6 Jenis Investasi Terpercaya yang Bisa Bikin Kamu jadi Milyarder!

jenis investasi terpercaya

Keamanan finansial jangka panjang pastinya tidak didapatkan dalam semalam.

Dalam hal ini, kamu harus mulai mendanai untuk mendapatkannya. Semakin cepat kamu mulai mendanai, semakin besar keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: Menjadi Orang Terkaya, Ini 5 Rahasia Keuangan Orang Terkaya Dunia yang Bisa kamu Tiru Mulai Sekarang

Dalam urusan berinvestasi, tentunya ada beberapa jenis investasi yang dapat kamu pilih, dimana semua jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Maka dari itu, untuk lebih jelasnya berikut 6 jenis investasi yang bisa membuat kamu menjadi milyarder sesegera mungkin.


Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah deposito bank dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada rekening tabungan biasa, dan juga disertai tanggal jatuh tempo yang jelas.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Keuangan yang Akan Membuat kamu Tidak Pernah Merasa Kehabisan Uang

Ada hukuman jika kamu ingin menarik uang lebih awal dari periode yang telah ditentukan, namun apabila sudah mencapai waktunya kamu bisa menarik dana tanpa terkena denda.

Semakin lama dan semakin tinggi nominal uang yang kamu depositokan, semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan.

Deposito berjangka dianggap sebagai bentuk investasi yang berisiko rendah dan aman. Deposito juga dianggap sebagai jenis investasi terpercaya yang mudah diatur dan tidak rumit untuk dipahami yang kemudian membuatnya dianggap sebagai jenis investasi terpercaya yang cocok untuk para pemula.

Baca Juga: Mari Mengenal Deposito Lebih Dekat: Apa Itu Deposito dan Seperti Apa Karakteristiknya?

kamu mungkin akan berpikir bahwa menaruh uang di deposito akan memberikan keuntungan, karena deposito memiliki suku bunga lebih tinggi daripada rekening tabungan biasa, namun ketahuilah bahwa tingkat bunga juga lebih rendah dari jenis investasi lainnya.

Hal ini seringkali membuat suku bunga deposito turun dan kalah terhadap tingkat inflasi yang ada.

Logam Mulia

Emas merupakan investasi klasik yang tetap populer di seluruh Asia. Ada perbedaan pendapat mengenai apakah emas masih merupakan investasi yang layak atau tidak.

Baca Juga: 4 Jenis Investasi yang Harus Dicoba Sebelum Memasuki Usia 30 Tahun

Secara umum, emas dan logam mulia menjaga kekayaan dari kenaikan inflasi. Untuk waktu yang lama, mereka telah dianggap sebagai investasi yang aman selama pergolakan politik dan ekonomi.

Baca Juga: Bagi kamu Anak Muda, Ingin Mulai Mendanai? Pelajari Dulu Seluk-Beluknya!

Nah di zaman perkembangan digital seperti sekarang, kamu bisa lebih mudah melakukan investasi emas. Bahkan, sekarang kamu tak perlu repot untuk menyimpan emas secara fisik, jadi tak perlu khawatir hilang.

Di KoinGold dari KoinWorks (Powered by Indogold), kamu bisa melakukan transaksi jual-beli emas dengan harga yang menarik sesuai keinginan, tanpa ribet dan cepat melalui aplikasi online. Setelahnya portofolio kamu akan langsung ter-update secara realtime.

Adapun, KoinGold sebuah produk dari KoinWorks yang membantu kamu melakukan jual-beli emas digital dengan sistem online secara mudah, hanya mulai dari Rp10.000.

Jika ingin segera melakukan investasi emas digital ini, kamu bisa langsung unduh aplikasi KoinWorks di App Store atau Play Store lalu lakukan registrasi.

Lihat selengkapnya tentang KoinGold di sini.

Properti

Properti berfungsi serupa dengan emas: terlihat menjaga kekayaan dari kenaikan inflasi. Nilai properti umumnya akan selalu meningkat sehingga menjadikannya sebagai investasi jangka panjang yang populer.

Baca Juga: Memutuskan Untuk Resign? Lakukan Ini Agar Tetap Mendapatkan Penghasilan

Namun, kerugian utama investasi di properti sangat mencolok yaitu biaya yang tinggi. kamu butuh banyak uang untuk membeli properti.

Selain itu, properti tidak likuid dan membutuhkan banyak perawatan. Jika kamu memiliki sumber daya untuk berinvestasi di properti, kamu memiliki pilihan.

kamu bisa tetap menjaga properti kamu dan menunggu nilainya meningkat sebelum menjualnya agar mendapat keuntungan atau kamu juga bisa menyewakan properti kamu.

Baca Juga: 8 Cara Menghasilkan Passive Income dengan Mudah

Cara ini dianggap adalah cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan pasif yang cukup besar. Namun, tentunya kamu menanggung risiko kerusakan yang mungkin terjadi akibat penyewa atau lebih buruk lagi tidak ada penyewa sehingga tidak ada pula pendapatan pasif.

Obligasi

Ketika perusahaan dan pemerintah membutuhkan dana, baik untuk memperluas atau membangun infrastruktur, mereka dapat memilih untuk tidak meminjam uang dari bank.

Baca Juga: Hey Anak Muda! kamu Wajib Punya Skill Finansial Ini Agar Bisa Kaya Raya Di Masa Depan

Sebaliknya, mereka bisa menerbitkan obligasi. Pada dasarnya, obligasi adalah bentuk hutang dimana korporasi / pemerintah adalah peminjam, sementara kamu – pembeli obligasi – adalah pemberi pinjaman.

Misalnya, jika kamu membeli obligasi dengan nilai nominal Rp 100juta, tingkat bunga 6%, dan jangka waktu lima tahun – itu berarti kamu akan secara konsisten menerima bunga

Sebesar Rp 6 juta per tahun selama lima tahun ke depan. Bila obligasi kamu jatuh tempo setelah lima tahun, maka Rp 100 juta kamu akan dikembalikan.

Baca Juga: Dana Proteksi KoinWorks, Sebuah Inisiatif Demi Menjamin Keamanan Investasi

Obligasi merupakan investasi berisiko rendah, namun memberikan imbal hasil yang lebih rendah daripada saham.

Namun, fluktuasi obligasi juga kurang dramatis dibanding saham. Selain itu, seperti deposito berjangka, obligasi memberikan pendapatan pasif yang stabil.

Saham

Saham bisa dibilang merupakan investasi yang paling terkenal. Saham adalah saham dalam kepemilikan perusahaan. Bila kamu memiliki saham perusahaan, kamu memiliki klaim atas pendapatan perusahaan – juga disebut dividen.

Baca Juga: Bermimpi Untuk Menjadi Miliarder? Ini 5 Kebiasaan yang Dilakukan Miliarder Supaya Cepat Kaya

Saham populer karena mereka menawarkan imbal hasil yang lebih tinggi daripada instrumen lain seperti obligasi dan deposito berjangka. Namun, saham berisiko tinggi dengan harga naik dan turun yang bisa berubah secara tiba-tiba.

Pada akhirnya, ada dua jenis saham: saham dividen dan saham pertumbuhan. Stok pertumbuhan adalah persediaan di perusahaan yang tumbuh dengan cepat.

Baca Juga: Tips Membaca Analisis Teknikal Pada Perdagangan Saham

Sedangkan, saham pertumbuhan tidak mengembalikan pendapatan perusahaan karena perusahaan yang tumbuh lebih suka menggunakan pendapatan mereka untuk mengembangkan bisnisnya.

Satu-satunya cara kamu bisa menghasilkan uang dari pertumbuhan saham adalah dengan menjual saham kamu.

Dividen saham justru sebaliknya, mereka membayar pemegang saham akan bagian dari pendapatan perusahaan. Semakin banyak saham dividen yang kamu miliki, semakin besar porsi dividen kamu.

Baca Juga: Mengenal Istilah-Istilah yang Ada di Bursa Saham

Sementara kamu bisa menghasilkan uang dengan menjual saham unggulan, tidak ada jaminan pengembalian.

Sementara itu, saham dividen menggantikan pendapatan kamu dengan membayar dividen kamu kembali. Semuanya tergantung pada toleransi risiko kamu.

Selain itu, sebagai pembeli saham, kamu juga harus menentukan tujuan investasimu.

Kamu bisa menjadi pembeli saham untuk investasi, atau untuk trading.

Investasi saham diperuntukkan bagi kamu yang mengincar investasi jangka panjang untuk memaksimalkan keuntungan sebuah harga saham, sementara trading saham diperuntukkan bagi kamu yang mengincar investasi jangka pendek dan keuntungan cepat, bahkan dalam hitungan hari atau jam.

Namun, menjadi trader saham datang dengan konsekuensi untuk selalu memantau pergerakan harga saham setiap jam, bahkan menitnya.

Itu karena trader saham akan menjual sahamnya ketika harga sedang tinggi.

Sementara investor saham tidak perlu memperhatikan pergerakan harga setiap hari dan hanya perlu memantaunya sesekali.

Masih jadi investor pemula?

Sebagai alternatif kamu bisa mendanai di produk pendanaan di KoinP2P dari KoinWorks. Bagi pemula, hal ini juga bisa menjadi sarana untuk mempelajari fundamental investasi, karena dasarnya sama.

Dengan mendanai, kamu juga akan mendapatkan keuntungan lebih yang bisa bermanfaat di masa mendatang yaitu berupa imbal hasil efektif 18% per tahun dengan modal awal hanya Rp100,000.

KoinWorks sebagai Super Financial App, memiliki produk pendanaan peer-to-peer lending yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Itulah jenis investasi terpercaya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan nilai mata uang kamu di masa depan.

Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.