Hindari 5 Kesalahan dalam Mempelajari Hal Baru

Lakukan 6 Langkah Mewujudkan Resolusi Tahun Baru (5) - Hindari 5 Kesalahan dalam Mempelajari Hal Baru

Hindari 5 Kesalahan dalam Mempelajari Hal Baru – Banyak orang yang sedang mempelajari sesuatu hal baru melakukan kesalahan umum dan akhirnya berakibat pada habisnya waktu, tenaga, dan uang.

Misalnya saja, Anda berniat belajar melukis dan hanya dalam hitungan minggu mulai menyerah karena tidak mendapatkan hasil apapun. Atau Anda ingin belajar bahasa asing dan berusaha untuk melakukannya seorang diri, tanpa bantuan dan bimbingan dari guru yang tepat.

Agar Anda bisa sukses mempelajari hal baru, kami telah merangkum 5 kesalahan dalam mempelajari hal baru. Simak pembahasannya di bawah ini.

Hindari 5 Kesalahan dalam Mempelajari Hal Baru

Tidak Menetapkan Tujuan

Tujuan Anda tidak realistis, akibatnya Anda tidak termotivasi

Jika tidak memiliki tujuan yang spesifik, maka Anda bisa dengan mudah kehilangan motivasi belajar.

Sasaran yang ditetapkan akan membantu Anda mengidentifikasikan apa yang ingin dicapai, membuat Anda fokus pada hal penting, dan bisa membantu Anda mengukur kemajuan belajar.


Tidak Melatih Keterampilan yang Sedang Dipelajari

7 Karakteristik Desainer Hebat yang Bisa Anda Miliki - seni a - 5 Keterampilan yang Sulit Dipelajari, Tapi Memberi Manfaat Jangka Panjang

Penelitian pernah dilakukan di Georgetown University Medical Center, dimana peneliti membagi 2 kelompok dalam studi ini.

Satu kelompok mempelajari bahasa dalam ruang kelas formal dan kelompok yang lain belajar dengan cara melatih percakapan.

Setelah berjalan 5 bulan, hasil menunjukkan bahwa kelompok yang belajar dengan cara melatih diri memiliki efektivitas yang jauh lebih baik.

Hal di atas menunjukkan bahwa proses belajar dengan melakukan adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan proses belajar.


Belajar Seorang Diri

mengasah keterampilan mengubah karir - 7 Faktor yang Mempengaruhi Peluang Promosi di Tempat Bekerja

Meskipun Anda bisa mengatur waktu dan belajar seorang diri, Anda tetap membutuhkan sistem pendukung untuk terus tumbuh.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menemukan rekan belajar atau anggota keluarga yang akan membuat Anda bertanggung jawab dalam proses belajar.

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Belajar yang Dilakukan Banyak Orang

Jika tidak menemukan satu orang yang bisa hadir dalam proses belajar tersebut, maka Anda bisa bergabung ke dalam kelompok orang yang belajar hal yang sama dengan Anda.

Belajar dengan kelompok orang akan memungkinkan Anda mendapatkan mentor atau guru yang akan melatih Anda menjadi lebih baik.

Kelompok belajar ini bisa ditemukan dalam pendidikan formal atau non-formal seperti kursus. Hanya saja, Anda perlu mempersiapkan dana untuk bisa mengikuti proses belajar yang tersedia.

Bagaimana jika Anda tidak memiliki dana yang cukup?

Tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa digunakan. KoinWorks memiliki produk pinjaman yang bernama KoinPintar dengan berbagai kemudahan untuk Anda.

Produk pinjaman ini memiliki suku bunga yang sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Suku bunga yang jauh lebih rendah daripada suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang lain.

Hal yang tidak kalah menarik adalah masa pembayaran pinjaman bisa dilakukan dalam jangka waktu 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung.

Baca juga: 5 Cara Produktif dalam Mengoptimalkan 24 Jam Sehari!

Berbagai kemudahan tersebut bisa terjadi karena KoinPintar bertujuan untuk membantu seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal.


Ingin Sempurna

Komunikator Hebat dan Luar Biasa Pasti Memiliki 5 Kualitas Berikut - Jangan Menjadi Rata-Rata, Ini 3 Langkah Mengasah Keterampilan Diri - 5 Gaya Kepemimpinan Para Leader Sukses, Apakah Anda Menerapkannya?

Saat baru memulai belajar sesuatu untuk pertama kalinya, maka Anda pasti akan menghadapi kegagalan.

Jangan membandingkan diri Anda dengan para ahli yang telah berlatih selama bertahun-tahun di bidang tertentu. Fokuslah pada tujuan pembelajaran yang ingin Anda dapatkan dan ikuti prosesnya.

Dengan terus melatih diri, maka lama-kelamaan kemampuan Anda akan semakin meningkat dari sebelumnya.

Hasil seperti inilah yang diharapkan dalam proses belajar, apapun bidang yang Anda lakukan.


Menyerah Terlalu Cepat

7 Alasan Mengapa Banyak Orang Gagal, Jadilah Seorang Pemenang! - 4 Alasan Mengapa Kegagalan Tidak Selalu Buruk, Yuk Bangkit Lagi!

Ada banyak alasan yang membuat seseorang menyerah yaitu kehabisan waktu, kehabisan uang, Anda merasa takut, Anda tidak serius akan sesuatu, dan Anda kehilangan minat.

Jika Anda berhenti dalam proses belajar, maka bisa jadi dikarenakan kurangnya dorongan, minat, dan bimbingan dari guru.

Baca juga: Merasa Sering Melupakan Sesuatu? Lakukan 5 Cara Ini Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Jangan sampai melakukan kesalahan-kesalahan yang telah disampaikan di atas. Sebab, kesalahan tersebut akan menghambat Anda melakukan pembelajaran dengan efektif.

Itulah dia 4 cara menghindari kesalahan dalam mempelajari hal baru. Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat untuk Anda.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih