10 Ide Peluang Bisnis di Makassar yang Patut Kamu Coba

ide peluang bisnis di makassar

Halo Sobat KoinWorks! Lagi cari ide peluang bisnis di Makassar? Kalau iya, artikel yang satu ini cocok buat kamu. 

Makassar merupakan salah satu dari 10 kota terbesar di Indonesia. Tak heran bila potensi lahirnya bisnis-bisnis sukses di kota ini cukup terbuka lebar.

Namun, sebelum membuka bisnis di Makassar, penting bagi kamu untuk membaca peluang terlebih dahulu. Tujuannya, supaya bisa menentukan pilihan bisnis yang tepat sasaran. 

Berikut referensi ide peluang bisnis di Makassar yang bisa kamu coba. Yuk, simak!


10 Ide Peluang Bisnis di Makassar

Kota metropolitan di Indonesia bagian timur ini memiliki potensi besar untuk kamu yang tertarik mengembangkan bisnis

Berikut ide peluang usaha yang siapa tahu menarik buat kamu. 


1. Kuliner khas Makassar

Kota Makassar terkenal akan makanan khas yang memiliki rasa lezat dan unik. Sebut saja seperti coto makassar, jalangkote, pisang ape, hingga es pisang ijo. 

Maka dari itu, tak ada salahnya untuk kamu mencoba peruntungan dengan membuka bisnis kuliner khas Makassar. Terlebih jika kamu memiliki keahlian dalam memasak. 

Untuk memperluas target pasar, manfaatkan pula media sosial sebagai sarana pemasaran untuk membuat usaha kamu lebih dikenal banyak orang. 

Selain makanan khas, menjual oleh-oleh dalam bentuk kuliner juga bisa kamu coba, lho. Tak hanya oleh-oleh yang mainstream, coba pula sedikit berinovasi untuk membuat oleh-oleh khas Makassar yang kekinian. 


2. Fotocopy dan Alat Tulis Kantor

Melansir dari Peta Makassar, terdapat 109 kampus tersebar di penjuru Kota Makassar yang meliputi perguruan tinggi negeri, swasta, sekolah tinggi, akademi, dan politeknik. 

Mengacu pada hal tersebut, terdapat peluang usaha yang berpotensi cuan, yaitu membuka bisnis fotocopy dan alat tulis kantor.

Tak dapat dipungkiri bahwa usaha fotocopy telah menjamur. Namun, melihat peluang yang sebesar itu membuat usaha yang satu ini masih layak untuk kamu pertimbangkan. 

Sebab, umumnya mahasiswa akan terus berkutat dengan tugas yang membuatnya harus fotocopy, print tugas, edit foto, dan lainnya. 

Maka dari itu, untuk memaksimalkan potensi bisnis di Makassar yang satu ini pilihlah daerah yang dekat dengan lingkungan kampus supaya mudah dijangkau oleh mahasiswa.


3. Sewa Kendaraan

Tiap daerah di Indonesia memiliki objek wisata dengan karakteristik yang berbeda serta menarik wisatawan, salah satunya Pantai Losari yang berada di Kota Makassar. 

Kunjungan wisatawan inilah yang melahirkan ide peluang bisnis di Makassar yang berpotensi besar, yaitu dengan membuka usaha sewa kendaraan.

Untuk membuka usaha ini sudah pasti kamu harus mempersiapkan kendaraan yang akan disewakan. 

Setelah itu, cobalah untuk memasarkan jasa sewa kendaraan kamu ke media sosial atau mendaftarkan bisnis kamu ke online travel agent yang memiliki fitur sewa kendaraan, seperti Traveloka.

Hal yang tak kalah penting dalam menjalankan bisnis ini adalah pemilihan lokasi. Pastikan kamu memilih lokasi usaha yang strategis, misalnya dekat bandara atau pelabuhan yang merupakan gerbang masuk wisatawan ke Kota Makassar. 


4. Laundry Kiloan

Banyaknya mahasiswa dari berbagai daerah yang menimba ilmu di Kota Makassar membuat ide peluang bisnis ini patut kamu pertimbangkan. 

Sebab, tak sedikit mahasiswa yang memiliki waktu terbatas karena harus mengerjakan tugas kuliah, organisasi, dan kegiatan lainnya yang membuat mereka tak memiliki banyak waktu untuk sekedar mencuci pakaian sehingga laundry menjadi pilihan mereka.

Untuk memulai usaha ini,  pilihlah daerah yang dekat dengan lingkungan kampus supaya mudah dijangkau oleh mahasiswa. 


5. Katering

Memiliki keahlian memasak? Kalau iya, ide peluang bisnis di Makassar yang satu ini cocok buat kamu!

Usaha katering di Kota Makassar bisa berpeluang besar terutama bagi kamu yang aktif dalam organisasi atau perkumpulan masyarakat. 

Selain itu, usaha ini biasanya juga banyak diburu mahasiswa untuk keperluan konsumsi di kegiatan-kegiatan tertentu. 

Supaya lebih bersaing, jangan ragu untuk memberikan bahan terbaik dengan harga yang terjangkau untuk setiap menu yang kamu buat. Sebab, hal tersebut akan menambah kepuasan pelanggan. 

Meskipun menjual katering dari bahan berkualitas dengan harga terjangkau, pastikan kamu tetap mengambil untung, ya!


