5 Kemampuan Kerja Ini Bisa Bikin Sukses di Tahun 2020 Nanti! – Kompetisi dalam kehidupan terus mengalami peningkatan mengikuti perkembangan zaman. Begitu juga dengan beragam profesi yang ada, banyak perubahan yang terjadi di dalamnya.

Sebagian profesi, ada yang lama-kelamaan semakin berkurang, namun ada juga banyak profesi baru yang muncul untuk memenuhi kebutuhan industri.

Sebagai contoh, beberapa tahun ke belakang, teknologi mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini berbanding lurus dengan beragam profesi baru bermunculan, seperti Web Designer, Content Creator, UI/UX Designer dan sebagainya.

Maka dari itu, agar Anda bisa terus bertahan dengan perubahan setiap tahunnya, keahlian yang harus dimiliki pun juga harus mengalami adaptasi dan peningkatan.

Nah, menurut World Economic Forum, ada beberapa kemampuan kerja yang harus wajib Anda miliki.

Nantinya, kemampuan ini diklaim akan sangat bisa menunjang karir Anda di tahun 2020! Apa saja? Berikut ulasannya!


7 Kemampuan Kerja Ini Bisa Bikin Sukses di Tahun 2020 Nanti!

1Cognitive Flexibility

7 Alasan Mengapa Banyak Orang Gagal, Jadilah Seorang Pemenang! (2) - kemampuan kerja

Ternyata di tahun 2015 lalu, kemampuan ini bahkan tak menduduki 10 besar, lho. Tapi, di tahun 2020 nanti, Cognitive Flexibility kerja ini masuk ke dalam daftar kemampuan kerja yang harus Anda miliki.

Bagi Anda belum familiar, Cognitive Flexibility ini adalah kemampuan yang berhubungan dengan kecerdasan dalam bertindak yang melibatkan kreativitas, penalaran logis dan sensitivitas dalam menghadapi masalah.

Bisa dibilang, kemampuan ini mencakup kecerdasan dalam bertindak, di mana seseorang mampu menunjukan perubahan perilaku kompleks dan membiasakan  pengetahuannya ke hal baru dan kondisi yang tak diharapkan di lingkungan.

Baca Juga: 4 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengubah Orang Biasa Menjadi Lebih Unggul 

Ungkapan yang sering menggambarkan tentang kemampuan ini adalah,  “Lebih baik menemukan pintu lain dari pada berlama – lama menyesali satu pintu yang telah terkunci”

Anda bisa asah kemampuan ini dengan membiasakan diri untuk aktif dalam suatu organisasi. Alasannya karena dalam sebuah organisasi Anda akan dituntut untuk berkoordinasi dengan orang lain, suka atau pun tidak.


2Critical Thinking

7 Tips Sukses Menjalani Bisnis Sesuai Passion - kemampuan ker

Selanjutnya ada critical thinking atau berpikir kritis yang menjadi kemampuan kerja wajib dipunya tahun 2020 nanti.

Sama seperti kemampuan lainnya, critical thinking juga naik peringkat menjadi urutan kedua setelah 5 tahun sebelumnya ada di posisi keempat.

Memang, kemampuan kerja ini sangat penting karena dapat membantu Anda memecahkan masalah.

Baca Juga: Yuk, Lakukan 5 Kegiatan Produktif Ini Saat Menunda Kuliah atau Gap Year!

Anda bisa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dengan selalu mempertanyakan asumsi yang Anda buat atau biasa didengar.

Sebagai contoh, ada asumsi yang bilang bahwa makan di malam hari akan mengakibatkan kegemukan. Nah, coba untuk mempertanyakan asumsi tersebut dengan mencari tahu kebenarannya.

Cara lainnya, Anda juga bisa membiasakan untuk tidak menerima informasi begitu saja, cobalah untuk mencari tahu kebenarannya.


3Emotional Intelligence

seorang pengusaha belajar berkata tidak - 4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan - 5 Cara Menolak Ajakan Teman Menghabiskan Uang Pada Hal yang Tidak Penting - kemampuan kerja

Emotional Intelligence merupakan kemampuan kerja di mana seseorang mampu menerima, mengelola, menilai dan mengontrol emosi dirinya dan sekitarnya.

