Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » Ternyata, Minat Generasi Millennial akan Investasi SBR005 Sangat Tinggi, Lho!

Ternyata, Minat Generasi Millennial akan Investasi SBR005 Sangat Tinggi, Lho!

investasi jangka panjang

Ternyata, Minat Generasi Millennial akan Investasi SBR005 Sangat Tinggi, Lho! – Siapa sangka, banyak anak muda yang sudah terjun di dunia investasi. Hal ini pun semakin menunjukkan bahwa generasi millennial semakin melek akan dunia keuangan.

Ya, seperti yang diketahui, investasi akan membuat nilai uang yang dimiliki semakin bertamah dari waktu ke waktu. Nah, ada beragam jenis investasi yang bisa dipilih, salah satunya adalah Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR005.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Agar Generasi Millennial Berhasil Mengelola Gaji Bulanan

Dikutip dari laman Kompas.com, Kementerian Keuangan mengatakan bahwa banyak dari generasi millennial yang mengalokasikan uang yang dimiliki, untuk berinvestasi di SBR005, lho!

“Banyak basis investor khususnya menjaring generasi milenial sebagai potensial investor,” kata Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Luky Alfirman, beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari Kompas.com.

Ternyata, Minat Generasi Millennial akan Investasi SBR005 Sangat Tinggi, Lho!

Apa Itu SBR?

bunga investasi di koinworks tinggi - penentuan suku bunga pinjaman dan simpanan

Sebagai informasi, seperti yang tertulis dalam situs resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia, SBR adalah salah satu instrumen pemerintah yang dapat dimiliki Warga Negara Indonesia. Ini merupakan sebuah alternatif investasi yang terjangkau, aman, serta mudah.

Dengan berinvestasi melalui SBR, Anda bisa berkontribusi untuk negeri, sekaligus mendapatkan keuntungan per tahunnya.

Nah, semua dana yang dihimpun melalui SBR005 ini nantinya akan digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan produktif yang dilakukan oleh pemerintah.

Dikatakan pula bahwa pembelian SBR005 ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja secara online. Dengan demikian, generasi millennial atau Warga Negara Indonesia lainnya dapat memiliki e-SBN ini dengan lebih mudah.


Pembeli Paling Banyak adalah Generasi Millennial

anak muda harus mulai mendanai

Penjualan SBR005 ini ditutup pada 24 Januari 2019 lalu. Hasilnya, ada sekitar 17.000 investor yang mengajukan penawaran. Yang menarik, sebanyak 50,6% dari investor SBR tergolong generasi millennial, yang mana rentang umur mereka berkisar antara 19-39 tahun.

Kemudian, di peringkat selanjutnya, sebanyak 27% dari generasi X menjadi investor SBR005 terbanyak. Generasi X memiliki rentang usia 40-54 tahun.

Sementara itu, 0,04% investor berusia di bawah 19 tahun dan 19,9% investor merupakan baby boomers atau yang berusia 55 tahun ke atas. Sisanya adalah investor yang berumur 75 tahun ke atas.


Dana Tersalur Paling Banyak Bukan dari Millennial

orang tua - usia 50 - cara berinvestasi di usia 30

Lantas, bagaimana dari jumlah dana yang disalurkan oleh generasi millennial? Apakah juga yang terbanyak?

Jawabannya, tidak. Apabila bicara soal jumlah, dari 17.000 investor yang melakukan penawaran pembelian SBR005, investor yang berusia di atas 55 tahun menyunbang 42% dari total dana.

Hal ini dikarenakan generasi baby boomers merupakan generasi yang memiliki uang lebih banyak, ketimbang generasi lainnya.

Baca juga:  Kesalahan Umum Investor Muda

Nah, bagamana dengan Anda? Apakah Anda juga termasuk salah satu dari 17.000 orang yang tertarik untuk membeli SBR005 ini? Ya, pembeliannya bisa dimulai dengan nominal minimal Rp1 juta.

Namun, apabila Anda belum kebagian atau dana Anda masih belum mencukupi, tidak ada salahnya mencari alternatif investasi lain, misalnya seperti P2P Lending, reksa dana, dan sebagianya.

Selengkapnya mengenai instrumen investasi yang ada di Indonesia beserta untung dan ruginya, dapat Anda baca pada halaman ini.


Sumber: Kompas.com

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​