk kelangsungan keuangan masa depan Anda.

Ya, melakukan investasi bisa dibilang wajib dilakukan sedini mungkin, karena menabung saja tidaklah cukup untuk menghadapi inflasi yang terus menggerus nilai mata uang setiap tahunnya.

Selain itu, tujuan-tujuan keuangan Anda di masa depan, bisa diwujudkan dengan melakukan investasi sedini mungkin.

Nah, sebagai investor pemula Anda tidak perlu khawatir dengan kebingungan yang melanda. Sebelum masuk lebih dalam, Anda wajib ketahui 5 hal umum tentang investasi saham ini. Yuk, disimak!

Baca Juga: 3 Profil Risiko Investor Berdasarkan Karakter Spider-Man: Far From Home!


Investor Pemula Wajib Tahu 5 Hal Umum tentang Investasi Saham Ini!

1Saham Itu Investasi Jangka Panjang

Investor Pemula Wajib Tahu 5 Hal Umum Tentang Investasi Saham Ini! - jenis investasi jangka panjang

Ini dia hal umum tentang investasi saham yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda memutuskan untuk mulai investasi,  patut disadari bahwa hasilnya tidaklah instan. Bahkan, beberpa instrumen baru akan terlihat hasilnya jika dilakukan secara bertahun-tahun.

Sebenarnya tidak masalah jika Anda ingin investasi jangka pendek, ada kok instrumen yang sesuai dengan keinginan tersebut.

Namun, lain urusannya dengan investasi saham karena instrumen ini termasuk investasi jangka panjang.

Memang, ada sebagian orang yang main saham dalam jangka pendek, biasanya disebut trading. Namun, bagi investor pemula seperti Anda harus menggali lagi ilmu tentang saham lebih dalam, karena jika tidak bukan tidak mungkin Anda malah merugi.

Baca Juga: 5 Cara Investasi Saham ala Warren Buffett, Yuk Jadi Investor yang Andal!

Bagi investor pemula, mulailah dulu dengan pelan-pelan. Anda bisa beli saham secara konsisten. Misalnya, bulan ini beli satu lot lalu bulan berikutnya satu lot lagi, dan seterusnya.

Tentunya, jika dilakukan dalam waktu panjang, katakanlah 5 tahun, pasti keuntungan yang didapatkan juga banyak.


2Beli-Jual Saham Sesuai Keadaan Pasar

Investor Pemula Wajib Tahu 5 Hal Umum Tentang Investasi Saham Ini! - jenis saham

Hal umum lainnya yang harus investor pemula tahu adalah waktu yang pas membelinya. Harga saham itu cenderung fluktuatif alias naik turun, dan tak ada jaminan kapan naik atau turunnya harga saham. Hari ini naik, besok bisa saja turun drastis.

Namanya melakukan investasi, tentunya Anda inging mendapat untung, dong. Nah, di dunia saham sama seperti investasi lainnya, Anda bisa membeli saat harga pasar sedang turun. Lalu, saat harganya sedang melonjak naik, Anda bisa menjualnya.

Baca Juga: Mengenal Analisis Fundamental Pada Saham

Bagaimana dengan waktunya? Karena cenderung fluktuatif, tidak ada yang tahu kapan harganya naik atau turun. Jadi, yang bisa lakukan cukup bersabar dan terus menganalisis kondisi pasar.

Rajin-rajinlah Anda melihat kondisi pasar, bagaimana pertumbuhan bisnis dari perusahan yang mau dibeli sahamnya, lalu cek laporan keuangannya, dan juga sentimen apa yang mengelilingi perusahaan itu.

Tak hanya itu, Anda juga harus melihat ke belakang minimal 5 tahun dari sekarang, bagaimana grafik pertumbuhan dari saham perusahaan tersebut, cenderung turun ataukah naik.


3Adanya Keuntungan Tambahan dari Dividen

4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula

Hal umum tentang investasi saham yang perlu Anda tahu adalah soal dividen. Bukan hanya mendapatkan keuntungan dari penjualan saja, lho, Anda juga bisa meraup untuk dari dividen yang diberikan perusahaan.

