Pilih Investasi Saham atau Reksa Dana? Ini Pertimbangannya… – Ada 3 faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat Anda ingin investasi saham atau reksa dana.

Faktor tersebut adalah risiko yang bersedia diterima, tingkat pengembalian yang diinginkan, serta biaya apa saja yang bersedia ditanggung saat berinvestasi.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat akan memilih antara investasi saham dan reksa dana.Pilih Investasi Saham atau Reksa Dana? Ini Pertimbangannya

Perbedaan Dasar antara Saham dan Reksa Dana

jenis investasi - reksa dana

Saat investasi saham, itu artinya Anda memiliki bagian kepemilikan di salah satu perusahaan. Saham akan memberikan dividen yang akan dibayarkan setiap kuartal atau tahunan.

Bukan hanya itu saja, Anda juga dapatΒ  menghasilkan keuntungan saat menjual kembali saham ke pasar. Saat harga beli lebih rendah daripada harga jual, maka itulah margin keuntungan yang akan didapatkan.

Di sisi yang lain, reksa dana adalah sekumpulan produk investasi yang dikelola oleh manajer investasi, bisa berupa saham, obligasi, surat utang, dan deposito.

Baca juga: 4 Perbedaan dan Manfaat antara Investasi Saham dan Obligasi

Saat investasi saham, Anda bisa memilih jenis perusahaan berdasarkan kategori tertentu.

Anda juga bisa menentukan strategi investasi yang diinginkan, apakah ingin menahan dalam jangka panjang atau melakukan perdagangan jangka pendek.

Namun pada umumnya, investasi saham ditujukan untuk jangka panjang yaitu di atas 10 tahun.

Sementara itu untuk reksa dana, jangka waktu investasinya sangat bergantung pada jenis reksa dana yang dibeli.

Jika Anda membeli reksa dana pasar uang, maka investasi ditujukan untuk jangka pendek yaitu di bawah 2 tahun. Reksa dana saham ditujukan untuk investasi jangka panjang, yaitu di atas 7 tahun.


Tingkat Pengembalian yang Akan Didapatkan

Trik Sederhana Mendapatkan Keuntungan Maksimal dari Investasi Fintech Lending KoinWorks

Untuk diketahui, investasi saham jauh lebih berisiko daripada investasi reksa dana. Dengan risiko yang sangat tinggi tersebut, maka wajar jika Anda bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi saat berinvestasi.

Investasi reksa dana jauh lebih aman karena dana yang dimiliki oleh investor akan dikelola oleh manajer investasi.

Setiap keputusan tentang produk investasi yang akan dibeli atau berapa persentase untuk jenis investasi tertentu, manajer investasi yang akan melakukannya untuk investor.

Selain itu reksa dana juga menerapkan diversifikasi di dalamnya dan hal ini juga akan mengurangi resiko.


Waktu yang Diperlukan untuk Memahami Investasi

investasi sbr005 - 3 Keuntungan Membeli SBR005, Alternatif Investasi Pilihan Anak Muda

Anda juga perlu mempertimbangkan berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari investasi. Saat akan investasi saham, maka Anda perlu memahami setiap perusahaan dan membaca laporan keuangan mereka.

Anda juga harus paham dengan situasi perekonomian yang sedang berjalan dan bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi perusahaan dan industrinya.

Di sisi yang lain berinvestasi di reksa dana tidak membutuhkan banyak waktu untuk memahami seluk beluk perusahaan.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah memilih produk investasi yang sesuai dengan jangka waktu investasi dan profil risiko saja.

Ditambah lagi dengan memilih reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi yang handal.


Investasi Saham atau Reksa Dana, Mana yang Cocok untuk Anda?

Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi? Berikut Penjelasannya...

Nah, investasi apa yang sesuai dengan Anda? Jika Anda termasuk investor agresif, bersedia mengambil resiko tinggi, berinvestasi untuk jangka panjang, dan bersedia menyisihkan waktu untuk memahami seluk beluk perusahaan, maka saham bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda

Namun jika Anda investor yang tidak memiliki banyak pengalaman saat berinvestasi, takut dengan risiko investasi, dan belum memiliki banyak dana untuk mulai berinvestasi, maka reksa dana bisa menjadi pilihan.

Oh ya, selain investasi saham atau reksa dana, Anda juga bisa memilih berinvestasi di platform Peer-to-Peer Lending, seperti KoinWorks. Berinvestasi di KoinWorks bisa dimulai dengan uang Rp100.000 saja.

Selain itu, bagi para Pendana, KoinWorks pun berinisiatif untuk menggandeng PT Lunaria Annua Indonesia untuk memberikan Dana Proteksi demi meminimalisir kerugian akibat gagal bayar.

Nah, apabila Anda tertarik untuk berinvestasi melalui platform KoinWorks, yuk tonton video di bawah ini untuk tahu panduan menggunakannya

Nah, semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk memahami lebih lanjut mengenai investasi saham atau reksa dana. Selamat berinvestasi!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.