Investasi Jangka Pendek vs Investasi Jangka Panjang, Lebih Untung Mana?

Investasi Jangka Pendek vs Investasi Jangka Panjang

Investasi Jangka Pendek vs Investasi Jangka Panjang, Lebih Untung Mana? – Investor akan selalu dibingungkan dan dilema dalam memilih jangka waktu investasi.

Bagi sebagian investor, investasi jangka pendek dipilih karena berpotensi memberikan imbal hasil yang lebih cepat.

Sementara itu, investasi jangka panjang dipilih demi memanfaatkan efek compounding, meminimalisir risiko, dan untuk mewujudkan berbagai tujuan finansial dalam jangka panjang.

Bila Anda dihadapkan pada dua pilihan jangka waktu investasi, jangka waktu mana yang lebih Anda utamakan? Tentu harus berdasar pada kebutuhan atau tujuan di balik investasi itu sendiri.

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Mencairkan Dana di KoinWorks

Demi membantu Anda memilihnya, berikut perbandingan singkat investasi jangka pendek maupun jangka panjang:


Investasi Jangka Pendek vs Investasi Jangka Panjang: Ikhtisar

Jangka Pendek

Jangka Panjang

Jangka waktunya maksimal setahun, bahkan kurang dari setahun. Biasanya lebih dari setahun bahkan hingga berpuluh tahun.
Risiko cenderung lebih besar Keuntungan Konsisten
Mendapatkan keuntungan jadi lebih cepat Memungkinkan investor untuk terus mendapatkan pemasukan dalam jangka panjang
Cocok untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek Dana investasi tertahan lebih lama
Efek compounding tidak begitu signifikan Potensi keuntungan jauh lebih tinggi berkat efek compounding
Mampu memenuhi kebutuhan dengan tingkat urgency yang tinggi Cocok untuk memenuhi kebutuhan berkelanjutan dalam jangka panjang
Rentan terhadap inflasi karena valuasinya bisa saja tidak mampu menyaingin tingkat inflasi tahunan. Efek compounding dalam jangka panjang bisa membuat valuasinya bertambah mengalahkan inflasi.

Pilih mana, investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang?

Bagi sebagian besar investor, bila harus memilih, tentu ini adalah pilihan yang sulit. Namun, tidak sedikit investor yang mengkombinasikan dua jangka waktu investasi tersebut dalam kegiatan investasinya. Pertimbangannya adalah sebagai berikut:

I. Pertimbangan memilih investasi jangka pendek

1. Pengembalian imbal hasil/return lebih cepat

bunga-investasi-hitung-untung

Banyak investor yang lebih memilih untuk mempercepat perputaran uangnya sehingga lebih memilih investasi jangka pendek agar return berupa pokok investasi dan bunganya bisa lebih cepat didapatkan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menganalisa Factsheet Pinjaman di KoinWorks?

Setelah itu mereka menginvestasikan kembali pokoknya ke instrumen investasi lain, atau trading di pasar uang, dan sebagainya.

2. Memenuhi kebutuhan jangka pendek

Ayo Ketahui Karakteristik Obligasi Berikut Ini!

Bagi mayoritas profesional muda, di mana pendapatan bulanan masih belum terlalu memadai untuk berinvestasi setiap bulannya (rutin berinvestasi), investasi jangka pendek dianggap pilihan yang paling tepat.

Baca Juga: Di KoinWorks, Anda bisa Memilih Jangka Waktu Investasi Selama 6 Bulan Secara Otomatis

Sebab, ke depannya, ada saja kebutuhan jangka pendek yang harus dipenuhi, sementara dana darurat belum bisa rutin disisihkan dari pendapatan bulanan yang masih relatif kecil.


II. Pertimbangan memilih investasi jangka panjang

1. Memaksimalkan efek compounding

Apa Itu Efek Compounding Dalam Investasi dan Seperti Apa Manfaatnya?

Banyak investor yang cenderung memilih investasi jangka panjang karena nyatanya manfaat efek compounding dalam mendongkrak valuasi dananya dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Strategi Mendanai di KoinWorks: 5 Cara Memaksimalkan Bunga Keuntungan

Efek compounding (bunga berbunga/bergulung) sebetulnya sangat umum di dunia investasi maupun kredit. Hanya saja, banyak investor yang belum memaksimalkan manfaatnya.

