5 Jurusan Kuliah Favorit yang Akan Dibutuhkan Tahun 2020 Mendatang! – Walaupun masih lulus kuliah tahun depan, tetapi sebagai calon mahasiswa tentu Anda harus memilih jurusan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan lapangan pekerjaan nantinya.

Perkembangan teknologi yang pesar beberapa tahun terakhir ini, membuat banyak lapangan pekerjaan baru, seperti content writer, grafik desainer, UI/UX desainer dan lainnya.

Profesi baru ini bermunculan karena adanya kebutuhan perusahaan yang juga mengikuti perkembangan teknologi.

Nah, Macquarie Universty, universitas peringkat 9 terbaik di Australia serta peraih bintang 5 dari QS World University Ranking, memperkiraan program studi yang paling dibutuhkan di tahun 2020.

Apa saja jurusan kuliah favorit tersebut? Berikut ulasannya!


5 Jurusan Kuliah Favorit yang Akan Dibutuhkan Tahun 2020 Mendatang!

1Ilmu Kesehatan dan Psikologi

cara-hitung-bpjs-kesehatan-sakit-iuran-bayar - 5 Jurusan Kuliah Favorit yang Akan Dibutuhkan 2020 Mendatang!

Jumlah kepadatan populasi dunia yang meningkat, tentunya berbanding lurus dengan kebutuhan tenaga profesional di bidang kesehatan dan psikologi.

Di tahun 2020 nanti, diprediksi akan dibutuhkan lebih dari 40% tenaga profesional pada layanan kesehatan fisik dan mental.

Jumlah penduduk yang semakin berkembang pesat, nyatanya akan membuat munculnya permasalahan kesehatan dan juga mental. Maka dari itu, Ilmu Kesehatan dan Psikologi menjadi jurusan kuliah favorit yang akan dibutuhkan nantinya.

Baca Juga: 4 Cara yang Bisa Diterapkan Untuk Membayar Biaya Kuliah Anda

Dengan demikian, dibutuhkan tenaga profesional di bidang kesehatan, entah itu dokter atau tenaga medis lainnya.

Tak hanya medis secara fisik, sarjana psikologi juga akan dibutuhkan untuk mengatasi masalah mental seperti stres, depresi, dan anxiety disorder yang terus meningkat.


2Akuntansi, Bisnis dan Matematika

Cara Menghitung Potensi Keuntungan dari Investasi - Cara Menghitung Bunga Pinjaman - 5 Jurusan Kuliah Favorit yang Akan Dibutuhkan 2020 Mendatang!

Tahukah Anda? Ternyata permintaan untuk profesional akuntan dan keuangan meningkat sebesar 44% dan diperkirakan akan tumbuh lebih besar sebanyak 22% lagi pada tahun 2020 nanti.

Baca Juga: 5 Kiat Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Jangan Salah Menentukan Masa Depan!

Tak hanya itu, kebutuhan profesional di bidang studi matematika dan statistik diperkirakan akan mengalami peningkatan sebesar 10% di tahun 2020.

Dua jursuan kuliah favorit ini, memang menjadi kebutuhan dalam segala sektor bisnis dan keuangan. Apalagi dengan adanya era digital yang semakin berkembang, mereka membutuhkan tenaga ahli untuk melakukan pengolahan data.


3Teknik, Hukum dan Guru

guru-les-privat-5 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Guru - 5 Jurusan Kuliah Favorit yang Akan Dibutuhkan 2020 Mendatang! - sekolah luar biasa

Dengan adanya perkembangan revolusi industri 4.0 saat ini, tenaga profesional di bidang teknik masih akan menjadi ujung tombak.

Diprediksi, kebutuhan insinyur dari jenjang sarjana atau pascasarjana, akan meningkat sebanyak 22% pada tahun 2020.

Selain itu, kebutuhan pengacara juga akan meningkat 17,6% di tahun 2020.

Baca Juga: PTS Bisa Jadi Pilihan Saat Tak Lolos SBMPTN 2019, Ini Tips Memilihnya!

