Bagaimana Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial? – Sebagai bagian dari hidup yang esensial pengaruhnya, keuangan merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi kehidupan dewasa ini. Kondisi keuangan yang baik akan menuntut banyak hal, yang lumrahnya adalah menuntut kemampuan Anda sendiri dari berbagai sisinya.

Pekerjaan yang baik, kenaikan gaji, kebijakan dalam mengelola keuangan, hingga menghemat pengeluaran hanyalah beberapa contoh saja yang menuntut diri Anda soal keuangan. Satu yang terlewatkan dari yang telah disebutkan sebelumnya adalah investasi.

Tips Keuangan Sebagai Bagian dari Resolusi Tahun 2017 Anda

Pandangan Umum Tentang Investasi

Banyak orang yang menganggap remeh, banyak pula yang takut untuk mencoba. Tetapi sebenarnya, investasi merupakan sesuatu yang bisa mempengaruhi kehidupan Anda, terutama dari segi keuangan, yang entah itu akan menguntungkan Anda atau justru malah merugikan.

Baik bila Anda memiliki aset yang menjadi sumber penghasilan dan pekerjaan yang baik dengan gaji tinggi, sehingga Anda mungkin merasa tidak perlu untuk berinvestasi. Ada pula orang yang takut berinvestasi karena stigma yang tertanam padanya bahwa investasi itu mahal, rumit, dan teramat beresiko.

Apa yang berkaitan dengan uang, memandang dari segi resikonya, selalu mengkhatirkan setiap orang. Sehingga sekecil apapun resiko terhadap keuangan tersebut bisa menimbulkan kekhawatiran. Khawatir bila uangnya hilang begitu saja tidak kembali apalagi kembali membawa keuntungan. Mungkin itulah dasar mengapa orang takut berinvestasi.

Ikuti Tips Sukses Investasi Ini Agar Investasi Anda Bisa Lebih Menguntungkan

Padahal di tempat teraman bagi kita, misalnya di dalam rumah, pun memiliki resikonya sendiri, yang kali ini tidak hanya melibatkan uang namun juga nyawa. Apapun itu, di mana pun itu, pasti selalu mengandung resiko dengan tingkatannya sendiri. Jadi mengapa Anda takut dengan resiko investasi?

Katakanlah Anda sudah memiliki kecukupan di bidang finansial sehingga kebutuhan Anda dapat terpenuhi dengan mudahnya. Anda tidak akan tahu sampai kapan hal tersebut berlangsung, dan dari mana lagi Anda akan mendapatkan penghasilan bila sesuatu terjadi pada aset Anda yang selama ini menjadi penghasilan utama.

Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial

Ketika Anda berinvestasi, Anda membuka peluang baru untuk mendapatkan penghasilan, dalam durasi yang amat panjang.  Teramat panjang hingga Anda lupa bahwa Anda telah berinvestasi. Ada juga instrumen investasi yang hanya membutuhkan waktu singkat, sehingga Anda bisa menikmati keuntungannya lebih cepat.

Di sisi lain, berinvestasi bisa saja menghasilkan kerugian yang teramat besar sehingga kondisi finansial Anda memburuk.

Sekecil apapun, investasi dapat memberikan Anda keuntungan atau kerugian, tentu sama seperti kondisi keuangan secara umum, bergantung pada diri Anda dalam berinvestasi.

Investasi memang tak luput dari resiko, dan setiap instrumen investasi memiliki resiko dengan tingkatannya sendiri. Tergantung, bagaimana Anda menoleransi segala resiko tersebut dan tetap berinvestasi. Bergantung pula dengan jenis investasi yang Anda pilih dan prioritaskan.

Tips Menjadi Serial Investor

Bila perlu, cobalah beragam jenis investasi. Dengan banyaknya jenis investasi sekarang ini, tentu tidak bijak jika Anda hanya menggunakan satu jenis saja. Katakanlah Anda selama ini berinvestasi emas atau properti. Bila Anda memiliki dana lebih, cobalah berinvestasi  saham atau investasi online alternatif seperti Peer to Peer Lending.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita dalam Mengatur Keuangan

Pahami segala resiko karena seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap jenis investasi memiliki tingkat resikonya masing-masing. Sudah pasti resiko investasi emas akan berbeda dengan investasi online Peer to Peer Lending.

