3 Karakteristik Pelajar yang Bisa Meningkatkan Peluang Keberhasilan dan Kesuksesan Anda – Pernahkah Anda melihat anak kecil yang baru belajar berjalan, ukuran keberhasilan dalam proses belajar tersebut adalah ia mampu berjalan 5 langkah tanpa terjatuh.

Agar ia bisa berhasil melakukannya harus mau menggerakkan satu kaki ke depan, stabil, dan menggerakkan kaki yang lain ke depan.

Baca juga: 5 Kualitas yang Harus Dimiliki Setiap Mahasiswa Sukses

Contoh yang disebutkan tadi merupakan salah satu proses pembelajaran yang jika digabungkan akan menciptakan kesuksesan dan keberhasilan.

Salah satu faktor yang bisa membuat seseorang belajar lebih cepat adalah sikap yang dimiliki. Mulai dari motivasi sampai sikap positif lain yang sangat mempengaruhi kesuksesan Anda.

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda semua tentang 3 karakteristik yang perlu dimiliki seorang pembelajar agar bisa berhasil daripada orang lain.

3 Karakteristik Pelajar yang Bisa Meningkatkan Peluang Keberhasilan dan Kesuksesan Anda

1Faktor Motivasi

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (14) - 5 Cara Produktif dalam Mengoptimalkan 24 Jam Sehari! - Ternyata, 5 Kebiasaan yang Membuat Bahagia Sangat Mudah Dilakukan - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda - 5 Kualitas Introvert Membuat Mereka Mampu Menjadi Pemimpin Besar

Motivasi merupakan sebuah keinginan untuk melakukan sesuatu. Hal ini meliputi alasan mengapa Anda melakukannya, mengapa Anda mau melakukannya, dan apakah Anda tetap bersedia bangkit saat kegagalan menghampiri.

Agar bisa meningkat motivasi untuk belajar, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membantu Anda.

Baca juga: 2 Hal yang Mendukung Ambisi Berwirausaha Anda

Mulailah dengan menguraikan tujuan menjadi tahapan kecil dan memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak kemajuan dan akhirnya mampu memotivasi lebih jauh.

Membangun kebiasaan baik dengan cara memilih waktu belajar yang teratur dan merancang lingkungan yang memadai untuk belajar. Kenyamanan saat belajar akan sangat dipengaruhi oleh ketenangan, pencahayaan, dan kenyamanan perabotan yang digunakan.


2Jangan Cemas Secara Berlebihan

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (25) - 5 Alasan Mengapa Produktivitas Menurun, Ubah Kebiasaan dan Jadi Lebih Baik! - 4 Cara Mengatasi Stres dan Kecemasan dalam Proses Belajar - 7 Latihan yang Membantu Seseorang untuk Mengingat Lebih Mudah

Saat Anda merasa khawatir dan cemas akan sesuatu hal, maka ini akan sangat mempengaruhi proses pembelajaran yang sedang dilakukan.

Sebuah penelitian pernah mengungkapkan bahwa anak-anak yang memiliki tingkat kecemasan tinggi belajar lebih lambat daripada mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang rendah.

Baca juga: 9 Teknik untuk Meningkatkan Keterampilan Menyampaikan Pesan

Tidak perlu khawatir saat sedang merasa cemas, ada kiat yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengelolanya. Lakukan yoga, mendengarkan musik, meditasi, atau pijat untuk beristirahat sejenak.

Miliki tidur yang cukup, sebab saat stres dan cemas, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak waktu istirahat. Lakukan olahraga setiap hari yang akan membantu menjaga kesehatan dan membuat Anda merasa lebih baik.

Atau Anda juga bisa melakukan cara sederhana untuk menghilangkan kecemasan yaitu mengambil nafas dalam dan hembuskan secara perlahan.


3Memiliki Sikap Positif

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari - 5 Langkah Melatih Diri demi Belajar Lebih Efektif - 5 Cara Cerdas Lebih Mudah Memahami Pelajaran

Jika Anda memulai proses belajar dengan sikap yang negatif, maka Anda tidak akan bisa menyerap materi yang sedang dipelajari.

Saat akan mengikuti proses belajar, Anda harus memiliki sikap yang terbuka untuk menerima materi. Berhenti mengeluh dengan proses belajar yang sulit, sebab hal ini akan semakin membuat Anda enggan untuk belajar.

Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan proses belajar adalah dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan yang berkualitas.

Baca juga: 4 Langkah Agar Anda Menjadi Lebih Cerdas dan Sukses

Pelatihan dan pendidikan tidak harus secara formal seperti perguruan tinggi, Anda tetap bisa belajar secara non-formal di lembaga pendidikan atau tempat kursus.

Bagaimana dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan?

Tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa digunakan. KoinWorks menawarkan produk pinjaman dana yang memiliki suku bunga rendah yang bernama KoinPintar.

Suku bunga yang ditawarkan oleh KoinPintar mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Tidak hanya itu saja, masa pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan dalam jangka waktu 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.

Baca juga: Kuasai 5 Keterampilan Komputer Ini Agar Bisa Bersaing di Dunia Kerja

Setiap beban dan bunga yang timbul akan diinformasikan secara transparan dan tidak ada yang disembunyikan. Sehingga tidak akan ada bunga yang bertambah atau jumlah cicilan yang berubah selama masa pembayaran.

Kemudahan di atas bisa terjadi karena KoinPintar memiliki tujuan untuk membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya yang mahal.

Selain untuk pendidikan non-formal, Anda juga bisa memanfaatkan pinjaman dana dari KoinPintar untuk mengikuti pendidikan formal seperti perguruan tinggi dan lainnya.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan biaya yang mahal saat akan mengikuti pendidikan dan meningkatkan keterampilan.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Mampu Menghancurkan Efektivitas Kepemimpinan Anda

Demikianlah 3 karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang pelajar untuk meningkatkan peluang keberhasilan dan kesuksesan di masa depan. Kami berharap pembahasan di atas bisa memberikan inspirasi dan manfaat untuk Anda semua yang telah membacanya.

Jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan topik di atas, Anda bisa bertanya kepada kami melalui kolom komentar yang ada di bawah. Kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang ada untuk membantu masalah Anda.


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.