Jangan Hanya Menabung! Investasi Juga – Peribahasa “hemat pangkal kaya” sudah sering kita dengar sejak saat masih bersekolah.

Orang tua Anda juga pasti mengajarkan hal yang sama, jika ingin cepat kaya, berhematlah dan tabunglah uang Anda.

Dan sekarang memiliki tabungan dan deposito atau setidaknya akun di sebuah bank menjadi kewajiban. Untuk membayar listrik, tagihan kartu kredit, menerima penghasilan gaji setiap bulannya, hampir segala aktivitas finansial kita berlangsung di bank.

Baca Juga: Mari Mengenal Deposito Lebih Dekat: Apa Itu Deposito dan Seperti Apa Karakteristiknya?

Oleh karena itu, menabung di bank menjadi pilihan teraman dan ternyaman. Anda cukup memasukkan uang ke akun Anda, dan selama Anda tidak menghilangkan ATM atau dokumen lainnya, uang Anda dipastikan aman di bank.

Anda juga akan mendapatkan bunga setiap bulannya yang sedikit demi sedikit akan menambah jumlah saldo. Simpel dan mudah, bukan?

Tapi di balik semua kelebihan ini, ada beberapa kekurangan menyimpan uang dalam bentuk tabungan atau deposito di bank. Berikut di antaranya:

Bunga VS Biaya

Ya, memang Anda akan mendapatkan bunga setiap bulan, tapi kemudian ada potongan pajak, biaya administrasi, belum lagi biaya transfer yang otomatis akan mengurangi laba yang Anda dapatkan dari bunga.

Biaya-biaya tambahan yang dibebankan kepada akun Anda mengakibatkan bunga yang Anda dapatkan sangatlah kecil, bahkan kemungkinan besar bunga yang Anda dapatkan malah lebih kecil dibandingkan biaya akun tersebut.

Selain itu, banyak bank yang menerapkan saldo minimum pada setiap akun yang dibuka, dan jika uang Anda berada di bawah limit saldo minimum, bank akan memberikan denda tambahan kepada Anda.


Godaan ATM

Ini yang sering bikin orang-orang kebablasan, kemudahan menarik uang melalui ATM bisa bikin Anda kalap, terutama jika Anda termasuk orang yang impulsif.

Belanja di mall tinggal gesek kartu ATM, lalu ketika sampai di rumah Anda baru tersadar bahwa uang untuk bayar tagihan listrik terpakai buat belanja baru baru!


Melewatkan Peluang

Jangan diamkan uang Anda di bank, atau Anda akan melewatkan berbagai peluang finansial yang jauh lebih menguntungkan dibandingkan tabungan dan deposito di bank.

Investasikan uang Anda dalam bentuk investasi yang berbeda, dan jika memungkinkan, bagilah tabungan dan deposito Anda dalam beberapa jenis investasi berbeda untuk memaksimalkan potensi keuntungan Anda.

Ada banyak sekali kesempatan investasi di Indonesia, mulai dari yang konvensional seperti saham, obligasi, dan reksadana, hingga berbagai investasi alternatif seperti komoditi, properti, perhiasan, pendanaan melalui peer-to-peer lending, dan masih banyak lagi lainnya. 


Banyak orang masih berpikir bahwa menabung saja sudah cukup untuk menjamin masa depan mereka. Padahal memiliki tabungan atau deposito saja tidak sama dengan kesuksesan finansial.

Jika Anda hanya menyimpan uang Anda dalam bentuk tabungan atau deposito, dalam waktu 15 tahun ke depan, nilainya akan semakin berkurang akibat pengaruh inflasi. Ingin jaminan kehidupan masa depan yang lebih baik?

Gunakan modal Anda untuk berinvestasi. Ingatlah, semakin banyak aset yang Anda miliki, semakin banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.


Jangan Hanya Menabung! Cobalah Mendanai di Peer to Peer Lending Dari KoinWorks

Di KoinWorks, Anda bisa mendanai mulai dari nominal yang relatif kecil yakni Rp 100.000 dan kelipatannya. Anda sebagai pendana pun berkesempatan mendapatkan bunga keuntungan mulai dari 18% bunga efektif per tahun.

Untuk mulai mendanai, silakan baca halaman ini. Mulai dari yang kecil asal rutin dan disertai pula dengan diversifikasi, keuntungan Anda pun bisa terus ditingkatkan sewaktu-waktu.

Mari coba berinvestasi di investasi online P2P Lending KoinWorks!

Investasi Sekarang


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.