Menjadi investor adalah sebuah pilihan. Seorang investor biasanya identik dengan orang yang memiliki banyak uang. Padahal, untuk menjadi investor bisa dimulai dengan uang yang ada terlebih dahulu. Kemudian, uang tersebut diinvestasikan atau diputar. Keuntungan yang ada akan digunakan kembali untuk berinvestasi lagi, jadi tidak langsung dipakai. Begitu seterusnya sampai kemudian dirasa cukup baru menuai hasil. Sayangnya, bagi investor pemula, hal ini belum bisa dipahami dengan baik. Ada beberapa hal lain yang menjadikan investor pemula gagal.

Menunda Rencana Berinvestasi

Menunda artinya menghilangkan kesempatan. Ini harus dipahami dengan baik oleh para investor muda atau pemula. Ingat, menunda bukanlah hal yang baik apalagi jika menyangkut dunia investasi dimana situasi pasar bisa sangat cepat berubah tanpa disadari. Menunda berinvestasi berarti menunda kesuksesan di masa yang akan datang. Memang, agar tidak menunda, perlu banyak belajar dan riset untuk bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi. Pengalaman juga bisa memberikan keyakinan untuk bertindak.

Lebih Pada Berspekulasi Daripada Berinvestasi

Berspekulasi memang hal yang tidak bisa dihindari dari dunia investasi. Namun, terlalu lama berspekulasi dari pada berinvestasi adalah kebiasaan buruk. Ini karena akan banyak waktu yang terbuang. Artinya, kesempatan dan kesuksesan bisa saja terlewatkan. Namun sayangnya, bagi investor pemula, memang keraguanlah yang membuatnya terlalu lama berspekulasi. Padahal, jika saja ia saat itu investasi, bisa jadi hasil yang ia terima tidak seperti yang ia spekulasikan. Berspekulasi boleh dan menunda untuk investasi juga boleh jika keadaan memang sudah terlihat jelas akan membuat rugi.

Banyak menghamburkan uang

Selain itu, investor pemula yang membawa banyak uang juga biasanya tidak bisa mengelola uangnya dengan bijak. Bagai pisau dengan dua mata, jika uang yang ada diinvetasikan dengan jumlah yang rasional, maka jika ada kerugian tidak akan terlalu pusing. Maksudnya, kerugian memang salah satu resiko terbesar yang tidak bisa dihindari dari dunia investasi. Terlalu yakin kemudian menghabiskan uang hanya untuk satu investasi bisa berujung fatal. Bagilah uang anda untuk dua atau tiga investasi yang berbeda. Jika satu gagal, maka keuntungan dari yang lain yang akan mengembalikan modalnya.

Tidak banyak bertanya

Para investor ulung memang memiliki pengalaman, kecakapan dan kecepatan dalam memaksimalkan potensi serta kesempatan. Bagi investor muda, tidak boleh terlalu yakin sehingga tidak bertanya kepada mereka yang sudah lebih berpengalaman. Tidak masalah jika Anda terlihat bodoh atau belum mengerti selama dengan itu Anda bisa bertanya dan belajar banyak. Toh, kesempatan dan kesukesan yang akan Anda nikmati di masa depan akan kembali kepada Anda sendiri. Ini yang perlu diperhatikan bagi setiap investor pemula. Banyak bertanya, banyak pertimbangan dan cepat mengambil keputusan.

Tidak berinvestasi

Hal lain yang pasti dari investor pemula melakukan kesalahan yakni ketika mereka tidak berinvestasi. Maksudnya, memang investasi dan resiko kerugian seperti dua mata uang. Tidak bisa dipisahkan. Oleh sebab itu, jika di usia muda Anda sudah mulai berinvestasi, tentunya Anda akan banyak makan garam untuk mendapatkan banyak pengalaman sehingga pada saatnya nanti Anda akan menjadi investor ulung lantaran sudah mengalami banyak hal sedari Anda masih muda.

Memang tidak mudah untuk menjadi investor di usia muda. Namun, jika tidak dimulai dari usia muda, lalu di usia berapa untuk bisa sukses mengingat investasi adalah tentang keuntungan di masa yang akan datang dan berjangka panjang. Kadang, setelah 5 atau 10 tahun dari pertama investasikan uang ke sebuah perusahaan, kemudian baru terlihat hasilnya. Sabar merupakan salah satu kunci untuk bisa sukses dengan jalan investasi. Kesabaran dan kepercayaan serta kepekaan terhadap berita-berita investasi termasuk juga perkembangan perusahaan dimana Anda menanam modal, menjadi sangat penting untuk selalu diperhatikan.

Ingat, dunia investasi tidak hanya untuk mereka yang memiliki banyak kelebihan uang dan bukan pula milik para bos. Investor pemula juga bisa mendapatkan kesuksesan bahkan semenjak awal ia berinvestasi asal paham cara kerja investasi yang benar bagaimana. Jika Anda belum memahami tentang seluk beluk investasi, bisa saja Anda akan mengalami kerugian secara terus menerus.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.