Home Gaya Hidup 6 Tahap Menuju Kebebasan Finansial, Kamu Sudah Sampai Mana?

6 Tahap Menuju Kebebasan Finansial, Kamu Sudah Sampai Mana?

6 Tahap Menuju Kebebasan Finansial, Sudah Sampai Mana?  –  Bebas secara finansial, apakah mungkin? Tak jarang, pertanyaan tersebut muncul dalam benak, saat ada orang yang mengucapkan kata kebebasan finansial.

Bebas secara finansial, tentu saja menjadi impian banyak orang. Siapa yang tidak mau, bisa terus mendapatkan cuan, sambil rebahan dan liburan?

Mungkin, banyak yang berpikir kalau kebebasan finansial adalah sebuah pencapaian, bagi kamu yang sudah bekerja sedini mungkin, dan pensiun semuda mungkin.

Hal tersebut tidak salah, tetapi kenyataannya kebebasan finansial adalah sebuah proses, yang mana untuk mendapatkannya kamu perlu melewati tahap demi tahap. Tidak main-main, tahapnya pun ada enam.

Apa saja tahapannya? dan Sudah sampai di level manakah kamu?

Cari tahu jawabannya di bawah!


6 Tahap Menuju Kebebasan Finansial, Kamu Sudah Sampai Mana?

1
Tahap 0 – Dependence

Ini Risiko Investasi Obligasi yang Perlu Anda Ketahui!

Dalam tahap ini artinya kebutuhan finansial kamu untuk memenuhi gaya hidup, sangat bergantung dengan orang lain.

Tenang, semua orang mulai dari tahap ini, bahkan orang terkaya di dunia sekalipun.

Tahap Dependence biasanya terjadi waktu kamu masih muda, di mana kamu belum punya kapasitas serta kemampuan untuk menghasilkan uang, sehingga mengandalkan, contohnya, orang tua dalam memenuhi kebutuhan.

Tapi, di keadaan sekarang, kamu juga bisa masuk ke dalam tahap ini, jika pengeluaranmu lebih dari pemasukan yang dihasilkan.

Jika kamu sampai harus mengambil salary advance, meminjam uang ke bank, teman atau orang tua, hanya untuk bertahan hidup, itu artinya kamu masih dalam tahap awal ini.

Jadi, memiliki pekerjaan dan sudah berpenghasilan, bukan berarti sudah mandiri secara finansial, bukan?


2
Tahap 1  – Solvency

mengasah keterampilan mengubah karir - 7 Faktor yang Mempengaruhi Peluang Promosi di Tempat Bekerja - tips investasi untuk anak muda - lebih hemat ngekos, ngontrak atau sewa apartemen - fenomena di tanggal tua

Kamu sudah memiliki komitmen keuangan dalam tahap ini, yang berarti kamu tidak lagi bergantung pada orang lain dalam memenuhi kebutuhan finansialmu.

Biasanya kamu sudah memiliki penghasilan sendiri yang seimbang atau lebih banyak dari pengeluaranmu.

Mungkin kamu masih memiliki kewajiban utang yang harus dibayarkan, tetapi hal tersebut tidak membuat finansialmu goyang, kamu tetap masih mampu memenuhi pembayarannya.

Jika kamu seorang mahasiswa, hal yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tahap ini adalah dengan kerja paruh waktu, walaupun penghasilannya tidak banyak, tapi paling tidak kamu tak lagi bergantung pada orang tua untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sedangkan jika kamu seorang pekerja yang sudah memiliki penghasilan, mengganti pekerjaan dengan gaji lebih besar, menambah sumber pemasukan dan mengurangi pengeluaran, bisa dilakukan untuk mencapai tahap ini.


3
Tahap 2: Stability

8 Alasan Bekerja Setelah Pensiun Merupakan Pilihan Tepat-mempersiapkan dana pensiun

Setelah melewati tahap sebelumnya, selanjutnya kamu akan melangkah ke keadaan finansial yang lebih stabil.

Ya, di sini keuanganmu sudah lebih baik, pemasukan yang didapatkan lebih besar daripada pengeluaran.

Kamu sudah mampu membayar segala utang-utang, meminimalisir pengeluaran, bahkan bisa menyisihkan uang.

Pada tahap ini, dana darurat juga sudah kamu miliki, jadi ketika ada kejadian yang terjadi mendadak yang mengaruskan kamu mengeluarkan uang, tidak akan membebani finansialmu.

Biasanya saat kamu sudah mencapai tahap bebas finansial ini, tidak ada lagi utang-utang konsumtif yang harus dibayar dan kamu hanya fokus melunasi utang produktif seperti pinjaman pendidikan atau KPR.

Di tahap ini juga kamu juga sudah mulai berinvestasi, karena sadar menabung saja tidak cukup untuk menghadapi inflasi di masa depan.

Banyak instrumen investasi untuk kamu pilih, salah satunya mendanai di KoinP2P atau KoinRobo dari KoinWorks, Super Financial App yang telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan.

Dengan mendanai di sana, kamu bisa mendapatkan imbal hasil mulai dari 18% per tahun, hanya dengan modal awal Rp100.000.


4
Tahap 3: Agency / Debt Freedom

Jangan Ulangi Kesalahan Ini Jika Kamu Tidak Mau Kehabisan Uang Saat Liburan!

Di tahap ini, kamu sudah setengah jalan untuk mencapai kebebasan finansial. Semua utang telah terbayarkan dan bahkan kamu punya cukup dana cadangan.

Untukmu, uang tidak lagi sebagai alat bertahan hidup tapi mampu membuat dirimu menjadi lebih berkembang secara kehidupan.

Bahkan, tahap ini mampu memungkinkanmu untuk hidup sesuai dengan yang kamu ingingkan.

Ingin berhenti kerja sebentar lalu liburan keliling Eropa selama beberapa sebulan? Tak perlu khawatir, karena kamu memiliki dana tabungan yang cukup untuk menghidupi diri selama itu.


5
Tahap 4: Security

liburan foto kota senang jepang - pensiun di jepang-9 Pemicu Kamu Menghabiskan Uang Terlalu Banyak

Pada tahap ini hal yang paling menonjol adalah nilai dari investasi kamu. Kalau kamu secara konsisten menyisihkan uang untuk investasijangka pendek, medium atau panjang di antara tahap 2 dan 4, di tahap ini kamu sudah bisa menikmati hasilnya.

Kamu sudah merasa secure atau aman, karena pendapatan dari hasil investasi atau tabungan kamu dapat memenuhi kebutuhan besar seperti sewa rumah, makanan, kebutuhan sehari-hari dan juga transportasi.

Tetapi, untuk berhenti bekerja pada tahap ini masih harus dipikirkan secara matang.

Di sini kamu mungkin sudah memiliki dana cukup dari investasi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, namun belum bisa mencakup kebutuhan lain atau keinginanmu.

Maka dari itu, kamu masih memerlukan pengasilan dari pekerjaan kamu.


6
Tahap 5: Independence

biaya membesarkan anak - Download Kalender 2019 Indonesia dan Persiapkan Tahun Depan Lebih Baik! - liburan bersama anak

Kebalikan dari tahap 0, di sini kamu sudah benar-benar mandiri secara finansial.

Kamu terus mendapatkan pengasilan dari dana yang kamu investasikan, sehingga kamu akhirnya imbal hasil tersebut akhirnya mampu untuk memenuhi gaya hidup kamu.

Itu berarti, imbal hasil dari investasi kamu tidak hanya bisa membiayai kebutuhan-kebutuhan besar tetapi juga hal-hal lain yang kamu inginkan.

Di tahap inilah saatnya kamu tidak masalah walaupun harus berhenti kerja dan pergi traveling ke berbagai negara tanpa harus khawatir dengan pengeluaran.

Kamu sudah memiliki kenyamanan dalam hidup. Kamu sudah tidak bekerja untuk uang, namun uanglah yang bekerja untukmu.


7
Tahap 6: Abundance

pensiun di jepang - featured image

Walaupun di tahap sebelumnya kamu sudah sangat merasakan kebebasan finansial, tapi bukan berarti kamu berhenti di situ.

Pada tahap terakhir ini, kamu memiliki passive income yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, gaya hidup bahkan masih memiliki sisa untuk hal lainnya.

Di sini penghasilan pasif kamu bisa memberikan kamu kebebasan untuk melakukan apapun.

Hidup dalam kemewahan, berbisnis hingga keliling dunia semua bisa kamu lakukan.

Rebahan, Liburan dan cuan bukan lagi sebuah impian.


Bagaimana, setelah melihat tahap kebebasan finansial di atas apakah makin semangat untuk kamu meraihnya? Memang, terdengar mustahil namun bukan berarti tidak mungkin.

Tapi harus diingat kalau perjalanan untuk meraih kebebasan finansial tidak mudah dan banyak usaha yang harus kamu tempuh.

Jadi jangan patah semangat dan teruslah konsisten dalam menjalankan tahap-tahap di atas, ya.


Artikel Lainnya:


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.