7 Investasi Terhadap Diri Sendiri yang Bisa Dilakukan – Pakar investasi, Warren Buffett pernah mengatakan bahwa investasi terbaik yang bisa dilakukan oleh setiap orang adalah investasi kepada diri sendiri.

Dengan melakukan investasi terhadap diri sendiri, maka Anda telah masuk ke dalam proses membangun modal atau bekal untuk masa depan. Dengan kata lain, jika Anda memberi cukup waktu dan energi untuk mempelajari keterampilan baru, Anda tidak akan khawatir terhadap hal-hal yang berhubungan dengan finansial atau pekerjaan Anda di masa depan.

Baca Juga: Tas Bermerk vs Investasi yang Menguntungkan

Sesungguhnya melakukan investasi terhadap diri sendiri juga dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah:

7 Investasi Terhadap Diri Sendiri yang Bisa Dilakukan

1. Ikuti Training Bersertifikasi

investasi terhadap diri sendiri - sertifikat

Belajar adalah hal wajib yang seharusnya terus dilakukan oleh seseorang selama hidupnya. Bahkan jika Anda mungkin baru saja lulus, tetap akan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat Anda menjadi yang terdepan diantara para pesaing.

Jika Anda seorang digital marketer, maka Anda dapat mengambil beberapa sertifikasi mengenai digital marketing untuk menambah ilmu. Sedangkan, jika Anda seorang finance, Anda dapat mengambil kursus keuangan yang ada.

Baca Juga: 4 Tips Hidup Hemat di Jakarta yang Mungkin Belum Pernah Terbayangkan

Hal ini tidak hanya akan membuat Anda lebih unggul dari pesaing, tapi juga akan membantu Anda menjadi mampu Smemberikan layanan profesional terbaik. Banyak dari kursus bersertifikat ini dirancang agar fleksibel, jadi Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk bekerja.

Kursus yang tersedia juga biasanya terus diperbaharui secara teratur dengan tren terbaru yang ada di industri, jadi Anda akan terus update dengan kemajuan yang terjadi di bidang Anda.

2. Bergabunglah Dengan Kelompok yang Memiliki Minat yang Sama Dengan Anda

Masalah Keuangan Profesional Muda

Kelompok minat khusus dapat membantu Anda menciptakan koneksi dengan orang-orang yang cenderung memiliki pola pikir yang sama. Setiap orang baru yang Anda temui akan membawa perspektif unik dan gagasan-gagasan baru yang dapat Anda terapkan untuk pekerjaan Anda.

Baca Juga: Apa Saja Kebiasaan Buang Duit yang Tak Disadari (2)

Memiliki kelompok yang memiliki pola pikir, bahkan visi misi yang sama akan memungkinkan Anda mempelajari banyak hal dari setiap orang. Tentunya, setiap pribadi mempunyai keunggulannya masing-masing, sehingga Anda dapat saling bertukar ilmu.

3. Membaca Buku

Buku Tentang Investasi yang Wajib Dibaca Para Investor

Banyak para pemimpin bisnis yang saat ini telah meraih suksesnya mengatakan bahwa kebiasaan membaca mereka adalah kunci dari kesuksesannya. Membaca adalah kebiasaan yang benar-benar akan mengubah hidup Anda.

Baca Juga: 3 Buku Tentang Investasi yang Wajib Dibaca Para Investor

Hal ini dapat dimulai secara perlahan mulai dari kebiasaan membaca beberapa halaman saja per hari, lalu lakukan terus hingga menjadi kebiasaan.

Melalui membaca, Anda dapat melihat sudut pandang pengarang yang disampaikan dalam tulisan. Melalui membaca, Anda akan mendapatkan banyak ilmu baru yang dapat dipraktikan dalam hidup.

4. Gamified eLearning

investasi terhadap diri sendiri - Gamified eLearning

Memanfaatkan teknologi untuk membuat proses belajar Anda menjadi menyenangkan. Jika Anda adalah seseorang yang suka bermain game, maka Anda dapat memilih permainan yang cenderung mengasah otak.