Kemampuan ini sangat penting, di mana pun dan apa pun pekerjaan Anda. Jika tidak memiliki hal ini, Anda bisa memiliki emosi yang mudah meledak dan menjadi orang pemarah.

Baca Juga: 5 Faktor Mengapa Anda Sulit Meraih Kesuksesan yang Diinginkan

Tentu saja, hal ini bukanlah sikap yang positif, bukan?

Nah, cara agar bisa mengasah kemampuan ini, Anda harus mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa belajar untuk mengekspresikan emosi dengan lebih wajar dan tidak berlebihan.


4People Management

4 Trik Mudah agar Anda Rajin Belajar Setiap Hari (10) - 5 Cara Bijak Memberikan Umpan Balik Pada Orang Lain - kemampuan kerja

Kalau menurut World Economic Forum, kemampuan kerja ini mencakup memotivasi, mengembangkan bakat serta keterampilan orang lain, lalu memilih orang-orang terbaik untuk lakukan suatu pekerjaan.

Jika Anda ingin mengasah kemampuan ini, cobalah untuk aktif dalam suatu organisasi. Nantinya, Anda tentu akan bertemu banyak orang yang memiliki kemampuan dan sifat berbeda-beda.

Dengan begitu, Anda pun akan terbiasa untuk melihat hal itu dan mengasah kemampuan people management.


5Kreativitas

7 Karakteristik Desainer Hebat yang Bisa Anda Miliki - seni a - 5 Keterampilan yang Sulit Dipelajari, Tapi Memberi Manfaat Jangka Panjang - 10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Wanita tentang Keuangan 0 - 5 Alasan Orang Menghabiskan Uang yang Tidak Mereka Miliki - uang - kaya - 6 Hal yang Harus Diperbaiki Setelah Lulus Kuliah - kemampuan kerja

Kemampuan kerja pertama yang harus Anda kuasai adalah kreativitas, karena di tahun 2020 nanti Anda akan dituntut untuk lebih kreatif.

Usut punya usut, di tahun 2015 kemampuan ini pernah dianggap tidak terlalu penting, maka dari itu berada di peringkat ke-10.

Siapa sangka, 5 tahun kemudian menjadi kemampuan penting yang bisa membuat Anda sukses di tahun 2020!

Sejalan dengan perkembangan teknologi, saat ini sudah banyak juga beragam profesi dari industri kreatif, seperti UI/UX Designer, Content Writer, Designer Grafis dan lainnya.

Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah Favorit yang Akan Dibutuhkan Tahun 2020 Mendatang!

Nah, supaya kemampuan kreativitas Anda meningkat, tanamkan kemauan untuk terus belajar dalam diri Anda. Sebagai langkah awal, Anda bisa belajar dengan melihat dulu karya orang lain, setelah itu cobalah untuk membuat suatu karya yang sesuai diri Anda.

Setelah itu, cobalah untuk mengambil kelas khusus atau kursus untuk meningkatkan kemampuan kreativitas Anda. Misalnya, mengambil kelas design, kursus programming, atau pelatihan copywriting.

Memang, biasanya untuk bisa mengambil kelas khusus tersebut diperlukan biaya yang tidak murah.

Tapi tenang, dengan KoinPintar dari KoinWorks Anda bisa mewujudkan keinginan tersebut karena KoinWorks akan membantu membiayai pendidikan Anda. Dengan syarat, Anda harus sudah terlebih dahulu terdaftar di institusi pendidikan yang dituju.

Melalui KoinPintar, nantinya Anda akan dibayarkan biaya pendidikan secara langsung ke institusi pilihan. Anda bisa membayar cicilan hingga 12 bulan ke depan dengan bunga mulai dari 0,75% per bulan.

Selain itu, KoinPintar juga tidak akan memberatkan Anda, kalau mengalami keterlambatan pembayaran.

Jika memang ada alasan khusus yang membuat Anda kesulitan membayar tepat waktu, maka nantinya akan diberikan solusi untuk mengatasinya. Mudah, kan? Yuk, langsung ajukan pinjaman uang pendidikan Anda di sini!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.