5 Hoax Soal Investasi yang Perlu Diabaikan Investor Pemula – Investasi menjadi salah satu sarana yang dipercaya bisa menambah sumber pendapatan Anda. Investasi sendiri penting dilakukan guna memperbanyak aset di masa depan.

Zaman sekarang, anak-anak muda sudah mulai melakukan investasi pertamanya sejak dini. Namun sayangnya, melakukan investasi tanpa dilengkapi literasi keuangan mampu mengurangi keuntungan yang didapat, lho. Padahal, jika tahu caranya, Anda bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih dari seharusnya.

Berikut ini adalah 5 hoax soal investasi yang perlu diabaikan investor pemula.

5 Hoax Soal Investasi yang Perlu Diabaikan Investor Pemula

1Investasi hanya untuk yang sudah tua

Eitss… siapa bilang? Pahamilah, investasi sangat erat kaitannya dengan waktu. Apabila tidak berinvestasi sejak dini, kapan? Apakah nanti di saat Anda sudah tidak lagi produktif, tabungan yang dimiliki cukup untuk membuat hari tua Anda nyaman?

Justru, banyak anak muda yang sudah memulai investasi pertamanya, lho. Apalagi, usia muda adalah usia produktif di mana mereka bisa memiliki penghasilan sendiri. Dengan penghasilan tersebut, mereka bisa belajar untuk mengalokasikan 20% untuk diinvestasikan.

Nah, investasi yang baik adalah investasi jangka panjang. Meski tidak bisa menikmati hasil di awal-awal mulai berinvestasi, hasilnya di masa depan akan begitu terasa apabila Anda rutin berinvestasi.

Baca Juga: Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

2Sulit untuk memulai investasi

Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil - 5 Langkah Efektif yang Akan Membantu Anda Mencapai Tujuan Keuangan - keuangan sehat

Karena merasa masih awam dan belum mengenal berbagai instrumen investasi, banyak yang bingung, sebenarnya, bagaimana sih memulai investasi? Di Indonesia, ada investasi jenis apa? Investasi apa yang paling menguntungkan.

Faktanya, Anda bisa menemukan berbagai informasi terkait hal tersebut di internet, lho. Mulai dari reksadana hingga P2P Lending. Jadi, sepertinya tidak ada alasan sulit untuk memulai investasi, sebab beragam informasi yang tersaji akan memberikan kemudahan.

3Investasi butuh modal banyak

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - Cara Menjadi Orang Kaya Dengan Gaji Kecil - 5 Langkah Menghentikan Kebiasaan Buruk Hidup Dari Gaji ke Gaji - 5 Jenis Pengeluaran yang Menjadi Silent Killers Anggaran Keuangan Anda - Gaji Pas-Pasan Bukan Alasan untuk Skip Investasi, Ini 4 Investasi Terbaik!

Untuk poin yang satu ini sebenarnya tergantung. Apabila Anda ingin berinvestasi dalam bentuk properti, tentu modal yang dibutuhkan memang banyak, bahkan bisa mencapai jutaan, puluhan juta, hingga ratusan juta untuk DP-nya saja.

Namun, ada juga lho, investasi di mana Anda hanya perlu mengeluarkan nominal kecil saja, yakni Rp100.000. Contohnya, KoinWorks.

Baca Juga: Investasi Rp 100.000 Setiap Hari, Bagaimana Keuntungannya Setelah 10 Tahun?

4Banyak investasi yang tidak aman

Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan

Oke, mungkin Anda takut tertipu apabila berinvestasi di suatu perusahaan tertentu. Maka tidak heran, berita soal investasi bodong kerap kali terdengar. Bayangkan, sepertinya mengerikan sekali ya, bisa kehilangan uang, bahkan hingga ratusan juta rupiah.

Oleh karena itu, sebelum mencoba berinvestasi, Anda perlu meneliti kembali soal investasi itu sendiri. Apakah perusahaannya memang terpercaya? Apakah imbal hasil yang dijanjikan memang terbukti benar? Nah, ada baiknya pula Anda memilih perusahaan investasi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

5Investasi memiliki risiko tinggi

biaya-kuliah-mahasiswa-kampus-ranking-rank-akreditasi-peringkat-PTS Bisa Jadi Pilihan Saat Tak Lolos SBMPTN 2019, Ini Dia Tips Memilihnya! - jenis-jenis investasi

Perlu dipahami, investasi jenis apapun pasti memiliki risiko, entah itu risiko rendah atau risiko tinggi. Bagi Anda yang merupakan investor pemula, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk berinvestasi dengan risiko rendah, meski keuntungan yang didapat juga rendah.

Namun, sebagai bahan pembelajaran, tidak ada salahnya untuk mencoba berinvestasi dengan risiko  yang lebih tinggi sehingga keuntungan yang diraih sama tingginya.

Di sisi lain, Anda pun bisa menciptakan portofolio investasi yang low risk-high return, lho. Klik di sini untuk tahu caranya.

Nah, itulah dia 5 hoax soal investasi yang perlu diabaikan investor pemula. Bagi Anda yang baru belajar berinvestasi, selalu lengkapi pemahaman Anda dengan berbagai literasi keuangan supaya Anda bisa menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal.

Apabila investasi P2P Lending menjadi salah satu instrumen yang Anda pilih, KoinWorks hadir untuk membantu mencapai impian finansial Anda. Dengan berinvestasi, Anda bisa mempersiapkan biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, membeli rumah, dan sebagainya.

Klik di sini untuk mendaftar sebagai investor di KoinWorks. Jangan lupa masukkan kode promo KOIN50 untuk mendapatkan saldo awal investasi sebesar 50,000. Selamat berinvestasi! Ingat, jangan sampai termakan hoax, ya.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.