Investasi Jangka Pendek Apa yang Cocok Untuk Anda? – Dalam dunia finansial, investasi bukanlah sesuatu yang asing. Investasi kerap digunakan untuk memenuhi tujuan keuangan jangka panjang terlebih karena adanya efek compounding, namun tidak menutup kepentingan finansial untuk jangka pendek.

Baca Juga: Dari 5 Jenis Investasi Populer yang Ada di Indonesia, Anda Pilih yang Mana?

Bagi mereka yang ingin ‘memutar uang’ dengan imbal hasil menguntungkan yang bisa didapat dalam jangka waktu yang lebih pendek, pastinya investasi jangka pendek menjadi solusi. Nah, apa saja investasi jangka pendek yang mungkin cocok untuk Anda?

3 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Direkomendasikan

1. Deposito

Tips Mengoptimalkan Dana Pensiun Untuk Bisnis - apa itu deposito

Deposito sebenarnya mirip dengan menabung. Namun, Anda tidak bisa setiap saat mengambil uang yang sudah didepositokan seperti halnya menabung. Bunga yang ditawarkan deposito biasanya lebih tinggi daripada bunga tabungan.

Baca Juga: Mari Mengenal Deposito Lebih Dekat: Apa Itu Deposito dan Seperti Apa Karakteristiknya?

Selain itu, Anda bisa menentukan berapa lama durasi uang didepositokan yang rata-rata durasinya bersifat jangka pendek.

2. Saham

bermain saham

Saham merupakan salah satu instrumen yang paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Saham begitu menarik karena memberikan keuntungan yang besar meskipun risikonya juga besar.

Tidak seperti deposito, Anda bisa menjual saham dalam beberapa hari setelah membeli saham tersebut, bahkan dalam beberapa jam asalkan Anda bisa mendapatkan keuntungan darinya.

Baca Juga: Mengenal Istilah-Istilah yang Ada di Bursa Saham

Saham sebenarnya cocok digunakan untuk jangka panjang maupun investasi jangka pendek, tergantung orientasi perencanaan keuangan dan target investasi Anda.

Bila Anda membutuhkan dana yang relatif cepat, saham bisa menjadi pilihan. Namun berhati-hatilah saat berinvestasi saham karena risikonya pun besar.

3. Peer to Peer Lending

Peer-to-Peer Lending - P2P

Peer to peer lending masih terbilang jauh lebih muda dibandingkan dengan dua instrumen investasi sebelumnya. Dengan peer to peer lending, Anda berkesempatan untuk berinvestasi pada kebutuhan peminjam, kepada peminjam manapun yang Anda pilih.

Baca Juga: Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Ada beragam platform yang tersedia di Indonesia. Nominal investasi dan keuntungan yang ditawarkan pun berbeda-beda. Ada yang Rp 1.000.000, ada yang Rp 5.000.000, bahkan ada juga yang Rp 100.000.

Salah satu dari sekian banyak platform peer to peer lending di Indonesia adalah KoinWorks. Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal Rp 100.000 dengan potensi keuntungan bunga efektif sebesar 19% per tahun.

Investasi peer to peer lending pun memungkinkan Anda untuk memiliki jenis investasi jangka pendek yang bisa dicoba mulai dari sekarang.

Namun, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda apabila Anda menerapkan efek compounding, di mana bunga dari imbal hasil investasi yang Anda dapatkan terus-menerus diinvestasikan kembali.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Jadi, investasi jangka pendek mana yang kira-kira cocok untuk Anda? Yang pasti, sesuaikan dengan tujuan dan rencana keuangan, risk tolerance hingga dana investasi yang siap untuk diinvestasikan.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari investasi jangka pendek pilihan Anda. Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.