Investasi Jangka Pendek vs Investasi Jangka Panjang, Lebih Untung Mana? – Investor akan selalu dibingungkan dan dilema dalam memilih jangka waktu investasi.

Bagi sebagian investor, investasi jangka pendek dipilih karena berpotensi memberikan imbal hasil yang lebih cepat.

Sementara itu, investasi jangka panjang dipilih demi memanfaatkan efek compounding, meminimalisir risiko, dan untuk mewujudkan berbagai tujuan finansial dalam jangka panjang.

Bila Anda dihadapkan pada dua pilihan jangka waktu investasi, jangka waktu mana yang lebih Anda utamakan? Tentu harus berdasar pada kebutuhan atau tujuan di balik investasi itu sendiri.

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Mencairkan Dana di KoinWorks

Demi membantu Anda memilihnya, berikut perbandingan singkat investasi jangka pendek maupun jangka panjang:


Investasi Jangka Pendek vs Investasi Jangka Panjang: Ikhtisar

Jangka Pendek

Jangka Panjang

Jangka waktunya maksimal setahun, bahkan kurang dari setahun. Biasanya lebih dari setahun bahkan hingga berpuluh tahun.
Risiko cenderung lebih besar Keuntungan Konsisten
Mendapatkan keuntungan jadi lebih cepat Memungkinkan investor untuk terus mendapatkan pemasukan dalam jangka panjang
Cocok untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek Dana investasi tertahan lebih lama
Efek compounding tidak begitu signifikan Potensi keuntungan jauh lebih tinggi berkat efek compounding
Mampu memenuhi kebutuhan dengan tingkat urgency yang tinggi Cocok untuk memenuhi kebutuhan berkelanjutan dalam jangka panjang
Rentan terhadap inflasi karena valuasinya bisa saja tidak mampu menyaingin tingkat inflasi tahunan. Efek compounding dalam jangka panjang bisa membuat valuasinya bertambah mengalahkan inflasi.

Pilih mana, investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang?

Bagi sebagian besar investor, bila harus memilih, tentu ini adalah pilihan yang sulit. Namun, tidak sedikit investor yang mengkombinasikan dua jangka waktu investasi tersebut dalam kegiatan investasinya. Pertimbangannya adalah sebagai berikut:

I. Pertimbangan memilih investasi jangka pendek

1. Pengembalian imbal hasil/return lebih cepat

Banyak investor yang lebih memilih untuk mempercepat perputaran uangnya sehingga lebih memilih investasi jangka pendek agar return berupa pokok investasi dan bunganya bisa lebih cepat didapatkan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menganalisa Factsheet Pinjaman di KoinWorks?

Setelah itu mereka menginvestasikan kembali pokoknya ke instrumen investasi lain, atau trading di pasar uang, dan sebagainya.

2. Memenuhi kebutuhan jangka pendek

Bagi mayoritas profesional muda, di mana pendapatan bulanan masih belum terlalu memadai untuk berinvestasi setiap bulannya (rutin berinvestasi), investasi jangka pendek dianggap pilihan yang paling tepat.

Baca Juga: Di KoinWorks, Anda bisa Memilih Jangka Waktu Investasi Selama 6 Bulan Secara Otomatis

Sebab, ke depannya, ada saja kebutuhan jangka pendek yang harus dipenuhi, sementara dana darurat belum bisa rutin disisihkan dari pendapatan bulanan yang masih relatif kecil.


II. Pertimbangan memilih investasi jangka panjang

1. Memaksimalkan efek compounding

Banyak investor yang cenderung memilih investasi jangka panjang karena nyatanya manfaat efek compounding dalam mendongkrak valuasi dananya dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Strategi Investasi di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan

Efek compounding (bunga berbunga/bergulung) sebetulnya sangat umum di dunia investasi maupun kredit. Hanya saja, banyak investor yang belum memaksimalkan manfaatnya.

