Cara Mengatasi Kantong Bolong Gara-gara Doyan Belanja – Pernah nonton film Confessions of a Shopaholic (2009) yang dibintangi oleh Isla Fisher?

Film besutan sutradara P.J. Hogan ini menceritakan tentang Rebecca Bloomwood yang doyan belanja. Sampai-sampai, ia terlilit utang dan harus menemukan cara untuk melunasi semua tagihan yang diterimanya.

Baca juga: 3 Hal yang Membuat Milennial Kehabisan Uang dan Cara Mengatasinya

Dalam kehidupan nyata, mungkin Anda adalah seorang shopaholic, sama seperti Bloomwood. Doyan belanja belanja memang identik dengan pemborosan.

Tahu ada barang branded diskon di mal, sayang sekali kalau tidak membelinya. Naksir tas keren seharga ratusan ribu bahkan menyentuh jutaan, Anda rela membelinya.

Tahu-tahu, uang tabungan terkuras, tagihan kian menumpuk, Anda terpaksa hidup terlampau hemat. Memang, tidak ada yang melarang Anda berbelanja. Namun, bukankah Anda memiliki kebutuhan-kebutuhan lain yang harus dipenuhi?

Baca juga: Agar Keuangan Masa Depan Terkendali, Berikut Rencana Keuangan yang Tepat Untuk Anak Millennial

Jangan khawatir, ada 5 cara mengatasi kegemaran belanja yang tidak bikin kantong bolong.

5 Cara Mengatasi Kantong Bolong Gara-gara Doyan Belanja

1Jual barang-barang yang masih layak pakai

strategi-penjualan-order-laku-jualan-online

Untuk Anda yang doyan belanja, coba deh, cek lemari Anda, apakah ada baju, celana, rok, sepatu, atau aksesoris lain yang sudah tidak dipakai? Mengapa tidak dijual saja?

Anda bisa memanfaatkan media sosial atau website e-commerce untuk menjual barang-barang yang masih layak pakai.

Jangan lupa, foto satu per satu barang tersebut, lalu diunggah dan diberi keterangan detail mengenai harga dan kondisi barang, juga kontak yang bisa dihubungi jika ada yang berminat membeli barang Anda.

Baca Juga: Demi Memajukan Bisnis Online Anda, Coba 5 Jenis Aplikasi dan Layanan Ini

Selain itu, Anda juga bisa membuat garage sale di rumah dan mengundang tetangga atau teman-teman dekat untuk melihat-lihat barang dagangan Anda.

Siapa tahu mereka berminat membeli. Anda pun akan mengumpulkan pundi-pundi uang, meski di sisi lain Anda juga doyan belanja.


2Membuat online shop baru

membangun brand bisnis - blue ocean

Bukan hanya barang bekas saja yang bisa dijual di online shop, melainkan barang baru yang memang sengaja Anda beli untuk dijual lagi. Tidak masalah menaikkan sedikit harganya demi memperoleh keuntungan.

Baca Juga: 5 Langkah Paling Mudah Membuat Bisnis Online Anda Menjadi Terkenal

Sebelum menjual kembali barang-barang baru, ada baiknya Anda mempelajari tren apa yang sedang berlangsung supaya produk laku keras.

Misalnya, clutch dengan inisial nama, shapewear, aksesoris smartphone, atau jam tangan minimalis.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi deh, kalau Anda doyan belanja. Anda bisa menghasilkan uang tambahan, lho!


3Membuka layanan jasa titip (jastip)

Mendapatkan Konsumen - tipe konsumen

Jastip adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi doyan belanja, khususnya bagi Anda yang mudah tergoda untuk membeli ini dan itu.

Jastip merupakan layanan di mana seseorang membelikan barang tertentu yang dipesan orang lain. Intinya, Anda berbelanja untuk orang lain.

Baca Juga: Agar Strategi Marketing Anda Terpenuhi, Coba 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik Ini

Sebagai contoh, libur Tahun Baru Imlek 2018 nanti Anda berencana ke Bangkok, Thailand. Nah, tawarkan barang-barang yang hanya ada di Bangkok kepada teman-teman di sekitar Anda.

Sah-sah saja bila Anda menaikkan harga barang yang dibeli. Toh, Anda yang mengeluarkan uang untuk tiket transportasi pergi dan pulang, menginap di hotel, juga makan selama di perjalanan.


4Manfaatkan voucher e-commerce gratis

waspada-bisnis-online-perkembangan teknologi

Anda doyan belanja di toko online? Ya, tak dimungkiri, banyak website e-commerce yang memberikan voucher belanja gratis hanya dengan registrasi email saja. Biasanya, voucher ini berupa potongan harga yang bisa digunakan untuk berbelanja di website tersebut.

Nah, voucher ini bisa digunakan untuk Anda belanjakan barang yang bisa digunakan untuk dipakai sendiri, bisa juga dijual kembali ke orang lain.

Baca Juga: 5 Karakter Konsumen yang Wajib Anda Ketahui Agar Dapat Meningkatkan Penjualan

Selain itu, biasanya e-commerce juga rajin memberikan program cashback untuk para pengguna. Program ini berbeda-beda di tiap website, misalnya ada yang memberikan cashback berupa koin online, ada juga cashback dengan minimum pembelanjaan tertentu.


5Menjadi dropshipper

Jika membuat online shop baru dirasa sulit, Anda juga bisa menjadi dropshipper. Dropship merupakan sebuah metode jual beli online yang memungkinkan Anda sebagai penjual, tidak menyetok atau mengirimkan barang. Anda butuh supplier untuk mengirim barang.

Ketika menjadi dropshipper, Anda butuh memajang foto produk yang dijual di media sosial atau website.

Jika ada yang hendak membeli, Anda akan meneruskan pesanan ke supplier. Selanjutnya, supplier akan mengirimkan barang atas nama Anda.

Baca Juga: Jangkau Lebih Banyak Pelanggan, Berikut 9 Strategi Pemasaran dengan Anggaran Kecil yang Dapat Anda Lakukan

Lalu, bisa dapat untung dari mana? Dari selisih antara harga produk dari supplier dan produk yang Anda jual.

Misalnya, Anda menjual pleated midi culottes dengan harga Rp100.000, padahal harga asli dari supplier adalah Rp75.000. Maka, keuntungan yang Anda dapat sebesar Rp25.000.

Nah, itulah cara mengatasi kantong bolong gara-gara doyan belanja. Jika sudah melakukan 5 hal di atas dan keuntungan sudah didapatkan, mengapa Anda tidak menginvestasikannya melalui platform peer-to-peer lending terpercaya? Misalnya, KoinWorks yang telah resmi terdaftar di OJK.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Anda bisa berinvestasi dengan mudah dan nyaman, mulai dari Rp100 ribu saja. Anda pun bisa memiliki memiliki pendapatan pasif dengan bunga efektif mulai dari 18% per tahun. Kegemaran belanja jalan terus, isi kantong malah surplus.

Yuk, mulai investasi!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.