Bingung Mau Investasi Tanah atau Emas? Baca Ini Dulu, Yuk! – Dewasa ini, banyak sekali cara yang bisa dipilih untuk berinvestasi, mulai dari saham, reksadana, emas, properti, hingga P2P Lending.

Sebenarnya, semua jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi, jika Anda dihadapkan dengan pilihan investasi tanah dan emas, kira-kira investasi mana yang akan Anda pilih?


Bingung Mau Investasi Tanah atau Emas? Baca Ini Dulu, Yuk!

Saat dihadapkan dengan situasi di atas, kebanyakan orang pasti mempertimbangkan dari segi keuntungannya terlebih dahulu, setelah itu baru memikirkan modal.

Investasi tanah bisa disebut dengan cara investasi yang paling kuno, karena zaman dulu banyak sekali orang-orang yang memiliki harta lebih kemudian mengalokasikannya untuk membeli banyak tanah di berbagai tempat. Dengan teknik yang tepat, tentu saja investasi tanah ini dapat membuat keuntungan besar bagi Anda.

Baca Juga: Investasi Emas atau Dollar, Mana yang Lebih Untung?

Sementara itu, investasi emas adalah investasi yang paling populer dan diminati oleh berbagai kalangan di masyarakat. Harga emas yang tidak semahal tanah dan bisa terbilang stabil serta cenderung mengalami peningkatan menjadi alasan utama mengapa masyarakat banyak yang memilih alternatif investasi ini.

Lalu, kira-kira investasi mana ya yang lebih menguntungkan untuk Anda? Investasi tanah atau investasi emas? Sebelum memulainya, yuk baca penjelasan di bawah mana investasi yang harus Anda pilih!


1Kelebihan Investasi Tanah

tanah-harga-ladang-kebun-investasi
Harga Tanah Selalu Naik

Kunci utama dari investasi tanah adalah sabar, karena Anda perlu menunggu beberapa tahun untuk meningkatkan harga jual tanah tersebut. Harga tanah akan selalu naik, karena kebutuhan orang akan tanah terus meningkat tapi tidak dibarengi dengan jumlah tanah yang ada saat ini.

Tanah bisa jadi investasi yang sangat menguntungkan jika Anda memiliki tanah di daerah yang benar-benar strategis.


Tidak Butuh Perawatan

tanah-investasi-harga-ladang-kebun

Berbeda dengan investasi di rumah, jika berinvestasi tanah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan.


Tingkat Risiko Hampir 0%

risiko rendah

Pakar investasi berpendapat bahwa risiko investasi tanah sudah dikunci oleh harga tanah itu sendiri. Jadi, seandainya Anda harus menjual tanah milik Anda, harganya tidak akan tergerus seperti kendaraan mobil atau motor.

Baca Juga: Investasi Emas Atau Berlian? Menentukan Investasi yang Akan Dipilih


Sebagai Jaminan

rumah - jaminan rumah - perbedaan aset dan likuiditas

Apabila Anda membutuhkan suatu biaya dadakan dan ingin memakai tanah Anda sebagai jaminannya, hal tersebut bisa Anda lakukan.

Saat ini sudah banyak lembaga keuangan, atau bahkan perorangan yang bersedia menerima tanah sebagai jaminan.


2Kekurangan Investasi Tanah

modal-uang-harga-duit
Modal Lumayan Besar

Bagi sebagian orang, membeli tanah membutuhkan biaya yang lumayan besar. Berbeda dengan instrumen lainnya yang mulai dari Rp100.000 saja Anda sudah bisa bebas berinvestasi.


Kurang Likuid

Kekurangan lainnya dari investasi tanah adalah sifatnya yang kurang likuid, artinya jika Anda membutuhkan dana yang cepat dan ingin menjualnya, tanah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan pembeli.

Baca Juga: Tips Investasi Emas atau Berinvestasi Pada Dinar


Adanya Biaya Tambahan Saat Transaksi

uang - investasi - koinworks - agar uang tidak terbuang percuma - menghemat biaya bulanan

Ketika Anda memutuskan untuk membeli atau menjual tanah, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk biaya administrasi atau biaya pajak.