Memahami resiko ketika berinvestasi tentu akan mempengaruhi kebijakan Anda dalam berinvestasi. Hal tersebut juga akan mempengaruhi kebijakan Anda dalam mengelola keuangan. Paling tidak demi berinvestasi, Anda harus bisa menyisihkan dana dari total keuangan Anda sekarang.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Investasi di Fintech Lending

Tentu tidak bijak bila menggunakan dana tabungan untuk kemudian digunakan berinvestasi. Tabungan itu harus tetap ada dan pasti jumlahnya, karena selain bisa digunakan sebagai dana darurat, tabungan juga bisa melengkapi berbagai kebutuhan finansial Anda kapan pun dibutuhkan.

Lain dengan investasi, yang membutuhkan waktu berjangka relatif lama hingga Anda bisa menggunakan dana pokok dan keuntungannya.

Mulai Berinvestasi

Ketika berinvestasi, Anda dituntut untuk berhati-hati namun tetap harus percaya diri. Hati-hati maksudnya Anda harus memahami cara kerja dan resikonya masing-masing. Analisis mendalam tentu diperlukan dalam prosesnya.

Percaya diri maksudnya Anda harus yakin sepenuhnya dengan tujuan investasi Anda. Jika ada keraguan sedikit saja berarti ada sesuatu yang salah dengan analisa Anda atau ada sesuatu yang terlewatkan ketika menganalisanya.

Cara Kerja KoinWorks: Pendanaan Online P2P Lending

Hal-hal tersebut juga akan mempengaruhi kebijakan Anda dalam mengelola keuangan karena Anda sebelumnya sudah terbiasa menganalisa segala resiko. Pun, Anda juga akan terbiasa dengan mengelola keuangan yang penuh resiko bila tidak bijak dalam mengelolanya.

Jangan pula bertaruh ketika berinvestasi. Jangan perlakukan investasi seperti judi. Karena Anda kini sudah tahu bahwa investasi mempengaruhi kehidupan finansial, ketika Anda baru memulai investasi atau ingin mencoba jenis investasi baru, selalulah mulai dari yang kecil.

https://koinworks.com/blog/panduan-pemula-investasi-fintech-lending-koinworks/

Manfaatkan nominal kecil tersebut untuk mempelajari seluk-beluknya, entah itu cara kerja, resiko, hingga potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Seperti investasi online Peer to Peer Lending yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan. Investasi online alternatif ini sudah terkenal sejak sekitar 10 tahun lalu di Inggris, AS, bahkan Cina namun baru setahun belakangan ini mulai digandrungi di Indonesia.

5 Tips Berinvestasi di Fintech Lending dari Para Ahli

Bila Anda tertarik untuk mencobanya, cobalah platform Peer to Peer Lending (Fintech Lending) yang bisa dimulai dengan nominal kecil. Di Fintech Lending KoinWorks, Anda bisa mulai berinvestasi dengan nominal kecil, hanya dengan Rp 100.000 saja Anda sudah bisa mencoba berinvestasi dengan skema Peer to Peer Lending.

KoinWorks sendiri memang menganjurkan investor untuk mulai berinvestasi dengan nominal yang kecil karena jenis investasi online Peer to Peer Lending ini masih baru dan masih membutuhkan adaptasi menyeluruh terhadap iklim investasi di Tanah Air.

Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks

Maka dari itu, nominal yang kecil yang ditetapkan KoinWorks sebagai starting amount jelas menjadi bentuk pemberian kesempatan kepada siapa pun untuk mencoba berinvestasi di platform Peer to Peer Lending yang disediakannya.

Sadar bahwa investasi mempengaruhi kehidupan finansial Anda dan tertarik untuk mencoba berinvestasi di Peer to Peer Lending KoinWorks?

Daftar Sekarang


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.