4 Cara Mudah Mengembangkan Investasi dan Nilai Kekayaan Bersih di Masa Depan – Seperti yang sudah kita pahami bersama bahwa investasi merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan nilai kekayaan bersih di masa depan.

Investasi yang dilakukan mampu menumbuhkan uang berkali-kali lipat dan mampu mengalahkan laju inflasi tahunan.

Dengan meningkatnya nilai kekayaan bersih yang dimiliki, maka akan semakin mudah juga Anda memenuhi berbagai kebutuhan keuangan di masa depan.

Baca Juga: Dari 5 Jenis Investasi Populer yang Ada di Indonesia, Anda Pilih yang Mana?

Dalam pembahasan kali ini, kami akan mencoba untuk membagikan kepada Anda semua tentang 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kekayaan bersih melalui investasi.

Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

4 Cara Mudah Mengembangkan Investasi dan Nilai Kekayaan Bersih di Masa Depan

1. Menjual Waktu yang Anda Miliki

memanfaatkan waktu - produktif - produktivitas

Sumber uang yang satu ini akan diterima saat menjual waktu yang dimiliki kepada seorang majikan yang membayar Anda. Sumber penghasilan ini seringkali disebut dengan upah atau gaji yang biasanya diterima setiap bulan.

Baca Juga: Investor Harus Tahu! Ini 9 Pertimbangan Penting Sebelum Investasi Properti

Nilai uang yang akan Anda dapatkan sangat tergantung dari seberapa langka keterampilan yang Anda miliki dan banyaknya permintaan di masyarakat.

Misalnya saja, Anda yang bekerja sebagai ahli bedah otak bisa mendapatkan gaji yang berkali-kali lipat dari mereka yang hanya bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran.

Hal ini dapat terjadi karena hanya sedikit sekali orang yang benar-benar mampu dan memiliki keterampilan seperti yang Anda miliki.

Dalam kondisi di atas agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak uang dan pendapatan, maka Anda harus meningkatkan keterampilan diri sendiri, meningkatkan tarif yang dikenakan, atau bekerja lebih lama.

Baca Juga: 7 Cara Hidup Enak Sambil Tetap Bisa Menabung dan Berinvestasi

Cara meningkatkan nilai kekayaan bersih yang satu ini memiliki kekurangan, dimana Anda hanya bisa mendapatkan uang saat aktif bekerja.  Jadi, saat tidak aktif bekerja, Anda tidak akan bisa mendapatkan penghasilan untuk menghidupi diri sendiri.


2. Pendapatan Bunga yang Anda Dapatkan

bunga investasi di koinworks tinggi - penentuan suku bunga pinjaman dan simpanan

Pendapatan yang satu ini akan didapatkan, saat Anda meminjamkan uang kepada pihak yang akan membayar kembali pokok pinjaman dengan bunga yang ditambahkan didalamnya.

Baca Juga: Siap-siap Ketiban Rezeki, 5 Zodiak Ini Berpeluang Kaya Raya Sebelum Usia 30

Misalnya saja, Anda membeli deposito di sebuah bank, maka dalam hal ini Anda telah meminjamkan uang ke bank selama periode tertentu.

Anda akan mendapatkan tingkat pengembalian yang sudah ditentukan sebelumnya dan biasanya bunga yang didapatkan akan dihitung per tahun.

Berinvestasi di peer to peer lending seperti KoinWorks menjadi salah satu sumber pendapatan bunga yang akan Anda dapatkan.

Sistemya seperti ini, Anda selaku investor dan pemberi pinjaman akan dipertemukan dengan pelaku UKM yang membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan usahanya.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

KoinWorks juga akan mempertemukan investor dengan masyarakat yang membutuhkan kebutuhan finansial yang bersifat konstruktif lainnya seperti kebutuhan pendidikan dan kesehatan.

Lewat investasi peer to peer lending inilah Anda akan mendapatkan pendapatan bunga yang merupakan kewajiban pelaku UMKM yang telah mengajukan pinjaman ke KoinWorks.

Potensi pendapatan bunga yang akan didapatkan juga sangat kompetitif yaitu mencapai 18% bunga efektif dalam setahun. Tingkat imbal hasil yang mampu mengalahkan laju inflasi tahunan di Indonesia yang rata-rata berada di kisaran 3 – 4% dalam setahun.

Berapa modal yang harus dipersiapkan untuk mulai berinvestasi di KoinWorks?

Modal yang dikeluarkan untuk memulai sangat rendah, sebab Anda bisa berinvestasi dengan uang minimal Rp 100.000 saja di KoinWorks.

Baca Juga: Panduan Lengkap KoinWorks Bagi Investor Pemula

Hal ini menjadikan KoinWorks termasuk dalam instrumen investasi berbiaya rendah dengan imbal hasil sangat kompetitif yang patut Anda pertimbangkan.


3. Pendapatan Sewa dan Profit Usaha yang Dijalankan

profit - keuntungan investasi - keuntungan bisnis

Saat Anda mempunyai sebuah usaha dan mampu mengantongi laba Rp 10 Juta dalam sebulan, maka nilai tersebut merupakan penambahan kekayaan bersih yang akan didapatkan setiap bulannya.

Baca Juga: 7 Cara Menghemat Biaya Bulanan, Terapkan dan Dapatkan Lebih Banyak Dana Untuk Disimpan

Hal ini juga akan berlaku jika Anda menginvestasikan uang pada saham perusahaan dan memiliki kepemilikian sekitar 10% dari perusahaan.

Jika perusahaan tersebut mampu mendapatkan laba bersih sekitar Rp 1 Milyar dalam sebulan, maka itu artinya Anda berhak mendapatkan Rp 100 Juta setiap bulan sebagai bagian kepemilikan Anda di perusahaan tersebut.

Selain itu, misalnya saja Anda memiliki sebuah properti yang disewakan dan mendapatkan aliran pendapatan setiap bulannya. Pendapatan sewa yang dibayarkan pihak penyewa kepada Anda menjadi penambah nilai kekayaan bersih setiap bulannya.


4. Keuntungan dari Capital Gain

bisnis bagi hasil - sistem bagi hasil - profit sharing

Jenis pendapatan yang terakhir akan didapatkan, saat Anda membeli sebuah aset dan kemudian menjualnya beberapa tahun kemudian dengan harga yang lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Aturan Penting Saat Membangun Kekayaan, Terapkan Sejak Dini dan Jangan Ditunda!

Misalnya saja saat ini Anda memiliki sebuah rumah yang berharga Rp 500 Juta, selanjutnya 10 tahun kemudian nilai properti tersebut melonjak naik menjadi Rp 750 Juta.

Saat Anda menjual rumah tersebut kepada orang lain, maka ada keuntungan dari capital gain sebesar Rp 250 Juta yang akan didapatkan.

Tidak hanya properti saja yang bisa mendapatkan keuntungan dari capital gain, sebab ada beberapa benda yang bisa berpotensi untuk menghasilkan capital gain. Misalnya saja lukisan langka, berlian, dan lain sebagainya.

Namun, jika di masa yang akan datang Anda menjualnya dengan harga yang lebih rendah dari harga beli, maka dalam hal ini Anda akan mendapatkan kerugian yang disebut dengan capital loss.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Penting Sebelum Menggunakan Jasa Penasihat Keuangan

Demikianlah 4 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan nilai kekayaan bersih di masa depan.

Terapkan 4 kiat di atas secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang optimal. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda semua.

Selamat berinvestasi dan selamat mencoba KoinWorks!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.



Punya pertanyaan seputar KoinWorks?


There are currently no comments.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.