3Kelebihan Investasi Emas

emas-investasi-nilai-grafik-naik-tingkat - tips investasi untuk gaji pas pasan
Tidak Tergerus Inflasi

Meski pernah turun sesekali, namun harga emas cenderung lebih banyak memiliki grafik kenaikannya. Nilai emas juga bahkan cenderung stabil dibandingkan uang yang Anda simpan di bank yang rentan terhadap devaluasi.


Cara Investasi Emas Sangat Mudah

emas-investasi-perhiasan

Untuk Anda yang masih pemula dan belum terlalu paham tentang investasi, emas adalah pilihan yang tepat. Anda tidak perlu khawatir karena investasi emas ini lebih mudah dan aman dibanding dengan investasi lainnya.


Emas Lebih Mudah Dicairkan

investasi emas

Tidak seperti investasi lainnya, investasi emas bisa Anda cairkan jika suatu hari Anda secara tiba-tiba membutuhkan uang dalam waktu yang cepat. Anda bisa langsung menjual emas yang Anda miliki atau menggadaikannya.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Sebelum Membeli Emas Batangan Atau Emas Perhiasan


Nilai Tukar Emas Sama di Seluruh Dunia

emas-investasi-nilai-grafik-naik-tingkat - tips investasi untuk gaji pas pasan

Jika Anda berinvestasi properti atau dollar, maka harga properti atau dollar Anda akan fluktuatif tergantung dari lokasi properti atau dollar dimana Anda berada. Berbeda dengan emas, harga emas Anda ini akan sama dimanapun lokasi Anda berada.


4Kekurangan Investasi Emas

investasi sbr005 - 3 Keuntungan Membeli SBR005, Alternatif Investasi Pilihan Anak Muda-cara-milenial-kaya-menabung-Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan - 10 Hal Yang Harus Dilakukan Milenial untuk Keuangan Mereka Tahun Ini-Kiat Mencapai Kebebasan Finansial untuk Generasi Milenial
Kenaikan Harga Lambat

Kenaikan harga emas akan cenderung melambat jika kondisi ekonomi stabil maka . Selain itu, Anda tidak memiliki kendali dalam menentukan harga, lain halnya dengan investasi tanah, pemilik dapat menentukan harga sesuai pasaran lokasi tersebut.


Investasi Jangka Panjang

investasi emas - investasi minim risiko

Keuntungan investasi emas baru dapat Anda rasakan jika dibiarkan dalam jangka panjang, minimal 2 tahun lebih.


Emas Rentan Dicuri

simpan-emas-aman-pencurian-mencuri-curi-4 Cara Tepat Menyimpan Emas yang Mudah dan Aman-Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS!

Jika Anda berinvestasi emas dalam wujud fisik, Anda perlu ekstra hati-hati saat membawanya atau menyimpannya. Harganya yang tinggi membuat barang yang satu ini sering diincar oleh pencuri, oleh karena itu Anda harus menyimpan baik-baik emas di dalam tempat yang aman.


5Kesimpulan

apple app store ios

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan seperti yang sudah disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa semua jenis investasi sebenarnya kembali lagi ke kebutuhan Anda masing-masing.

Jika menurut Anda keuangan tidak menjadi masalah bagi Anda, maka investasi tanah bisa jadi pilihan yang cocok untuk Anda. Namun, jika Anda berinvestasi namun berpendapat bahwa Anda membutuhkan dana segar kapan saja, maka investasi emas bisa jadi pilihan Anda.

Baca Juga: 4 Investasi Minim Risiko Buat Investor Pemula yang Mau Kaya!

Tapi, jika Anda masih ragu akan kedua investasi di atas, maka melakukan pendanaan di P2P Lending seperti KoinWorks mungkin adalah alternatif investasi yang tepat bagi Anda.

Sistem berkonsep marketplace online ini menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara Pendana dan Peminjam. Anda sebagai seorang Pendana bisa memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Setiap bulannya, peminjam akan mencicil pinjamannya dan Anda akan mendapatkan pengembalian berupa pokok dan bunga.

Lalu bagaimana keuntungannya? tenang, KoinWorks menawarkan imbal hasil mulai dari 18%. Selain itu, Anda dapat langsung memulai pendanaan hanya dengan Rp100.000 saja.

Mau tahu seperti apa cara kerja KoinWorks? Anda bisa cek video di bawah ini.

Nah, itu dia perbandingan antara investasi tanah dan investasi emas. Jadi, investasi mana yang cocok untuk Anda?

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

google play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.