Pinjaman Dengan Performa Buruk dan Gagal Bayar, Perlukah Khawatir?

Not performing Loan

Pinjaman Dengan Performa Buruk dan Gagal Bayar, Perlukah Anda Khawatir? – Salah satu risiko terbesar ketika berinvestasi peer to peer lending adalah terjadinya gagal bayar. Selain itu, performa pinjaman yang buruk pun menjadi salah satu hal yang paling dibenci oleh investor dalam instrumen investasi online ini.

Kedua hal tersebut memang tidak bisa dihindari seiring waktu berjalannya masa pinjaman. Ada beberapa hal yang membuat performa pinjaman memburuk hingga terjadinya gagal bayar.

Misalnya pada pinjaman bisnis, di mana pebisnis gagal memanfaatkan dana pinjamannya untuk mendongkrak tingkat penjualan. Atau terjadinya bencana sehingga menyebabkan kerugian, dan mungkin musim produk jualannya sudah berakhir.

Hal-hal tersebut membuat dana pinjaman sekaligus investasi yang dilakukan tentunya tidak sesuai rencana atau ekspektasi awal dan sering kali tidak bisa dihindari.

Maka dari itu, dari sudut pandang kamu sebagai investor, pinjaman dengan performa buruk hingga gagal bayar seharusnya bukanlah sesuatu yang membatasi ataupun menghalangi kamu untuk terus berinvestasi di peer to peer lending.

Sebaliknya, fokuslah dengan berbagai metode untuk meminimalisir potensi kerugian yang mungkin harus Anda tanggung.


Apa itu Pinjaman Gagal Bayar?

Apa itu Pinjaman Gagal Bayar?

Pinjaman bisa dikatakan gagal bayar apabila sebuah bisnis telat dalam membayar cicilan bulanannya karena satu atau beragam hal yang mungkin tidak terelakkan.

KoinWorks memutuskan untuk menyatakan bahwa sebuah pinjaman gagal bayar setelah beberapa waktu pinjaman tersebut tidak ada kelanjutan pembayaran (termasuk itikad baik dari peminjam) demi melindungi bunga keuntungan setiap investor KoinWorks.


Apa Kerugiannya?

kerugian gagal bayar

Ketika sebuah pinjaman gagal bayar, investor tentu saja harus menanggung kerugian. Jumlah kerugian tersebut bisa saja berkurang selama masa pemulihan.

Masa pemulihan yang dimaksud adalah dengan mendistribusikan dana proteksi sebagai dana ganti rugi yang telah disiapkan oleh KoinWorks.


Mengapa Gagal Bayar Bisa Terjadi?

Mengapa Gagal Bayar Bisa Terjadi?

Ada banyak sekali alasan yang membuat peminjam gagal membayar kewajiban bulanannya dalam membayar cicilan. Misalnya, dalam kepentingan bisnis.

Peminjam gagal bayar karena buruknya arus kas seperti pelanggan yang tidak membayar tepat waktu, meningkatnya persaingan pasar dan ketidakmampuan bersaing, atau bahkan bencana alam sehingga kerugian tidak dapat dihindari.

Oleh karena itu, beberapa pinjaman bisnis yang kamu danai mungkin tidak akan mampu membayar cicilan pinjamannya.

Kamu mungkin perlu mengestimasi tingkat kerugian sebesar 1,5% setiap tahunnya dari investasi yang Anda lakukan di peer to peer lending karena adanya risiko gagal bayar.

Namun, tingkat kerugian tersebut akan bervariasi bergantung pada grade yang diinvestasikan, dari A1 hingga E5.


Bagaimana KoinWorks Memperhitungkannya?

Bagaimana KoinWorks Memperhitungkannya?

Dalam hal investasi peer to peer lending, gagal bayar merupakan risiko yang umum diketahui. Karenanya, KoinWorks membuat perhitungan yang jelas dalam hal penentuan tingkat suku bunga.

