Ikuti Langkah Sukses Ini dalam Menjalankan Ide Bisnis Kreatif Anda! – Semua orang bisa berbisnis. Namun, tidak semuanya bisa mencapai kesuksesan berkat bisnis yang dijalani.

Sebab, begitu banyak hal yang harus dilakukan agar ide bisnis kreatif Anda bisa berjalan dengan optimal. Ini berlaku bagi para pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis maupun bagi Anda yang berada di tahap ekspansi bisnis menjadi lebih besar.

Oleh karena itu, mulai ikuti langkah sukses dalam menjalankan ide bisnis kreatif berikut ini yuk!


Ikuti Langkah Sukses Ini dalam Menjalankan Ide Bisnis Kreatif Anda!

1Menanamkan Niat yang Kuat

Ikuti Langkah Sukses Ini dalam Menjalankan Ide Bisnis Kreatif Anda!
Photo by Ümit Bulut on Unsplash

Dalam menjalankan sesuatu, hendaknya didasari dengan niat dan keinginan yang kuat. Bukan semata-mata karena obsesi untuk mendapatkan kekayaan melimpah dan kesuksesan hakiki.

Pada dasarnya, tidak akan ada rencana bisnis yang berhasil dengan optimal apabila tidak dilandasi dengan niat. Baru setelah itu diiringi dengan kerja keras untuk mewujudkan ide bisnis yang sudah direncanakan sejak awal.


2Pencarian dan Perumusan Masalah

Ikuti Langkah Sukses Ini dalam Menjalankan Ide Bisnis Kreatif Anda!
Photo by Daria Nepriakhina on Unsplash

Mulai suatu bisnis dengan tujuan untuk memecahkan masalah di masyarakat. Jangan memulainya hanya untuk memenuhi kepentingan pribadi Anda, tapi perhatikan juga permasalahan di sekitar Anda.

Tentukan sasaran pasar (target market) dari bisnis yang Anda dirikan. Temukan insight yang bisa mendukung kesuksesan bisnis Anda. Jadi, tidak hanya sekadar menjual produk/jasa, tapi juga bisa menjadi solusi bagi permasalahan yang ada.


3Membuat Ide Bisnis Kreatif

Ikuti Langkah Sukses Ini dalam Menjalankan Ide Bisnis Kreatif Anda!- psbb jakarta
Photo by David Travis on Unsplash

Setelah merumuskan masalah, barulah Anda bisa memikirkan ide bisnis seperti apa yang akan Anda jalankan. Sesuaikan ide yang Anda pikirkan tersebut dengan permasalahan yang didapat.

Kalau bisa, tulis di buku catatan Anda tentang ide bisnis apa saja yang terlintas di otak Anda. Lalu setelah itu Anda bisa melakukan brainstorming dengan fokus pada ide-ide Anda yang tertulis di buku catatan.

Dengan mencatat, Anda tidak perlu membahas hal-hal di luar itu dan hal-hal yang tidak penting lainnya.


4Melakukan Riset Pasar

Ikuti Langkah Sukses Ini dalam Menjalankan Ide Bisnis Kreatif Anda!
Photo by Austin Distel on Unsplash

Riset pasar di sini adalah memastikan bahwa ide bisnis yang akan Anda jalankan sudah tepat dan belum ada yang menjalani. Jika memang ide Anda sudah dipakai oleh orang lain, Anda bisa amati respon pasar terhadap bisnis tersebut lalu buat inovasi yang berbeda.

Anda bisa melakukan riset pasar dengan cara browsing di internet maupun media sosial. Selain itu, Anda juga bisa terjun langsung ke masyarakat dan menanyakan secara langsung (atau melalui survei) tentang bisnis dan produk/jasa yang akan Anda jual.


5Eksekusi Ide Bisnis Kreatif

Photo by STIL on Unsplash

Sebagus apapun ide bisnis yang Anda buat, kalau tidak dieksekusi dengan baik dan benar, maka semuanya akan sia-sia dan hanya membuang waktu Anda saja.

Di tahap eksekusi ini, Anda bisa mematangkan rencana bisnis Anda dengan menyusun rancangan biaya, kebutuhan sumber daya, konsep pemasaran, dan strategi penjualan berdasarkan ide bisnis yang telah ditentukan.

Dalam eksekusi bisnis ini, Anda tentu juga harus memikirkan dari mana modal yang Anda dapatkan. Apakah dengan cara mengumpulkan investor bisnis atau meminjam dana dari orang lain.

Baca juga: 6 Peluang Usaha Rumahan yang Membuat Anda Sukses di Masa Depan

KoinWorks adalah pilihan yang tepat untuk mengajukan pinjaman dana. Anda bisa meminjam mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga flat yang terjangkau, yaitu sebesar 0.75% – 1.67% setiap bulan.

KoinWorks sendiri merupakan perusahaan fintech Indonesia yang menerapkan sistem P2P Lending, di mana Anda akan dihubungkan dengan banyak lender yang akan membantu memenuhi kebutuhan pinjaman Anda.

Yuk, wujudkan ide bisnis kreatif Anda untuk memberi #PengaruhBaik bagi orang lain! Pinjam dana untuk modal bisnis Anda sekarang juga!


 


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.