Selain kedua jurusan itu, tenaga profesional guru juga akan meningkat, mengingat banyaknya anak-anak yang masih belum merasakan pendidikan sekolah.

Diperkirakan, permintaan akan profesional pendidikan usia dini meningkat sebesar 27% dan guru pendidikan sebesar 21%.


4Teknik Informasi

5 Jurusan Kuliah Favorit yang Akan Dibutuhkan 2020 Mendatang!

Dalam 5 tahun terakhir, permintaan untuk intelijen dan analisis kebijakan data sudah tumbuh sebesar 21,4%, lho.

Tapi kenyataannya, permintaan ini masih jauh dari kebutuhan di beragam industri seperti, teknologi, hiburan, keuangan, perbankan dan sebagainya.

Baca Juga: Sudah Daftar Beasiswa LPDP 2019 Tahap 2? Ini Dia Tipsnya Agar Anda Bisa Lolos!

Diperkirakan juga, di tahun 2020 nanti, permintaan untuk profesional ICT atau Information, Communication and Technology akan meningkat hingga 25,6%.

Pantas saja, jurusan favorit ini menjadi salah satu yang dibutuhkan di 2020 nanti dan akan menjanjikan prospek lapangan kerjanya di masa depan.


5Desain Komunikasi dan Media

tugas-revisi-kuliah-jurusan-dkv - 5 Jurusan Kuliah Favorit yang Akan Dibutuhkan 2020 Mendatang! - Mau Kuliah Sambil Bekerja? Simak 7 Tipsnya agar Tak Keteteran!

Di zaman perkembangan teknologi seperti sekarang,  media sosial semakin populer. Bagaimana tidak, hampir sebagian besar masyarakat dari berbagai umur dan latar belakang pasti bermain media sosial.

Dengan adanya perkembangan ini, berimbas pada banyaknya industri yang menggunakan media sosial untuk meraih tujuan perusahaan. Baik untuk menyampaikan campaign ke masyarakat secara maksimal hingga menjual produk.

Tentunya, untuk melakukan itu semua, diperlukan tenaga ahli yang mampu mengkombinasikan antara pemasaran dan pengolahan informasi dengan baik.

Pilihan program studi seperti jurusan kuliah favorit desain komunikasi visual, seni, jurnalistik, film dan bidang lain terkait industri kreatif akan mempunyai peluang kerja besar dengan tumbuhnya era digital.

Diperkirakan kebutuhan tenaga profesional di bidang kreatif akan meningkat sebanyak 15% di tahun 2020. Kebutuhan ini akan berasal dari bidang periklanan, pemasaran dan hiburan.

Baca Juga: 5 Hal yang Pasti Dirasakan Anak Jurusan DKV

Bagaimana, sampai sini sudah tahu akan memilih jurusan kuliah favorit yang mana? Memang, memilih jurusan untuk kuliah bisanya membingungkan, karena nantinya akan sangat berpengaruh di masa depan saat meniti karir.

Maka dari itu, pastikan Anda memilihnya sesuai dengan passion yang ada dalam diri.

Mulailah melakukan riset dan tanyakan pada diri sendiri, apa sebenarnya yang Anda ingin cari nanti? Ingin menjadi apakah Anda setelah lulus kuliah?

Anda bebas untuk bermimpi setinggi-tingginya karena setiap orang memiliki kesempatan untuk mewujudkan cita-cita.

Jika dalam perjalannya Anda terhambat karena biaya, KoinPintar dari KoinWorks bisa menjadi solusi yang akan mengatasinya.

KoinPintar menawarkan suku bunga pinjaman yang rendah, mulai dari 9% saja per tahunnya atau hanya sebesar 0,75% per bulan, serta masa pembayaran yang relatif lama yaitu 12 bulan ke depan.

Selain itu, KoinPintar juga tidak akan memberatkan Anda, kalau mengalami keterlambatan pembayaran.

Jika memang ada alasan khusus yang membuat Anda kesulitan membayar tepat waktu, maka nantinya akan diberikan solusi untuk mengatasinya.

Apabila tertarik, Anda bisa langsung ajukan pinjaman dengan klik di sini.

Tetap Semangat!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.