6. Toko Kelontong

Toko kelontong memang telah menjamur di seluruh penjuru daerah, termasuk Kota Makassar. 

Akan tetapi, membuka toko kelontong di Makassar cukup berpeluang, lho.

Melansir dari iNews, Kota Makassar merupakan salah satu kota terpadat di Indonesia dengan jumlah penduduk 1.659.777 jiwa dan luas wilayah 175.8 kilometer persegi. 

Kepadatan tersebutlah yang membuat toko kelontong merupakan ide peluang bisnis di Makassar yang patut kamu pertimbangkan. 

Untuk membuka usaha ini, pilihlah supplier barang dagangan dengan harga terbaik serta barang yang memiliki permintaan tinggi.

Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir kerugian akibat barang terlalu lama di display. 


7. Coffee Shop

Beberapa tahun belakangan, banyak coffee shop bermunculan di kota besar hingga kota kecil sekalipun. Tak terkecuali di Kota Makassar. 

Maka dari itu, tak ada salahnya bagi kamu untuk coba peluang bisnis yang satu ini. Terutama jika kamu berada di pusat kota atau area wisata. Sebab, area yang strategis menjadi modal utama sekaligus faktor penentu kesuksesan bisnis ini. 

Untuk menarik pelanggan, rencanakan dengan matang konsep coffee shop yang akan kamu buat. Misalnya, menggunakan tema ala scandinavia atau mengusung konsep lokal.

Setelah itu, sajikan menu yang sesuai dengan tema coffee shop kamu. Misalnya, apabila kamu mengambil tema ala scandinavian, maka menu-menu yang dijual seperti swedish meatball, croissant, dan sebagainya. 

Sementara apabila kamu mengambil tema lokal, kamu bisa mengedepankan kopi toraja yang merupakan kopi asal Sulawesi Selatan yang sangat populer. 

Gimana? Tertarik membuka bisnis yang satu ini?


8. Penginapan

Kunjungan pelancong atau wisatawan untuk berwisata maupun mahasiswa atau karyawan yang merantau ke Kota Makassar membuat ide peluang bisnis di Makassar berupa sewa penginapan patut kamu pertimbangan. 

Untuk memulai bisnis ini, pertama-tama fokuskan dulu ke mana arah bisnis kamu dan siapa target pasar kamu, apakah seseorang yang merantau di Makassar dalam waktu yang cukup lama atau wisatawan. 

Sebab, meskipun sama-sama membutuhkan penginapan kedua target pasar tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. 

Yang satu untuk sewa jangka menengah, yang satu jangka pendek karena liburan.


9. Bengkel

Kota Makassar yang masuk dalam salah satu kota terpadat di Indonesia membuat jumlah kepemilikan kendaraan pun tak kalah banyak. 

Hal tersebut bisa menjadi peluang besar bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang otomotif dengan membuka bengkel. 

Tak cukup dengan keahlian saja, penting juga untuk terus update dengan perkembangan teknologi otomotif karena teknologi di bidang ini terus mengalami kemajuan. 

Umumnya, lokasi yang tepat untuk bisnis ini adalah di pusat kota. Konsekuensinya, kamu harus siap dengan persaingan yang semakin ketat.

Adapun alternatif lainnya, yaitu dengan menerapkan strategi pemasaran ataupun pelayanan yang berbeda dari bengkel motor lainnya. Misalnya, menawarkan servis gratis bagi pelanggan yang telah servis 10 kali di bengkel kamu.

Jadi, meskipun lokasi usaha kamu tidak di pusat kota, layanan yang memuaskan serta hasil yang baik bisa membuat pelanggan loyal ke bengkel kamu. 


10. Kerajinan Tangan

Ide peluang bisnis di Makassar yang terakhir adalah kerajinan tangan. 

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan budaya yang melimpah, salah satunya kerajinan tangan. 

Setiap daerah memiliki bentuk kerajinan tangan yang berbeda serta nilai seni yang tinggi, tak terkecuali kerajinan tangan di Kota Makassar. 

Maka dari itu, apabila kamu memiliki keterampilan untuk membuat kerajinan tangan, tak ada salahnya untuk membuka usaha yang satu ini. 

Peluang usaha kerajinan tangan cukup besar karena memiliki pasar yang luas. Sebab, kerajinan tangan tidak hanya dicari oleh wisatawan asing saja, tetapi juga wisatawan lokal maupun masyarakat Indonesia sendiri yang menyukai produk bernilai seni. 

Selain itu, kerajinan tangan yang bisa kamu jual secara online maupun offline juga bisa memaksimalkan pendapatan kamu ketika membuka usaha ini. 

Soal harga, kamu bisa sesuaikan dengan bahan, ukuran, hingga tingkat kesulitan pembuatannya. 

Gimana? Tertarik untuk membuka bisnis yang satu ini?


Selain ide, modal usaha juga tak kalah penting untuk membangun sebuah bisnis. 

Maka dari itu, apabila kamu ingin membangun bisnis namun masih kekurangan modal usaha, kamu bisa coba untuk mengajukan pinjaman bisnis dari KoinBisnis.

Tenang, bunga pinjaman modal usaha yang diberikan KoinBisnis cukup rendah, kok! Cuma 0,75%-1,67% saja per tahun!

Kunjungi KoinBisnis!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.