Tim penilaian kelayakan kredit KoinWorks melakukan pemeriksaan yang ketat terhadap semua peminjam, entah itu untuk keperluan bisnis, pendidikan, hingga kesehatan.

Dari hasil penilaian kelayakan kredit tersebutlah muncul Grade A1 hingga E5, di mana A1 merupakan pinjaman yang paling aman (risiko rendah) namun bunganya pun lebih rendah.

Sebaliknya, semakin mendekati E5, pinjamannya semakin berisiko. Namun, akan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi demi kompensasi investor yang bersedia berinvestasi pada pinjaman yang berisiko tinggi tersebut.

Dana investasi yang merugi pada pinjaman gagal bayar diseimbangkan dengan keuntungan ekstra yang telah dibayar oleh peminjam yang lancar membayar cicilannya.

Selama tingkat kerugian masih sesuai dengan tingkat yang telah dipertimbangkan, setiap investor bisa mendapatkan tingkat pengembalian yang baik.


Minimalisir Tingkat Kerugian dengan Diversifikasi Investasi

Minimalisir Tingkat Kerugian dengan Diversifikasi Investasi

Diversifikasi merupakan sebuah cara yang sederhana untuk meminimalisir tingkat kerugian pada portofolio investasi. Mendiversifikasikan dana investasi berarti memecah anggaran investasi Anda ke banyak peminjam dengan beragam tipe pinjaman.

Tipe pinjaman yang dimaksud adalah beragam kebutuhan pinjaman tersebut berikut tingkat bunga dan tenornya.

Di KoinWorks, setiap investor bisa lebih fleksibel dalam memilih tipe pinjaman, baik itu untuk kepentingan bisnis, kesehatan, hingga pendidikan dengan tenor hingga 12 bulan. Grade yang dipilih pun cukup beragam yakni A1 hingga E5.

Contoh sederhana mengapa diversifikasi itu penting dalam investasi peer to peer lending adalah sebagai berikut:

Tanpa Diversifikasi: Kamu memiliki dana investasi sebesar Rp 100.000.000 di akun KoinWorks . Apabila kamu menginvestasikan seluruh dana investasi tersebut ke satu pinjaman, dan apabila pinjaman tersebut gagal bayar, maka kamu akan mengalami kerugian yang sangat besar dalam sekali berinvestasi.

Dengan Diversifikasi: Sebaliknya, apabila dana sebesar Rp 100.000.000 tersebut dipinjamkan ke 100 pinjaman sekaligus (Rp 1.000.000 untuk setiap pinjaman – minimal investasi di KoinWorks sebesar Rp 100.000). Dan apabila ada satu atau dua pinjaman yang gagal bayar, kamu masih berkesempatan untuk meraup keuntungan dari 98 pinjaman lainnya. Jadi secara keseluruhan, kamu masih bisa mendapatkan keuntungan maksimal.


Bagaimana Cara Mendiversifikasikan Investasi?

Bagaimana Cara Mendiversifikasikan Investasi?

Karena di KoinWorks kamu bisa mulai mendanai dengan nominal yang relatif kecil (Rp 100.000), kamu bisa dengan mudah mulai mempraktikkan diversifikasi.

Salah satu cara yang paling tepat untuk berdiversifikasi sekaligus mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal adalah dengan berinvestasi ke paling tidak 100 pinjaman.

Dari total dana investasi yang kamu miliki, cobalah untuk mengalokasikan 1% hingga 5% dari total dana tersebut ke masing-masing pinjaman.

Demi menghemat waktu kamu, cobalah gunakan fitur Multi Auto Purchase yang telah disediakan oleh KoinWorks.

Dengan demikian, seberapa buruk pun performa pinjaman yang kamu investasikan dan bila pun harus terjadi gagal bayar, kamu tidak perlu khawatir selama Anda mendiversifikasikan dana investasi kamu ke beragam peminjam.


Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.