Investasi Sebagai Sumber Pendapatan Utama: Apa dan Bagaimana? – Setiap orang yang ingin memperbaharui kondisi finansial dan mengembangkannya lewat investasi tentu harus memahami segala hal yang berkaitan dengan investasi itu sendiri.

Bukan tidak mungkin investor memanfaatkan investasi sebagai sumber pendapatan yang dihandalkan, atau menjadi salah satu sumber pendapatan yang diprioritaskan.

Pendapatan dari investasi datang dari pembayaran bunga, capital gain, dividen, dan berbagai jenis pendapatan lain yang datang dari instrumen investasi. Setiap pendapatan dari hasil investasi tentu bisa diinvestasikan dan compounding, atau ditarik.

Umumnya, kebanyakan orang tentu mendapatkan porsi yang besar dari total net income mereka dari gaji pokok atau pendapatan profesi.

Namun, disiplin dalam menabung dan berinvestasi di pasar keuangan mampu menumbuhkan tabungan tersebut, yang nominalnya sedang-sedang saja, ke dalam portofolio investasi yang lebih besar, sehingga membuat investor mampu meraup pendapatan investasi yang besar setiap tahun.

Alasan Menjadikan Investasi sebagai Sumber Pendapatan Utama

investasi sebagai sumber pendapatan utama

Tujuan dari berinvestasi obligasi, kas, saham hingga properti biasanya ditujukan untuk menghadirkan pengembalian investasi dari pendapatan dan pertumbuhan modal – serta untuk mengalokasikan uang sesuai dengan kondisi pasar dan proyeksi saat ini.

Dalam laporan income statement dari sebuah perusahaan IPO, item yang disebut dengan pendapatan investasi, atau kerugian investasi, biasanya akan tertera.

Di sinilah nantinya perusahaan IPO melaporkan sebagian dari laba bersih yang diperoleh melalui investasi yang dilakukan dengan surplus cash.

Pendapatan dari investasi mengacu sepenuhnya pada keuntungan finansial atas biaya awal investasi. Bentuknya, seperti misalnya bunga atau dividen, tidak relevan dengan pendapatan investasi selama pendapatan dihasilkan dari investasi sebelumnya.

Selain itu, pendapatan investasi bisa dapat diterima sebagai lump sum atau pembayaran bunga secara teratur.

Bagi sebagian orang, pendapatan dari investasi dijadikan sebagai tujuan atau kebutuhan jangka panjang.

Sementara untuk yang lain, investasi ditujukan untuk memenuhi beragam kebutuhan yang mendesak misalnya sebagai anggaran belanja dan sebagainya.

Pendapatan juga bisa dilihat sebagai sebuah indikator yang menunjukkan apakah sebuah instrumen investasi bagus atau tidak.

Banyak investor yang percaya bahwa instrumen investasi yang mampu memberikan keuntungan dengan nilai yang baik merupakan instrumen investasi yang ideal sebagai sumber pendapatan.

Selain itu, perusahaan IPO yang memberikan keuntungan dividen yang baik cenderung menunjukkan performa dan disiplin yang baik sepanjang waktu.

Fund Manager perusahaan M&G, Steven Andrew, menuturkan bahwa 60% orang yang berinvestasi di M&G lebih memilih untuk menginvestasikan kembali keuntungan yang didapat, di mana nantinya akan memiliki efek compounding yang baik dalam jangka panjang.

Yang Perlu Dipertimbangkan Untuk Memanfaatkan Investasi sebagai Sumber Pendapatan Utama

Baik saham maupun obligasi menjadi dua di antara banyak instrumen investasi yang layak digunakan sebagai sumber pendapatan.

Selain itu, bila mampu memanfaatkan atau mengkombinasikan dua jenis investasi tersebut dengan instrumen investasi lainnya seperti investasi P2P Lending KoinWorks, kombinasi semuanya akan menciptakan portofolio investasi yang solid dan awet, karena tentu potensi kerugian di salah satu instrumen menjadi pertimbangan besar.

Baca Juga: 4 Langkah Mewujudkan Impian dengan Berinvestasi

Ini artinya Anda perlu berdiversifikasi ke banyak instrumen sebisa mungkin, dan yang paling ideal adalah saham, obligasi, hingga P2P Lending seperti KoinWorks.

Kombinasi ketiganya bisa membantu keseimbangan portofolio investasi dan melindunginya dari kerugian-kerugian besar.

Baca Juga: 5 Cara Membiasakan Diri untuk Berinvestasi

Belum lagi, di investasi saham secara khusus, perusahaan-perusahaan tertentu kerap dipaksa untuk menghadapi tahun-tahun sulit, tentu dipengaruhi oleh banyak faktor perekonomian.

Menyesuaikan kepemilikan saham, obligasi, hingga investasi online P2P Fintech Lending juga sama pentingnya dalam memprediksi waktu mendatang.

Anda sebagai investor harus yakin sepenuhnya dengan pilihan investasi dan potensi risiko yang harus ditanggung.

Bila kondisi perekonomian sedang sulit, perusahaan dan negara akan memiliki masalah dan stabilitas keuangannya pun cenderung akan goyah.

Hal tersebut tentu akan mengganggu dana investasi Anda yang sudah tersalurkan, bahkan potensi kerugian bisa saja harus ditanggung sehingga tentu mengganggu kondisi finansial Anda.

Baca Juga: 3 Jenis Investasi Menguntungkan yang Layak Dicoba

Jika obligasi dan investasi saham Anda mengalami kerugian, P2P Fintech Lending bisa menjadi opsi penyelamat karena, apabila Anda berinvestasi untuk pengembangan bisnis UMKM yang notabene diakui tahan terhadap gonjangan perekonomian seperti krisis ekonomi, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan dari investasi online P2P Lending Anda.

Selain itu, membantu mendanai pemodalan bisnis UMKM juga akan terus membantu pengembangan bisnis UMKM, yang tentu akan berpengaruh pada peningkatan perekonomian Indonesia dalam jangka panjang.

Baca Juga: Bagaimana P2P Fintech Lending Mampu Memberdayakan Masyarakat?

Pertumbuhan perekonomian nasional tentu akan membuat iklim investasi nasional menjadi lebih positif, sehingga membantu mendapatkan pendapatan yang lebih besar lagi dari investasi obligasi atau saham yang telah Anda pilih.

Dengan begitu, menjadikan investasi sebagai sumber pendapatan utama tentu sangat mungkin dan bisa menjadi salah satu aspek terpenting dalam keadaan finansial Anda.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.


Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.