BIla Anda penasaran bagaimana potensi keuntungan investasi apabila Anda memanfaatkan efek compounding, coba simulasikan valuasi dana investasi Anda dalam jangka panjang dengan kalkulator berikut:

2. Meminimalisir potensi risiko

Jangan takut risiko berkomunikasi di kantor

Investasi jangka pendek sebenarnya rentan terhadap risiko, utamanya karena tingkat fluktuasinya yang tinggi, dan investor yang memilih investasi jangka panjang cenderung bertujuan demi meminimalisir risiko seperti itu.

Baca Juga: Dana Proteksi KoinWorks, Sebuah Inisiatif Demi Menjamin Keamanan Investasi

Meski lama, investasi jangka panjang perlahan mampu meningkatkan nilai uang yang diinvestasikan secara konsisten.

Meski lebih lambat, stabilnya laju investasi jangka panjang memungkinkan tingkat stabilitas yang jauh lebih besar dan risiko yang jauh lebih rendah daripada investasi jangka pendek.

3. Memenuhi berbagai kebutuhan jangka panjang

bunga Diatas Deposito - investasi jangka pendek - Jenis Bunga Deposito Time Deposit - investasi untuk PNS- tips investasi untuk gaji pas pasan

Berbagai kebutuhan jangka panjang seperti biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, hingga dana pensiun bisa dipenuhi dengan imbal hasil investasi jangka panjang. Investor hanya perlu bersabar karena waktu yang dibutuhkan memang lebih lama.

Baca Juga: Grafik Harga Emas Hari Ini


“Bagaimana caranya mempertimbangkan pilihan antara investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang?”

Jawaban singkatnya adalah, pahami dua aturan penting soal uang (dapat dibaca di halaman ini).

Nah bila Anda sudah memahaminya, sekarang silakan tentukan tujuan investasi Anda dan pisahkan mana uang yang tidak begitu dibutuhkan dalam jangka panjang dan mana uang yang akan digunakan dalam jangka waktu setahun atau kurang.

Baca Juga: Aturan Penting Tentang Uang yang Harus Kamu Tahu

Hal tersebut akan sangat membantu Anda dalam menentukan pilihan investasi Anda menurut jangka waktunya.

Bila Anda memilih jenis investasi dengan tenor yang lebih lama, kemungkinan besar Anda memiliki tujuan jangka panjang untuk dipenuhi seperti membeli rumah atau mempersiapkan dana pensiun.

Baca Juga: Maksimalkan Keuntungan, Tinjau Kembali Akun KoinWorks Anda dan Lakukan 4 Hal Ini

Sebaliknya, investasi jangka pendek akan menjadi pilihan yang lebih tepat apabila Anda tahu betul bahwa Anda akan membutuhkan uang dengan nominal tertentu di waktu tertentu seperti misalnya membeli kendaraan atau melanjutkan pendidikan formal ke luar negeri.


“Di KoinWorks sendiri, jangka waktu investasi mana yang lebih menguntungkan?”

Jawaban atas pertanyaan ini tentu akan sangat bergantung pada perilaku Anda saat berinvestasi. Apa orientasi Anda? Apa tujuan Anda berinvestasi? Dari dana investasi yang dimiliki, berapa rasio perbandingan bobot untuk diinvestasikan dalam jangka pendek dan jangka panjang?

Baca Juga: Melalui KoinWorks, Kepada Siapa Saja Sebenarnya Investasi Anda Disalurkan?

Bila Anda sudah menentukannya, maka Anda akan merasa bahwa tidak ada yang lebih dominan. Sehingga bila ditanya ‘lebih baik mana?’, akan lebih baik bahkan sangat baik bila Anda mengkombinasikan keduanya.

Di KoinWorks sendiri, fleksibilitas dalam berinvestasi begitu tinggi dan setiap investor memiliki kendali penuh terhadap pengelolaan portofolio investasinya masing-masing. Mayoritas frekuensi pengembalian imbal hasil mendanai di KoinWorks terjadi setiap bulannya.