BIla Anda penasaran bagaimana potensi keuntungan investasi apabila Anda memanfaatkan efek compounding, coba simulasikan valuasi dana investasi Anda dalam jangka panjang dengan kalkulator berikut:

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

2. Meminimalisir potensi risiko

Investasi jangka pendek sebenarnya rentan terhadap risiko, utamanya karena tingkat fluktuasinya yang tinggi, dan investor yang memilih investasi jangka panjang cenderung bertujuan demi meminimalisir risiko seperti itu.

Baca Juga: Dana Proteksi KoinWorks, Sebuah Inisiatif Demi Menjamin Keamanan Investasi

Meski lama, investasi jangka panjang perlahan mampu meningkatkan nilai uang yang diinvestasikan secara konsisten.

Meski lebih lambat, stabilnya laju investasi jangka panjang memungkinkan tingkat stabilitas yang jauh lebih besar dan risiko yang jauh lebih rendah daripada investasi jangka pendek.

3. Memenuhi berbagai kebutuhan jangka panjang

Berbagai kebutuhan jangka panjang seperti biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, hingga dana pensiun bisa dipenuhi dengan imbal hasil investasi jangka panjang. Investor hanya perlu bersabar karena waktu yang dibutuhkan memang lebih lama.


“Bagaimana caranya mempertimbangkan pilihan antara investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang?”

Jawaban singkatnya adalah, pahami dua aturan penting soal uang (dapat dibaca di halaman ini).

Nah bila Anda sudah memahaminya, sekarang silakan tentukan tujuan investasi Anda dan pisahkan mana uang yang tidak begitu dibutuhkan dalam jangka panjang dan mana uang yang akan digunakan dalam jangka waktu setahun atau kurang.

Baca Juga: Aturan Penting Tentang Uang yang Harus Kamu Tahu

Hal tersebut akan sangat membantu Anda dalam menentukan pilihan investasi Anda menurut jangka waktunya.

Bila Anda memilih jenis investasi dengan tenor yang lebih lama, kemungkinan besar Anda memiliki tujuan jangka panjang untuk dipenuhi seperti membeli rumah atau mempersiapkan dana pensiun.

Baca Juga: Maksimalkan Keuntungan, Tinjau Kembali Akun KoinWorks Anda dan Lakukan 4 Hal Ini

Sebaliknya, investasi jangka pendek akan menjadi pilihan yang lebih tepat apabila Anda tahu betul bahwa Anda akan membutuhkan uang dengan nominal tertentu di waktu tertentu seperti misalnya membeli kendaraan atau melanjutkan pendidikan formal ke luar negeri.


“Di KoinWorks sendiri, jangka waktu investasi mana yang lebih menguntungkan?”

Jawaban atas pertanyaan ini tentu akan sangat bergantung pada perilaku Anda saat berinvestasi. Apa orientasi Anda? Apa tujuan Anda berinvestasi? Dari dana investasi yang dimiliki, berapa rasio perbandingan bobot untuk diinvestasikan dalam jangka pendek dan jangka panjang?

Baca Juga: Melalui KoinWorks, Kepada Siapa Saja Sebenarnya Investasi Anda Disalurkan?

Bila Anda sudah menentukannya, maka Anda akan merasa bahwa tidak ada yang lebih dominan. Sehingga bila ditanya ‘lebih baik mana?’, akan lebih baik bahkan sangat baik bila Anda mengkombinasikan keduanya.

Di KoinWorks sendiri, fleksibilitas dalam berinvestasi begitu tinggi dan setiap investor memiliki kendali penuh terhadap pengelolaan portofolio investasinya masing-masing. Mayoritas frekuensi pengembalian imbal hasil investasi di KoinWorks terjadi setiap bulannya.

Itu artinya, setiap investor bisa memanfaatkan efek compounding dalam frekuensi bulanan. Investor bisa dengan mudah memilih pinjaman dengan tenor pendek maupun panjang, tergantung risk tolerance dan potensi keuntungan yang diinginkan.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Berinvestasi di KoinWorks Bisa Mulai dari Rp 100.000

Untuk mengkombinasikan keduanya, terdapat dua fitur di KoinWorks yang bisa Anda manfaatkan.