Belum tahu apa itu dividen? Dividen adalah pembagian laba yang diberikan merata kepada pemegang saham suatu perusahaan. Biasanya, dividen akan dihitung berdasarkan jumlah per lembar saham yang Anda miliki.

Baca Juga: Bunga Deposito Vs Revenue Saham

Misalnya saja, Unilever baru saja membagikan dividen dengan besaran Rp2200 per lembar, yang artinya per lot atau 100 lembarnya, Anda akan akan mendapat keuntungan Rp220.000.


4Jangan Fokus dengan Harga Lot

Investor Pemula Wajib Tahu 5 Hal Umum Tentang Investasi Saham Ini! - tips investasi untuk anak muda

Sebagai investor pemula, Anda harus paham kalau bakalan melihat beragam perusahaan dengan harga per lembar yang berbeda-beda. Nah, perlu Anda ketahui kalau besaran harga itu engga menentukan mahal atau murahnya harga saham.

Murah-mahalnya suatu saham haruslah dilihat juga dari nilai perusahaan. Maksudnya, Anda harus tau jika perusahaan tersebut kecil, otomatis harga sahamnya juga murah begitu pun sebaliknya.

Baca Juga: Mari Mengenal Saham Blue Chip di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Setelah itu, Anda juga perlu melihat juga berapa banyak jumlah saham yang diedarkan oleh perusahaan tersebut. Tentunya, semakin banyak yang diedarkan harga akan berada di level rendah, namun sebaliknya makin sedikit harganya juga akan tinggi.


5Keadaan Apapun Bisa Terjadi

Investor Pemula Wajib Tahu 5 Hal Umum Tentang Investasi Saham Ini! - Investasi Minim Risiko

Seperti layaknya dunia yang penuh ketidakpastian, berinvestasi saham juga begitu adanya. Mengacu pada poin-poin yang sudah dijelaskan sebelumnya, keadaan saham seperti naik-turunnya harga tidak ada yang bisa memastikan.

Tapi tenang, hal tersebut bisa diprediksi melalui beberapa analisis yang komprhensif, seperti analisis fundamental dan analisis teknikal.

Baca Juga: Tips Membaca Analisis Teknikal Pada Perdagangan Saham

Perlu Anda ketahui sebagai investor pemula, kalau tak semua saham terus selalu naik dan turun, bahkan buat perusahaan besar sekalipun.

Ada perusahaan besar yang banyak dibeli orang dengan harapan bisa mendapatkan cuan atau untung, tetapi saat dibeli harga malah anjlok dalam waktu lama.

Sebaliknya, banyak juga perusahaan kecil namun memperlihatkan pergerakan saham yang melonjak tinggi, padahal sedikit sekali orang meliriknya.

Sebagai investor pemula, tentunya setelah melihat poin-poin penting di atas Anda jadi lebih mengetahui hal umum dari investasi saham. Bagaimana? sudah siap melakukan investasi saham?

Jika Anda belum siap tidak apa-apa, jangan jadikan hal itu alasan untuk skip berinvestasi. Sebenarnya, banyak lho di luar sana instrumen investasi selain saham, seperti Peer-to-Peer Lending (P2P).

Dengan beinvestasi melalui Peer-to-Peer Lending (P2P), Anda akan menjadi seorang investor dan memiliki kesempatan untuk meminjamkan uang kepada individu atau pelaku bisnis.

Mengapa demikian? karena P2P adalah sebuah platform yang menghubungkan antara Pendana dan Peminjam yang ingin mewujudkan tujuan finansial mereka.

Melakukan investasi P2P juga tidak memakan modal besar. Di KoinWorks, Anda bisa langsung lakukan investasi hanya dengan Rp100.000 atau kelipatan selanjutnya. Anda juga akan ditawarkan hasil imbal besar hingga 21,32%!

Tenang, investasi ini bisa dipercaya kok, karena KoinWorks telah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Tetap semangat berinvestasi walaupun Anda termasuk investor pemula. Teruslah menggali ilmu tentang finansial agar ke depannya, tujuan finansial Anda bisa tercapai secara maksimal. Selamat berinvestasi!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.