3 Kesalahan Finansial Anak Muda yang Wajib Dihindari – Salah satu cara terbaik untuk mengatur keuangan sehari-hari adalah langsung belajar dari ahlinya. Akan tetapi, beda orang, beda perpektif, beda juga teknik yang dilakukan

Misalnya, seorang financial planner A mengatakan bahwa memiliki rumah cukup penting bagi anak muda karena hal tersebut bisa dijadikan aset untuk masa depan.

Baca juga: Anak Muda Perlu Investasi Sejak Dini, Ini 3 Alasan Utamanya!

Namun, lain halnya dengan financial planner B yang mengatakan bahwa lebih baik mengontrak rumah dibandingkan membeli. Alasannya, buat apa memiliki aset mahal, tapi tidak menghasilkan uang atau kas?

Lalu, sebaiknya mendengarkan saran keuangan dari siapa?

Sebenarnya, yang terpenting adalah saran tersebut pas dan bisa diaplikasikan dengan gaya hidup yang Anda jalani. Namun, sebaiknya Anda juga menghindari 3 kesalahan finansial agar tidak terjebak dalam masalah keuangan yang lebih rumit. Ada apa saja?

3 Kesalahan Finansial Anak Muda yang Wajib Dihindari

1Terjebak dalam utang

instant delivery - pengiriman cepat - belanja - strategi harga toko online - membuat online shop - cara mengatasi kecanduan belanja online - 5 Kebiasaan Belanja yang Membuat Utang Semakin Menumpuk - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren

Banyak orang rela mengeluarkan uang demi hal-hal yang sebenarnya tidak bisa mereka miliki. Untuk mendapatkan hal tersebut, kartu kredit seringkali menjadi jalan pintasnya. Belum lagi, iming-iming cicilan 0% semakin membuat orang banyak tertarik untuk berutang.

Baca juga: Anak Muda Wajib Waspada, Ini 3 Penggunaan Kartu Kredit Paling Boros

Di balik itu semua, ada ancaman menakutkan yang mampu memengaruhi kondisi finansial seseorang, yakni terjebak dalam lingkaran utang, tanpa tahu bagaimana cara menutupnya. Inilah kesalahan finansial anak muda yang wajib dihindari.

Untuk mencegahnya, cobalah untuk memprioritaskan mana kebutuhan dan mana keinginan. Kalau perlu, hindari penggunaan kartu kredit berlebih. Gunakanlah uang tunai secukupnya ketika membeli sesuatu.

Jika dirasa uang Anda belum cukup, janganlah memaksakan diri. Menabunglah!


2Tidak mempersiapkan untuk Dana Pensiun sejak dini

Kesalahan Menabung Dana Pensiun

Banyak anak muda yang belum mengerti bagaimana kondisi pensiun nanti. Jelas, karena saat ini mereka belum mengalaminya secara langsung.

Oke, saat sudah pensiun nanti, itu berarti usia Anda sudah tidak lagi produktif. Itu artinya, Anda tidak lagi bisa memperoleh penghasilan sendiri. Lantas, bagaimana Anda bisa menikmati masa-masa usia lanjut tanpa adanya pemasukan?

Baca juga: 4 Kesalahan Anak Muda dengan Tidak Mempersiapkan Dana PensiunΒ 

Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan Dana Pensiun sejak dini, di kala usia Anda masih produktif.

Bagaimana caranya? Carilah penghasilan tambahan, investasikan, manfaatkan pula efek compounding guna memperbesar peluang untuk meningkatkan nilai yang yang dimiliki di masa depan.


3Membeli kendaraan yang tidak dibutuhkan

Membeli Mobil Baru Atau Bekas 4 - cara membeli mobil

Memiliki mobil dan motor sendiri memang sangat memudahkan transportasi sehari-hari. Anda tidak perlu menunggu transportasi umum yang terkadang jadwalnya tak menentu, Anda tidak perlu berdesak-desakkan dengan penumpang lain, kalau mengendarai kendaraan sendiri pun akan lebih hemat dan efisien.

Akan tetapi, bila dikaitkan dengan kondisi keuangan masing-masing orang, sebenarnya memiliki kendaraan sendiri tidak melulu cocok dengan semua orang.

Baca juga: 5 Hal yang Dipercaya Tentang Anak Muda Berkaitan dengan Keuangan

Sudah punya motor, eh beli mobil supaya perjalanan lebih aman dan nyaman. Sudah punya mobil, eh beli mobil lagi yang mana plat nomernya berbeda (ganjil dan genap).

Inilah kesalah finansial anak muda yang wajib Anda hindari. Sebelum memiliki kendaraan sendiri, pastikan Anda benar-benar mampu menjangkau harganya. Pastikan juga bahwa kendaraan tersebut benar-benar Anda butuhkan dan bisa mengakomodasi perjalanan Anda.

Pikirkan juga soal biaya-biaya lain yang mungkin akan timbul jika Anda memiliki kendaraan sendiri, seperti biaya perbaikan dan bensin.

Baca juga: Gaji Minim? Ikuti Tips Menabung Untuk Anak Muda Usia 20-an

Nah, itulah dia 3 kesalahan finansial anak muda yang wajib dihindari. Jangan sampai terjebak pada pengeluaran-pengeluaran yang kurang penting, ya! Lebih baik melipatgandakan nilai yang yang Anda miliki dengan cara berinvestasi.

Sudah pernah coba berinvestasi di KoinWorks? Hanya dengan Rp100.000, Anda bisa mendapatkan keuntungan mulai dari 18% per tahun, lho! Pendanaan Anda pun bisa membantu banyak pemilik UKM untuk mengembangkan usaha mereka lebih jauh!

Penasaran? Simak video bawah ini, yuk!

Tertarik untuk berinvestasi? Klik di sini untuk informasi lebih lengkap, ya!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.