Kenali Ciri-Ciri Pinjaman Online Terbaik di Indonesia

·
5 menit
Pinjaman Online Terbaik

Kenali Ciri-Ciri Pinjaman Online Terbaik di Indonesia – Di zaman serba cepat seperti sekarang, efisiensi waktu menjadi satu hal yang sangat penting termasuk dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Hadirnya online shop dan Marketplace di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir menjadi sebuah terobosan yang sangat membantu kehidupan masyarakat.

Bukan sampai disitu saja, kehadiran pinjaman online juga juga sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Mengapa?

Karena kamu tidak perlu lagi mendatangi bank hanya untuk mengajukan pinjaman, melalui pinjaman online kamu bisa melakukan semua prosesnya hanya dari rumah saja.

Apa itu pinjaman online?

Pinjaman online merupakan sebuah layanan finansial yang memungkinkan kamu untuk mengajukan pinjaman uang untuk berbagai kebutuhan tanpa harus mendatangi langsung sebuah lembaga jasa keuangan ataupun bank.

Dengan kata lain, kamu hanya perlu mengajukan pinjaman yang kamu butuhkan melalui situs resmi perusahaan ataupun aplikasi yang tersedia di handphone kamu.

Layanan pinjaman online merupakan layanan pinjam meminjam uang yang diatur dan diawasi oleh OJK.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No 77/POJK.01/2016 Bab 1 Pasal 1 Baris 3 yang menyebutkan :

“Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet”


Syarat pinjaman online

Salah satu kelebihan yang dimiliki dari pinjaman online dibandingkan dengan pinjaman uang konvensional adalah syarat pinjaman yang lebih mudah dan sederhana.

Jika pada layanan pinjaman konvensional kamu harus memberikan jaminan seperti perhiasan, surat kendaraan bermotor atau sertifikat tanah, maka di pinjaman ini kamu hanya perlu melengkapi beberapa persyaratan umum seperti :

  • Kartu Tanda Penduduk
  • NPWP
  • Kartu Keluarga
  • Mutasi Rekening 3 bulan terakhir

Selain persyaratan dokumen, kamu juga harus memenuhi persyaratan personal sebagai peminjam, seperti :

  • Berusia minimal 21 tahun
  • Memiliki rekening bank di Indonesia
  • Merupakan Warga Negara Indonesia
  • Memiliki sumber pendapatan tetap
  • Tidak memiliki utang yang tidak terlunasi

Jika kamu telah memenuhi semua persyaratan umum yang telah disebutkan di atas, maka proses pengajuan pinjaman kamu pasti akan lebih mudah untuk disetujui.

Bunga dan Biaya Pinjaman 

Otoritas Jasa Keungan (OJK) menyebutkan bahwa bunga pinjaman online tidak boleh lebih dari 0,8% per hari, dan apabila ada perusahaan Financial Technology (Fintech) yang memberlakukan bunga lebih dari yang ditetapkan, maka masyarakat bisa melaporkan langsung ke OJK untuk ditangani lebih lanjut.

Jika dihitung, bunga 0,8% per hari cukuplah besar karena itu berarti bunga bisa mencapai 24% dalam sebulan. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar dalam mencari perusahaan pinjaman terbaik.

Salah satu Fintech yang menawarkan pinjaman online dengan bunga rendah adalah KoinWorks.

KoinWorks menetapkan bunga pinjaman berkisar antara 0,75% – 1,67% per bulan dan biaya persetujuan kredit sebesar 2% – 4%.

Bunga yang sangat bersahabat, bukan?


Keunggulan pinjaman online

Berikut ini adalah keunggulan yang dimiliki oleh layanan pinjaman online, antara lain:

Syarat dan dokumen pengajuan sangat mudah

Syarat yang diberikan untuk pengajuan pinjaman sangatlah mudah dan sederhana, sehingga bisa dipastikan hampir setiap orang bisa menjadi calon nasabah dari layanan pinjaman tersebut.

Proses persetujuan sangat cepat

Salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh pinjaman tipe ini adalah proses persetujuan yang cepat. Kamu bisa mendapatkan persetujuan atas pinjaman kamu hanya dalam waktu satu hari atau mungkin dalam beberapa jam saja.

Proses pengajuan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa harus bertemu langsung dengan kreditur yang bersangkutan.

Dengan mengandalkan kecanggihan teknologi, kamu hanya perlu mengisi aplikasi peminjaman uang melalui situs resmi atau aplikasi mobile perusahaan.

Tentunya hal ini akan sangat nyaman dilakukan oleh calon nasabah karena mereka tidak perlu meluangkan waktu untuk berkunjung dan bertemu langsung dengan kreditur.

Tidak ada biaya penalty apabila melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo yang telah disepakati

Jika kamu mengajukan pinjaman konvensional, kamu seperti diwajibkan untuk melakukan pelunasan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati, karena apabila kamu ingin melunasinya lebih cepat maka kamu harus membayar biaya penalty.

Berbeda dengan pinjaman online, kamu bisa melunasi pinjamanmu kapan saja tanpa harus dibebankan dengan biaya penalty.

Tidak memerlukan agunan atau jaminan

Kamu tidak perlu memberikan jaminan seperti surat rumah atau pun perhiasan, karena perusahaan tidak akan membutuhkannya.

Kamu hanya perlu memberikan copy dari dokumen-dokumen pribadi kamu untuk digunakan sebagai jaminan bahwa kamu akan bertanggung jawab untuk membayar kembali atas pinjaman dana yang akan kamu terima.

