Anak Muda Perlu Berinvestasi, Ini 3 Alasan Utamanya! – Anda sebagai anak muda atau mahasiswa pasti sangat bangga ketika Anda dapat menghasilkan pendapatan sendiri, tapi tak bisa dipungkiri sebagai jiwa muda sifat boros sulit dihindari. Karena keinginan untuk berbelanja dan bersenang-senang cukup tinggi.

Baca Juga: Pengusaha Sukses Indonesia Yang Berusia Di Bawah 25 Tahun

Namun, perlu disadari sebagai anak muda sesungguhnya Anda perlu cerdas dalam mengelola keuangan dan menyadari bahwa betapa penting keuangan untuk masa depan.

Jika mungkin Anda masih mencari bagaimana cara untuk merencanakan keuangan Anda, mungkin Anda perlu mencoba memulai berinvestasi. Berikut ini adalah penjelasan mengapa anak muda perlu berinvestasi.


3 Alasan Mengapa Anak Muda Perlu Berinvestasi

1Semakin Paham Untuk Mengelola Keuangan

Jika Anda anak muda berusia sekitar 20 tahun, Anda akan berpikir bahwa menyisihkan uang untuk berinvestasi adalah hal yang sulit dilakukan. Tapi, perlu Anda sadari bahwa hal tersebut akan terasa lebih sulit ketika Anda lakukan 10 tahun mendatang.

Bukan hanya karena Anda harus berkomitmen dengan hal tersebut, namun 10 tahun yang akan datang dana yang harus Anda sisihkan akan lebih banyak karena kebutuhan dan kewajiban Anda pun akan semakin banyak. Sehingga akan terasa lebih sulit dibandingkan sekarang.

Baca Juga: Tips Sukses Mengelola Usaha ala Bob Sadino

Seiring berjalannya waktu nilai mata uang akan semakin bertambah lebih dari yang Anda pikirkan. Sebagai anak muda, dengan Anda menginvestasikan sebagian dana pemasukan Anda dari sekarang, kelak Anda akan mendapatkan keuntungan lebih besar kedepannya. Dan hal tersebut dapat terjadi bila Anda jeli dalam memanfaatkan efek compounding.

Sebagai gambaran, coba simulasikan keuntungan jangka panjang Anda apabila rutin berinvestasi dari sekarang dan memanfaatkan efek compounding dengan kalkulator simulasi berikut:

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Lebih baik berhemat dan berinvestasi dari sekarang, dibandingkan harus berusaha keras dan tidak dapat menikmati masa tua Anda kelak.


2Anak Muda Masih Bisa Mengambil Risiko Lebih

emas-untung-tukar-investasi

Tidak ada investasi yang bebas dari resiko. Jika Anda memulai investasi ketika berusia muda, adrenalin Anda masih siap untuk menerima resiko dan sebagai anak muda Anda masih memiliki kesempatan untuk mencoba lebih.

Jika Anda berinvestasi dalam saham, Anda harus mengetahui bahwa pasar dapat berfluktuasi ekstrim dalam jangka pendek.

Baca Juga:Gaji Minim? Ikuti Tips Menabung Untuk Anak Muda Usia 20-an 

Anda akan mampu mengimbangi fluktuasi dan mendapatkan manfaat dari peningkatan nilai uang Anda dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tetapi jika Anda mulai berinvestasi ketika usia Anda mendekati masa pensiun, sebaiknya Anda tidak mencoba sesuatu yang terlalu beresiko, karena Anda mungkin tidak bisa menunggu 10 atau 20 tahun lagi sampai pasar saham bangkit kembali bukan?

Oleh karena itu cobalah berinvestasi semenjak Anda masih menjadi mahasiswa.


3Lebih Mudah berhemat Ketika Anda Masih Bebas Dari Komitmen

uang - rupiah - 5 Alasan Mengapa Harus Terus Meningkatkan Pengetahuan tentang Uang, Meskipun Anda Telah Kaya Raya

Banyak anak muda yang hanya senang mengeluh mengenai sulitnya menyisihkan uang untuk ditabung. Namun, tak jarang anak muda lebih memilih untuk berbelanja dan bersenang-senang, tidak memikirkan apakah 20 tahun yang akan datang semuanya akan terasa lebih mudah terutama dalam perihal keuangan Anda, atau kah terjadi hal sebaliknya.

Baca Juga: Jurus Terlarang Untuk Para Investor

Nyatanya, sebagai anak muda harus paham bahwa, semakin kita tua tanggung jawab pun semakin menumpuk. Dana Anda akan tepakai untuk membayar berbagai ciciln dan tanggung jawab lainnya. Seperti contohnya membayar cicilan rumah, cicilan mobil, untuk renovasi, membayar sekolah anak dan sebagainya.

Sebelum semua hal tersebut terjadi sebagai anak muda sebaiknya, Anda membiasakan diri Anda untuk dapat mengontrol keuangan Anda.

Dan, sebagai anak muda pun Anda harus memulai berinvestasi agar dimasa tua Anda dapat menikmati segala usaha Anda ketika berusia muda.

Baca Juga: 5 Prinsip Menjadi Pribadi yang Sukses yang Harus Anda Miliki

Anda mungkin berpikir bahwa berinvestasi hanyalah bagi mereka yang memiliki pendapatan yang besar, dalam artian, bagi mereka yang kaya. Jika demikian maka Anda keliru. Berinvestasi bisa dilakukan oleh siapa saja.

Anda tidak perlu mengeluarkan dana jutaan rupiah untuk memulai investasi pertama Anda jika memang belum mampu dengan nominal sebesar itu.

Di KoinWorks, Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal Rp100.000 dan kelipatannya. Dengan Rp 100.000 tersebut Anda bisa memulai berinvestasi.

Berbeda dengan jenis investasi lain, bunga keuntungan yang Anda dapatkan bersifat fixed rate yang pastinya lebih tinggi ketimbang jenis investasi lain. Keamanannya pun tentu lebih terpercaya.

Jika Anda sebagai anak muda sudah mulai berinvestasi, bukan tidak mungkin kondisi finansial Anda di masa depan akan aman dalam memenuhi kebutuhan perekonomian keluarga Anda meskipun nantinya sudah pensiun.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.