Apa yang Dimaksud dengan Helicopter Investor? Apakah Anda Termasuk? – Helicopter Investor adalah sebuah istilah yang merujuk pada investor yang mudah panik dengan investasi yang mereka lakukan.

Sikap panik tersebut membuat mereka bisa mengambil keputusan yang salah dan cenderung merugikan diri sendiri.

Berikut ini 5 tanda Helicopter Investor yang harus diwaspadai.

5 Tanda Anda Termasuk Helicopter Investor

Selalu Memeriksa Portofolio Setiap Hari

Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi? Berikut Penjelasannya...

Coba lakukan evaluasi dan cari tahu berapa kali Anda memeriksa portofolio investasi. Meskipun memantau portofolio itu penting, Anda tidak perlu memeriksanya terlalu sering. Idealnya Anda boleh saja memeriksa portofolio setiap satu minggu sekali atau satu bulan sekali.

Jika memeriksa portofolio lebih dari itu, Anda akan tergoda untuk mengutak-atik investasi. Itu artinya, Anda bisa saja menjual atau membeli produk investasi berdasarkan emosi semata dan berpotensi merugikan diri sendiri.


Terlalu Banyak Menonton Berita Keuangan

investasi uang dana

Investor yang cerdas adalah mereka yang mau mengikuti berita dan terus waspada terhadap tren yang terjadi di pasar.

Tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton berita keuangan, sebab hal tersebut bisa membuat Anda bereaksi secara berlebihan terhadap pasar.


Terlalu Banyak Berlangganan Majalah Atau Koran Keuangan

koran - berita

Ada banyak sekali publikasi keuangan yang luar biasa dan bisa membantu para investor mengambil keputusan tentang keuangan dan investasi.

Cukup berlangganan satu atau dua publikasi yang bermanfaat dan tidak perlu terlalu banyak berlangganan.


Mudah Panik Saat Investasi Menurun

investasi perkembangan perekonomian indonesia

Investasi memiliki resiko, itu artinya tidak ada jaminan bahwa nilainya akan terus naik secara konstan dari hari ke hari.

Belum lagi jika Anda berinvestasi di pasar saham yang nilainya pasti akan bergejolak dalam jangka pendek.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Investor Saham Pemula

Jika Anda melihat diri mudah emosional setiap kali melihat harga saham menurun, maka mulailah keluar dari layar komputer dan menenangkan diri sejenak.

Ingatlah bahwa sifat saham adalah demikian dan Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan pergerakan harga yang liar. Tidak perlu bereaksi secara berlebihan saat melihat harga saham menurun.

Solusi lain yang bisa dipertimbangkan adalah memilih produk investasi dengan tingkat resiko yang rendah, misalnya emas, deposito, atau reksadana. Anda juga bisa mencoba berinvestasi di KoinWorks yang merupakan platform investasi peer to peer lending.

Berinvestasi di KoinWork jauh lebih aman karena semua investor akan dilindungi dengan fasilitas dana proteksi yang nilainya mencapai 100% tergantung tingkat resiko yang dipilih.

Jika Anda telah nyaman berinvestasi, maka mulailah secara perlahan membeli produk investasi yang beresiko tinggi seperti saham.


Anda Mudah Tergoda dengan Investasi Terbaru

meneliti investasi biaya

Saat melihat harga Bitcoin naik begitu tinggi, maka Anda segera mencari cara untuk membeli Bitcoin. Atau saat harga saham perusahaan X mengalami kenaikan, maka Anda langsung membeli sebagian saham perusahaan tersebut.

Baca juga: Bagi yang Berkepribadian Introvert, Ini 7 Kerja Sampingan yang Cocok untuk Anda

Pendekatan investasi seperti di atas tentu saja salah, karena Anda hanya berorientasi dalam jangka pendek saja. Hal yang perlu diingat adalah investasi perlu mempertahankan pendekatan jangka panjang.

Jangan terburu-buru membeli produk investasi dan buatlah keputusan investasi berdasarkan analisis yang benar dan tepat.

Demikianlah 5 tanda yang menunjukkan bahwa Anda termasuk dalam “Helicopter Investor” yang terburu-buru dalam mengambil keputusan dan mudah panik saat hasil investasi menurun.

Mulailah dari sekarang untuk lebih tenang saat mengambil keputusan investasi dan belajar mengambil keputusan berdasarkan analisis rasional bukan hanya emosi semata.

Semoga pembahasan di atas bermanfaat untuk Anda!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.