Itu artinya, setiap investor bisa memanfaatkan efek compounding dalam frekuensi bulanan. Investor bisa dengan mudah memilih pinjaman dengan tenor pendek maupun panjang, tergantung risk tolerance dan potensi keuntungan yang diinginkan.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Mendanai di KoinWorks Bisa Mulai dari Rp 100.000

Untuk mengkombinasikan keduanya, terdapat dua fitur di KoinWorks yang bisa Anda manfaatkan.


Menyeimbangkan portofolio dengan dua fitur penting KoinWorks

Fitur penting yang ada di KoinWorks tidak hanya berfungsi untuk menyeimbangkan portofolio Anda dari segi tingkat risiko maupun keuntungannya, melainkan juga dari segi jangka waktu.

1. Fitur Auto Purchase

Multi Auto Purchase

Bila Anda menggunakan fitur Auto Purchase kala mendanai di KoinWorks, itu artinya Anda berkesempatan untuk mengotomatisasikan proses pendanaan Anda.

Baca Juga: Cara Mengetahui Progres Pinjaman yang Anda Danai di KoinWorks

Dengan fitur ini, setiap pendana seperti Anda bisa menyeimbangkan bobot risiko dan keuntungan dalam portofolionya, begitu pun mengkombinasikan jangka waktunya.

Selengkapnya mengenai fitur Auto Purchase bisa Anda temukan di artikel berikut:

https://koinworks.com/blog/fitur-multi-auto-purchase/


2. RoboLending

RoboLending

RoboLending adalah produk pendanaan p2p KoinWorks yang akan mengotomatisasikan seluruh proses pendanaan online peer to peer lending di KoinWorks yang secara harafiah akan bekerja untuk Anda.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Mendanai di KoinWorks

Artinya, RoboLending akan melakukan otomatisasi pendanaan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang Anda inginkan di peer to peer lending.

Pengembalian yang sudah dicapai dalam jangka waktu tertentu akan tersedia di akun Anda di akhir tenor. Terdapat jangka waktu yang variatif entah itu 3, 6 hingga 12 bulan, sehingga akan membuat Anda lebih fleksibel dalam memilihnya.

Cara kerjanya sangat sederhana. Anda hanya perlu memilih RoboLending dengan tingkat keuntungan dan tenor yang diinginkan, top-up dana dan alokasikan ke RoboLending pilihan kemudian biarkan teknologi KoinWorks secara otomatis untuk Anda hingga tingkat keuntungannya tercapai di akhir tenor.

Baca Juga: Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Pendanaan Fintech Lending KoinWorks

RoboLending sedikit banyak mirip seperti time-deposit, di mana Anda hanya perlu menunggu dalam jangka waktu tertentu hingga keuntungan Anda bisa didapatkan.


Investasi jangka pendek vs investasi jangka panjang: Penutup

Pilihan yang paling bijak dalam memilihnya adalah memilih keduanya, di mana Anda sebaiknya mengkombinasikannya dan meraup keuntungan dari dua jenis jangka waktu investasi tersebut.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Pendanaan Fintech Lending

Bila Anda berencana untuk rutin berinvestasi dalam jangka pendek demi memenuhi tujuan finansial terkini, milikilah paling tidak satu investasi jangka panjang agar peningkatan valuasi uang Anda tetap konsisten dari waktu ke waktu.

Begitupun sebaliknya, bila Anda cenderung memilih untuk berinvestasi dalam jangka panjang, milikilah investasi jangka pendek demi memenuhi berbagai kebutuhan darurat dan memperbaiki arus kas keuangan Anda.

Baca Juga: Pendana Pemula? Baca Panduan Pendana Pemula Untuk Mendanai di Fintech Lending KoinWorks Ini

Pastikan bahwa manapun jangka waktu investasi pilihan Anda, pastikan sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Dengan demikian, Anda pun semakin dekat dengan kebebasan finansial atau financial freedom.


Belum bergabung di KoinWorks? Jangan lewatkan keuntungan dan serunya pendanaan online peer to peer lending sekarang juga!

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.