4 Jenis Investasi yang Cocok untuk Anak Muda di Bawah 30 Tahun – Bila dulu investasi dikenal sebagai kegiatan yang diperuntukkan bagi orang-orang yang sudah matang dari segi keuangan, maka stereotip tersebut harus Anda buang jauh-jauh.

Justru, ada baiknya Anda sudah mulai berinvestasi sebelum memasuki usia 30 tahun, dan lebih baik lagi bila Anda memulai investasi setelah Anda mendapatkan gaji pertama.

Anak muda seperti Anda sudah selayaknya memahami seluk-beluk berinvestasi dan mulai berinvestasi sedini mungkin.

Baca Juga: Bagi Anda Anak Muda, Ingin Mulai Berinvestasi? Pelajari Dulu Seluk-Beluknya!

Faktor keuangan di masa depan tentu menjadi pertimbangan utamanya, dan selain itu, investasi juga harus dilakukan demi membendung inflasi yang akan berefek pada nilai uang Anda.

Bila Anda sudah memantapkan diri untuk mulai berinvestasi namun masih bingung memilih instrumen investasi apa yang tepat untuk Anda saat ini, dari segi kesiapan mental dan dana, berikut 4 jenis investasi yang direkomendasikan untuk Anda coba sebelum memasuki usia 30 tahun.

4 Jenis Investasi yang Harus Dicoba Sebelum Memasuki Usia 30 Tahun

1. Reksa Dana

jenis investasi - reksa dana

Reksa dana bisa dimulai dengan nominal yang rendah, dan saat ini sudah banyak platform yang memungkinkan Anda untuk membeli produk reksa dana dengan mudah.

Baca Juga: Reksa Dana dan Tips Investasi Lainnya untuk Anak Muda

Yang perlu Anda lakukan hanyalah membaca Prospektus dan memercayakan Manajer Investasi (MI) yang sudah ahli untuk mengelola dana investasi Anda.

Ada banyak jenis reksa dana yang bisa Anda coba, tetapi untuk Anda yang terhitung masih baru dalam dunia investasi, cobalah reksa dana pasar uang maupun reksa dana campuran.

Baca Juga: Cara Investasi Reksadana

Yang pasti, lakukan perhitungan yang memadai terkait keuntungan dan risiko yang ada di masing-masing jenis.

2. Saham

bermain saham

Saham sudah sangat populer sebagai salah satu instrumen investasi. Banyak orang yang bahkan meninggalkan pekerjaan tetapnya untuk berinvestasi saham.

Baca Juga: Tips Membaca Analisis Teknikal Pada Perdagangan Saham

Dengan investasi saham, itu sama artinya dengan Anda membeli sebagian porsi dari perusahaan terbuka dan memiliki kepemilikan modal di dalamnya.

Saham terkenal sebagai investasi yang high risk, high return. Analisis fundamental saham harus dipelajari terlebih dahulu, juga analisis teknikal lainnya. Keuntungan tahunan saham bisa mencapai 35%.

3. Emas

investasi emas - koinworks

Bagi Anda yang tidak doyan repot dengan analisis ini – itu namun tetap mengacu pada investasi jangka panjang, maka investasi emas bisa menjadi andalan.

Baca Juga: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Naik Turun Harga Emas

Investasi emas bisa jadi sangat menguntungkan, namun Anda mungkin harus rutin menyisihkan pendapatan bulanan untuk membeli emas karena memang harganya yang mahal.

Harga emas sendiri cenderung fluktuatif namun dalam jangka panjang, investasi emas tetap menjadi jenis investasi yang aman sekaligus menguntungkan. Anda bisa menabung emas di bank emas dan meraup keuntungan darinya.

4. Peer to Peer Lending

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - 9

Investasi online peer to peer lending memang masih terhitung baru dalam dunia investasi tanah air, namun popularitasnya mampu dengan cepat menarik antusiasme masyarakat.

Baca Juga: Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Investasi ini bekerja dengan meminjamkan uang kepada peminjam untuk berbagai keperluan, mulai dari pinjaman bisnis, pinjaman kesehatan hingga pinjaman pendidikan.

Jenis investasi ini bisa dimulai dengan nominal yang relatif rendah yakni mulai dari Rp 100 ribu dengan potensi keuntungan bunga efektif mulai dari 18% per tahun.

Baca Juga: Investasi Fintech Lending: Praktik Terbaik dalam Berinvestasi di Peer to Peer Lending

Sangat cocok untuk anak muda karena selain nominal dana investasi awal yang rendah, investor juga bisa memilih sendiri hendak meminjamkan dana ke peminjam yang mana berdasarkan tujuan, tingkat risiko, durasi, hingga potensi keuntungan.

Di KoinWorks sendiri terdapat Dana Proteksi yang akan didistribusikan sebagai dana ganti rugi kepada investor apabila peminjam yang diinvestasikan tidak mampu membayar dana pinjamannya.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Nah, dengan rutin berinvestasi sedini mungkin sebelum memasuki usia 30 tahun, kondisi keuangan Anda di masa depan tentu akan lebih baik.

Dengan kondisi finansial yang baik, pastinya Anda juga tidak terkendala untuk mempersiapkan biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, hingga mempersiapkan dana pensiun kelak.

Baca Juga: Dana Proteksi KoinWorks, Sebuah Inisiatif Demi Menjamin Keamanan Investasi

Pastikan juga bahwa Anda mendiversifikasikan dana investasi Anda ke beragam jenis investasi yang direkomendasikan di atas.

Anda juga bisa berinvestasi pada satu jenis investasi yang cocok untuk Anda dengan dominasi nominal yang lebih besar sembari berinvestasi juga ke jenis investasi lainnya. Selamat berinvestasi!




There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?