Baca Juga: Cegah Sebelum Terlambat: Cara Agar Terhindar dari Lilitan Hutang

Lambat laut tanpa disadari, secara tidak langsung permainan yang Anda mainkan akan mengasah tingkat kecerdasan Anda.

5. Keluar Dari Zona Nyaman Anda

tips traveling setiap tahun

Cobalah untuk mempelajari hal baru yang belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya. Jangan merasa takut untuk terlihat konyol saat Anda menghadapi sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman.

Baca Juga: Tips Biar Bisa Liburan Setiap Tahun

Setiap keterampilan yang dapat Anda lakukan bersumber dari pengalaman Anda. Semakin sering Anda melakukan suatu hal, maka semakin ahli atau terampil Anda dalam melakukannya.

Jadi, jangan pernah takut untuk mencoba hal baru. Mungkin saja hal baru yang dicoba akan membuat Anda menjadi lebih sukses di masa depan.

6. Ukur Tingkat Kemajuan Anda

investasi terhadap diri sendiri - self development

Jika Anda telah memutuskan untuk menginvestasikan waktu dan uang untuk menguasai keterampilan baru atau mendapatkan keterampilan baru, pastikan untuk mengukur tingkat kemajuan Anda.

Baca Juga: Begini Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Investasi

Ukur jumlah jam yang Anda habiskan untuk membaca atau jumlah tes yang telah Anda lakukan. Dengan melakukan hal ini, akan membuat Anda dapat melakukan intropeksi diri akan apa yang telah dicapai dan belum tercapai. Lakukan langkah kecil tapi berarti setiap hari untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik.

7. Buat Sesuatu yang Nyata

Renaldy Philipus borrower story koinworks - 3

Setelah Anda mempelajari banyak hal baru, sekarang saatnya untuk membuatnya menjadi nyata. Apapun yang telah dipelajari, mulailah untuk membuatnya sekarang juga.

Jika Anda belajar untuk membuat blog, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk mulai membuat blog pribadi Anda.

Baca Juga: Agar Gaji Bisa Lebih Terarah, Coba 5 Tips Ini

Jika Anda belajar melukis, maka saat ini waktunya untuk mempraktikan keahlian melukis Anda dan mungkin Anda dapat menjual hasil karya yang telah Anda buat.

Nah, demikian 7 cara untuk membuat diri Anda menjadi lebih berkualitas. Namun, selain melakukan investasi terhadap diri sendiri, tentunya Anda juga harus mulai berinvestasi bagi masa depan keuangan Anda.

Baca Juga: Menurut Sebuah Studi, Hal Ini yang Membuat Anda Jauh Lebih Menarik

Semakin muda usia Anda untuk memulai investasi, maka Anda tidak perlu menunggu menjadi tua dahulu untuk menikmati hasilnya.

Melalui hasil investasi yang didapat akan memastikan bahwa keuangan Anda dikemudian hari akan tetap aman, bahkan mungkin dapat menjadi sumber pendapatan kedua.

Baca Juga: Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Dengan Investasi

Untuk masalah investasi, saat ini KoinWorks sebagai plaform P2P Lending dapat menjadi wadah bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi. Hanya dengan nominal Rp 100 ribu, Anda dapat mulai berinvestasi.

Melalui investasi P2P Lending KoinWorks, Anda akan mendapatkan potensi keuntungan bunga efektif hingga 19%. Sangat menggiurkan bukan?

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Investasi Itu Perlu Dilakukan Sekarang Juga

Disamping itu, di KoinWorks pun berlaku efek compounding, di mana setiap bunga yang didapatkan bila diinvestasikan ulang akan kembali menghasilkan bunga. Konsep ‘bunga berbunga’ tersebut dapat dimaksimalkan apabila Anda rajin berinvestasi, paling tidak aktif sebulan sekali.



Apa Komentar Anda?