Menyeimbangkan portofolio investasi dengan dua fitur penting KoinWorks

Fitur penting yang ada di KoinWorks tidak hanya berfungsi untuk menyeimbangkan portofolio investasi Anda dari segi tingkat risiko maupun keuntungan investasi, melainkan juga dari segi jangka waktu.

1. Fitur Auto Purchase

Multi Auto Purchase

Bila Anda menggunakan fitur Auto Purchase kala berinvestasi di KoinWorks, itu artinya Anda berkesempatan untuk mengotomatisasikan proses investasi Anda.

Baca Juga: Cara Mengetahui Progres Pinjaman yang Anda Danai di KoinWorks

Dengan fitur ini, setiap investor bisa menyeimbangkan bobot risiko dan keuntungan dalam portofolio investasinya, begitu pun mengkombinasikan jangka waktunya.

Selengkapnya mengenai fitur Auto Purchase bisa Anda temukan di artikel berikut:

Perkenalkan Fitur Multi Auto Purchase! Apa dan Bagaimana?

Anda juga bisa menonton video tutorial fitur Auto Purchase berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=Vz5OgTT2xb0&t=10s


2. RoboLending

RoboLending

RoboLending adalah algoritma machine learning KoinWorks yang akan mengotomatisasikan seluruh proses investasi online peer to peer lending di KoinWorks yang secara harafiah akan bekerja untuk Anda.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Investasi di KoinWorks

Artinya, RoboLending akan menginvestasikan dana investasi Anda hingga tingkat bunga keuntungan yang Anda inginkan tercapai dengan peer to peer lending.

Pengembalian yang sudah dicapai dalam jangka waktu tertentu akan tersedia di akun Anda di akhir tenor. Terdapat jangka waktu yang variatif entah itu 3, 6 hingga 12 bulan, sehingga akan membuat Anda lebih fleksibel dalam memilihnya.

Cara kerjanya sangat sederhana. Anda hanya perlu memilih RoboLending dengan tingkat keuntungan dan tenor yang diinginkan, depositkan dana dan alokasikan ke RoboLending pilihan kemudian biarkan algoritma machine learning KoinWorks berinvestasi secara otomatis untuk Anda hingga tingkat keuntungannya tercapai di akhir tenor.

Baca Juga: Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks

RoboLending sedikit banyak mirip seperti time-deposit,, di mana Anda hanya perlu menunggu dalam jangka waktu tertentu hingga keuntungan investasi Anda bisa didapatkan.

Masih bingung tentang RoboLending? Penjelasan lengkap mengenai RoboLending, cara kerja dan cara menggunakannya bisa Anda temukan di halaman berikut:

RoboLending, Investasi Online P2P Lending Berbasis Machine Learning

Simak videonya:

https://www.youtube.com/watch?v=1AsDxkOdcUk&t=11s


Investasi jangka pendek vs investasi jangka panjang: Penutup

Pilihan yang paling bijak dalam memilihnya adalah memilih keduanya, di mana Anda sebaiknya mengkombinasikannya dan meraup keuntungan dari dua jenis jangka waktu investasi tersebut.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Bila Anda berencana untuk rutin berinvestasi dalam jangka pendek demi memenuhi tujuan finansial terkini, milikilah paling tidak satu investasi jangka panjang agar peningkatan valuasi uang Anda tetap konsisten dari waktu ke waktu.

Begitupun sebaliknya, bila Anda cenderung memilih untuk berinvestasi dalam jangka panjang, milikilah investasi jangka pendek demi memenuhi berbagai kebutuhan darurat dan memperbaiki arus kas keuangan Anda.

Baca Juga: Investor Pemula? Baca Panduan Investor Pemula Untuk Investasi di Fintech Lending KoinWorks Ini

Pastikan bahwa manapun jangka waktu investasi pilihan Anda, pastikan sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Dengan demikian, Anda pun semakin dekat dengan kebebasan finansial atau financial freedom.


Belum bergabung di KoinWorks? Jangan lewatkan keuntungan dan serunya investasi online peer to peer lending sekarang juga!

Daftar Sekarang


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.