Dana dapat digunakan untuk berbagai keperluan termasuk modal usaha

Kamu bisa mengajukan pinjaman untuk berbagai keperluan seperti Pendidikan ataupn modal usaha, karena meskipun memiliki plafon yang terbatas tapi selama dokumen yang kamu berikan bisa meyakinkan perusahaan maka kemungkinan untuk mendapatkan nominal pinjaman yang tinggi sangatlah mungkin.

Tenor sangat fleksibel

Kamu bisa mengatur tenor pinjaman sesuai dengan kemampuan bayar dan biasanya tenor pinjaman mulai dari 6 bulan sampai dengan 36 bulan sesuai dengan nominal pinjaman yang kamu terima.


Kekurangan pinjaman online

Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki oleh layanan pinjaman online, antara lain:

  • Plafon yang terbatas
  • Bunga dihitung per hari
  • Banyak layanan pinjaman online yang tidak dapat dipercaya

 

Yang namanya sebuah layanan pastinya tidak luput dari sebuah kekurangan, tapi sebenarnya kekurangan tersebut bisa kamu minimalisir dengan berbagai cara, lho!

Misalnya saja untuk mendapatkan plafon maksimal, kamu bisa berusaha untuk melengkapi semua persyaratan yang diberikan oleh perusahaan kreditur karena hal ini bisa menjadi dijadikan sebuah pertimbangan untuk memberikan kamu plafon yang memadai.

Lalu untuk perihal bunga harian, seperti yang sudah dibahas sebelumnya kamu bisa memilih perusahaan yang menawarkan bunga bulanan rendah seperti KoinWorks, karena jika bunga bulanannya saja sudah rendah apalagi kalau dibagi menjadi bunga harian, kan!

Salah satu mimpi buruk bagi para nasabah pinjaman online adalah banyaknya perusahaan jasa keuangan tidak resmi yang bisa mendatangkan kerugian bagi nasabah.

Cara terhindar dari perusahaan seperti itu adalah dengan mengecek informasi perusahaan secara menyeluruh, dan pastikan perusahaan jasa keuangan tersebut terdaftar di OJK.


Ciri pinjaman online terbaik

Beberapa hal ini adalah ciri-ciri yang dimiliki oleh perusahaan pinjaman online terbaik:

  • Berizin dan diawasi OJK
  • Terbuka mengenai bunga dan biaya
  • Memiliki situs resmi
  • Memiliki aplikasi mobile untuk mempermudah nasabah
  • Memiliki alamat kantor yang jelas
  • Persetujuan instan
  • Proses pencairan dana cepat
  • Integrasi otomatis
  • Proses pembayaran mudah (menggunakan rekening virtual)
  • Tenor Fleksibel
  • Biaya biaya penalty untuk pelunasan lebih awal

 

Itu adalah ciri-ciri pinjaman online terbaik yang bisa kamu pertimbangkan ketika ingin mengajukan pinjaman, dan salah satu perusahaan Fintech yang memiliki ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas adalah KoinWorks.

KoinWorks melalui salah satu produknya yaitu KoinBisnis merupakan layanan pinjaman online yang ditujukan untuk siapapun yang membutuhkan tambahan modal usaha.

Melalui KoinBisnis, KoinWorks berkomitmen untuk memberikan dukungan terhadap perkembangan UMKM di Indonesia.

Waspada pinjaman online illegal

Tingginya minat terhadap pinjaman online menyebabkan banyaknya jumlah perusahaan pinjaman tipe ini yang bermunculan dan yang meresahkan adalah perusahaan tersebut tidak terdaftar atau illegal.

Perusahaan yang tidak terdaftar seperti ini tentunya akan sangat merugikan para nasabahnya dengan mematok bunga yang sangat tinggi, bahkan beberapa perusahaan ada yang mengancam akan membeberkan data pribadi nasabah apabila tidak melakukan pembayaran tepat waktu.

Beberapa ciri pinjaman illegal adalah :

  • Tidak tedaftar di OJK
  • Bunga tinggi bahkan tidak terbatas
  • Informasi perusahaan seperti alamat dan lain-lain sangat tidak jelas
  • Proses pencairan yang terlalu mudah
  • Aplikasi tidak terdaftar di Playstore atau iOs
  • Melanggar kode etik pelanggan

 

Jika kamu menemukan ciri-ciri seperti ini pada perusahaan pinjaman dana, maka kamu harus waspada dan sebaiknya menghindari untuk melakukan transaksi pinjam meminjam dana dengan perusahaan tersebut supaya kamu terhindar dari kerugian.

KoinBisnis adalah pinjaman online terbaik

Untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman modal usaha secara online maka sudah dapat dipastikan KoinBisnis dari KoinWorks adalah pilihan yang terbaik.

Kamu juga tidak perlu ragu mengenai keamanan untuk bertransaksi di KoinWorks, karena kamu bisa melakukan transaksi melalui aplikasi Super Financial App milik KoinWorks yang telah tercatat sebagai Penyelenggara Inovasi Keungan Digital dalam Klaster Aggregator di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dengan nomor surat pencatatan No. S-87/MS.72/2020 tanggal 10 Februari 2020.

Kamu bisa mengajukan pinjaman online modal usaha sampai dengan Rp. 2 Miliar dan dengan bunga yang rendah yaitu mulai dari 0,75% perbulan.

 

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

 

Gina Valerina
Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship - Benjamin Franklin

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih