Kapan Saat yang Tepat untuk Melakukan Financial Check Up?

financial freedom - kebebasan finansial - kebebasan secara finansial - koinworks - Kapan Saat yang Tepat untuk Melakukan Financial Check Up? - Mengapa Membangun Kebiasaan Finansial Sangat Penting untuk Masa Depan?

Kapan Saat yang Tepat untuk Melakukan Financial Check Up? – Dalam dunia keuangan, financial check up merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan.

Alasannya, hal ini mampu membantu Anda untuk mengetahui apakah keuangan Anda saat ini dalam kondisi sehat alias baik-baik saja, atau sakit dan perlu diperbaiki.

Baca juga: 3 Alasan Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sejak Dini

Financial check up juga akan membantu Anda untuk menentukan skala prioritas demi mencapai berbagai tujuan atau impian finansial.

Siapa saja butuh untuk melakukan financial check up, utamanya bagi Anda yang sudah memiliki pendapatan sendiri. Sayang, tidak semua orang menganggap hal ini penting.

Lantas, jika financial check up ini memang penting dilakukan, apakah harus rutin melakukannya?

Kapan Saat yang Tepat untuk Melakukan Financial Check Up?

Saat Anda melakukan pengeluaran besar

6 Tanda Anda Belum Seharusnya Memiliki Rumah Baru, Jangan Dipaksakan

Pengeluaran besar yang dimaksud bisa mencakup liburan bersama keluarga, membayar biaya pernikahan, atau bisa saja saat Anda melakukan renovasi rumah. Nah, dari mana sumber uang atas pengeluaran tersebut? Dari tabungan Anda, berhutang, atau dari investasi yang Anda jalani selama ini?

Setelah melakukan pengeluaran besar, biasanya ada dampak signifikan pada kondisi finansial Anda. Meski, Anda sudah membuat rencana keuangan dengan matang, tidak ada salahnya Anda melakukan financial check up tersebut.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa melihat bagaimana dampak setelah Anda melakukan pengeluaran besar, apakah ada langkah perbaikan yang harus Anda tempuh, apakah Anda harus menambah sumber pendapatan, dan seterusnya.


Sebelum Anda ingin berhutang atau mencicil sesuatu

12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai (6) - utang - kartu kredit - 9 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Yuk Jangan Boros! - tidak perlu berhutang

Promo menarik dari kartu kredit sering menjadi godaan tersendiri. Entah untuk Anda yang gemar berbelanja atau untuk Anda sedang butuh untuk membeli sesuatu tapi terhalang dana.

Sebelum berhutang, lebih baik Anda melakukan financial check up guna mengetahui apakah utang yang hendak Anda lakukan akan berpengaruh terhadap kondisi finansial Anda. Baik untuk saat ini maupun masa depan.

Baca juga: 5 Trik Sederhana untuk Kamu yang Baru Mulai Investasi

Di sisi lain, untuk Anda yang juga ingin membeli sesuatu dengan cara mencicilnya, melakukan financial check up juga penting untuk dilakukan. Anda perlu memantau kondisi keuangan Anda supaya pengeluaran Anda tetap pada porsinya.

Akan lebih baik lagi, Anda juga mengalokasikan pendapatan Anda dengan menggunakan metode 50-30-20. Gunakanlah 50% dari pendapatan Anda untuk memenuhi berbagai kebutuhan pokok.

Kemudian, gunakan 30% dari pendapatan Anda untuk hiburan. Sementara itu, 20% sisanya bisa Anda gunakan untuk ditabung dan diinvestasikan.

https://www.instagram.com/p/BpjrsFfgkVs/?taken-by=koinworks


Saat Anda mendapatkan penghasilan tambahan

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan - terhindar dari lilitan hutang - pinjaman uang - 5 Pertimbangan Sebelum Mengambil Pinjaman Kredit

Penghasilan tambahan bisa didapatkan di mana saja. Sebagai contoh, Anda bekerja paruh waktu, mendapatkan promosi jabatan, baru pindah kerja, atau mengelola bisnis.

Apabila kenaikan penghasilan Anda di atas 20%, Anda perlu melakukan financial check up. Mengapa? Apabila penghasilan Anda bertambah, sangat mungkin pengeluaran Anda juga bertambah.

Baca juga: 5 Hoax Soal Investasi yang Perlu Diabaikan Investor Pemula

Celakanya, Anda mengeluarkan uang untuk sesuatu yang berkaitan dengan hura-hura atau pemborosan. Katakanlah, Anda jadi lebih sering nongkrong sambil minum kopi di cafe, Anda sering membeli baju dan sepatu mahal, atau Anda jadi lebih sering liburan.

Hmm… apabila pemasukan Anda meningkat, mengapa tidak mengalokasikan pendapatan Anda untuk sesuatu yang lebih bermanfaat? Contohnya, investasi di peer to peer lending.

Saat ini, investasi tidak perlu dimulai dengan nominal besar. Hanya dengan Rp100.000 setiap hari, Anda bisa melipatgandakan keuntungan investasi Anda, dengan bunga keuntungan mencapai 21% per tahun.

Baca juga: Kenali Berbagai Instrumen Investasi Ini Beserta Untung-Ruginya

Investasi sendiri bisa dijadikan sumber pemasukan tambahan, demi hasil financial check up yang lebih sehat. Tentunya, Anda mau kan, keuangan Anda tetap ideal dan mampu menunjang kehidupan tanpa perlu bersusah payah mencari uang?

Dengan berinvestasi, berkuranglah sedikit beban keuangan Anda, financial freedom sudah di depan mata! Yuk, mulai investasi dan rutin melakukan financial check up!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih