Home KoinGaji Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memberikan Kasbon Karyawan

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memberikan Kasbon Karyawan

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memberikan Kasbon Karyawan –  Setiap perusahaan tentu memiliki kewajiban untuk memberikan gaji terhadap karyawannya, tapi tak jarang ada karyawan yang memiliki keperluan mendesak dan memerlukan ketersediaan dana sesegera mungkin.

Sebagai pihak perusahaan, kamu dapat memberikan bantuan kepada karyawan dengan kasbon.

Kasbon atau Salary Advance adalah sebuah fasilitas yang memungkinkan karyawan untuk mengambil sebagian gaji yang akan diterimanya terlebih dahulu.

Nantinya, di akhir bulan gaji karyawan tersebut akan dipotong sesuai dengan jumlah kasbon yang ada.

Nah, tetapi sebelum memberikan kasbon kepada karyawan tentu kamu harus mempertimbangkan beragam hal, sehingga kasbon tersebut bisa berjalan dengan baik dan efektif.

Lalu, apa saja pertimbangan yang perlu kamu lakukan?


Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beri Kasbon Pada Karyawan

1
Alasan Pengajuan Kasbon Karyawan

kasbon karyawan - pinjaman karyawan -konten - kolaborasi karyawan - kantor (1) - 5 Dampak Buruk Menunda Pekerjaan yang Akan Mempengaruhi Karier Anda

Sebagai seorang HRD (Human Resource Development) atau pemilik perusahaan, kamu harus mengetahui bahwa biasanya ada beberapa alasan yang diajukukan karyawan ketika meminta kasbon.

Adapun alasan-alasan yang bisa kamu pertimbangkan adalah seperti berikut:

1. Biaya Pendidikan

Setiap tahunnya, biaya untuk sekolah anak semakin tinggi. Bahkan inflasi biaya pendidikan diklaim bisa mencapai 15% per tahun.

Memang, karyawan kamu mungkin telah menyiapkan biaya pendidikan sebelumnya, tapi dengan adanya kenaikan ini, bisa saja menjadi tidak cukup.

Nah, supaya tidak menggangu pengeluaran atau biaya lainnya, mengajukan pinjaman karyawan atau kasbon karyawan bisa menjadi cara untuk memenuhi biaya pendidikan mereka.

2. Biaya Pengobatan atau Persalinan

Sakit adalah hal yag bisa terjadi secara tak terduga, dan tentu saja tidak ada orang yang menginginkan sakit. Jika karyawan sakit, tentu bisa mempengaruhi produktivitasnya dalam bekerja.

Maka dari itu, selain memberikan manfaat asuransi kesehatan, membantu karyawan dengan memberi pinjaman untuk biaya pengobatan.

Tak hanya itu, pinjaman tersebut juga bisa membantu biaya persalinan yang biasanya tidak ditanggung oleh manfaat asuransi kesehatan karyawan.

3. Biaya Renovasi Rumah

Rumah adalah tempat berlindung yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Maka dari itu, hal in menjadi alasan berikutnya saat karyawan mengajukan kasbon.

Kamu bisa memberikan besaran pinjaman dengan mempertimbangkan hal ini berdasarkan permintaan yang diajakukan dan juga bagian apa saja yang akan dilakukan renovasi.

4. Biaya Pernikahan

Sebelumnya mungkin sudah ada perencanaan keuangan yang dilakukan, tapi terkadang ada saja hal-hal yang keluar dari perhitungan.

Dalam hal ini, perusahaan bisa membantu dengan memberikan kasbon karyawan atau pinjaman karyawan sesuai dengan jumlah tamu undangan serta kesanggupan pembayaran dari potongan tiap bulan.

5. Membutuhkan Dana Tunai yang Mendesak

Keadaan tak terduga bisa saja terjadi, seperti harus membeli ponsel baru karena hilang, atau mengganti kendaraan karena rusak.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki cadangan dana darurat yang mumpuni. Maka dari itu, hal ini biasa dipakai ketika mengjukan kasbon karyawan.


2
Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Perusahaan

kasbon karyawan - pinjaman karyawan -cpns-tipu-penipuan-tips-cek-ricek-Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS! - Investasi untuk PNS - jenis investasi jangka panjang - resolusi tahun baru

Selain 5 alasan di atas, kamu dari sisi perusahaan juga harus memperhatikan hal-hal berikut.

1. Informasi yang Akurat

Seorang HRD memiliki peran dalam menentukan kriteria yang bisa mendapatkan kasbon karyawan.

Contohnya, hal yang diperhatikan adalah berdasarkan kontrak kerja sudah setahun atau belum, kedisiplinan dalam bekerja dan juga absensi kehadian, serta lainnya.

2. Bunga Pinjaman dan Jaminan

Supaya tidak merugikan arus kas, perusahaan sebenarnya dapat memberikan bunga pada pinjaman yang diberikan.

Tapi perlu dicatat bahwa bunga yang ada, jangan sampai memberatkan karyawan.

Selain itu, perusahaan juga bisa meminta jaminan. Hal ini bisa dijadikan salah satu cara untuk meminimalisir adanya risiko gagal bayar, jika karyawan tak dapat membayar pinjaman tersebut.

3. Monitoring Sistem Pembayaran yang Tepat

Proses administrasi akan keberlangsungan pembayaran pinjaman sangat penting.

Memantau pembayaran dari karyawan, harus dilakukan secermat mungkin supaya nantinya tidak merugikan arus kas perusahaan.

Satu hal yang bisa dilakukan perusahaan adalah dengan memotong pembayaran langsung dari gaji sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Hal ini tidak hanya mempermudah perusahaan dan karyawan, tapi meminimalisir adanya gagal bayar.

Adakah cara lain yang bisa membuat hal ini lebih mudah?

KoinGaji dari KoinWorks menjawab solusi yang berhubungan dengan Salary Advance atau kasbon untuk karyawan yang memerlukan dana tambahan segera.

Sebelum lebih jauh, KoinWorks sendiri adalah Super Financial App, yang memberikan solusi finansial. Mulai dari Pendanaan P2P, Investasi, hingga pembiayaan untuk bisnis dan individu.

Saat ini KoinWorks sebagai Super Financial App, telah tercatat sebagai penyelanggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) dalam klaster Aggregator di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat pencatatan No. S-87/MS.72/2020 tanggal 10 Februari 2020.

Apa yang KoinGaji dari KoinWorks Tawarkan?

Terdapat manfaat Salary Advance di mana Karyawan dapat menerima gaji lebih awal dengan maksimum nilai yang dapat diterima sebesar 80% dari nilai gaji bulanan. Pembayaran dilakukan secara otomatis pada saat gajian, di mana gaji dipotong oleh HR senilai pinjaman beserta biaya.


Nantikan segera keistimewaan KoinGaji dari KoinWorks lebih lengkap di aplikasi KoinWorks. Biar tidak ketinggalan, yuk unduh sekarang aplikasinya di sini.

Nantinya, kamu akan mendapatkan pemberitahuan saat KoinGaji resmi diluncurkan. Selain itu, kamu juga bisa follow media sosial KoinWorks @koinworks di Instagram dan Twitter.

Stay updated, ya!

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.